Comscore Tracker

Kamu Akan Berhasil Menabung Jika Telah Menjunjung Tinggi 5 Prinsip Ini

Menabung secara konsisten, siapa takut?

Semua orang pasti setuju bahwa menabung itu dapat membuat diri menjadi merdeka secara finansial. Namun untuk merealisasikan hal tersebut sangatlah susah karena pasti akan ada banyak godaan yang menghadang. Tetapi hal tersebut tidak akan berarti jika kamu memiliki tekad yang kuat.

Sebenarnya ada beberapa prinsip yang harus kamu tanamkan agar keberhasilan dalam menabung dapat diraih. Tetapi syaratnya adalah kamu harus bisa menjalankannya secara konsisten. Untuk penjelasan lebih lanjut terkait apa saja prinsip yang dimaksud, simak pembahasannya berikut ini.

1. Senantiasa mencatat setiap pengeluaran secara detail

Kamu Akan Berhasil Menabung Jika Telah Menjunjung Tinggi 5 Prinsip Inipexels.com/karolina grabowska

Mencatat setiap pengeluaran adalah hal pokok yang harus dilakukan jika kamu ingin sukses dalam menabung. Hal itu karena kamu akan mudah mengetahui pengeluaran terkecil sampai terbesarmu ada di mana. Dengan mengetahui spending habit, kamu akan mudah menentukan bagiamana model tabungan yang cocok untukmu.

Cobalah untuk mencatat semua pemasukkan perbulan terlebih dahulu agar kamu dimudahkan dalam menyortir. Dengan melakukan hal tersebut kamu pasti akan mudah menggapai tujuan tabunganmu jika membiasakannya secara konsisten.

2. Selalu melakukan apresiasi terhadap diri sendiri dengan tidak terlalu berlebihan

Kamu Akan Berhasil Menabung Jika Telah Menjunjung Tinggi 5 Prinsip Inipexels.com/daria shevtsova

Tidak dimungkiri bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu gak baik. Begitupula dalam mengapresiasi diri sendiri, kamu harus bisa menentukan batasan agar tidak malah menjadi bumerang. Dalam berhemat, melakukan apresiasi terhadap diri sendiri memang perlu dilakukan.

Hal itu agar kamu dapat merasakan jerih payah yang telah dilakukan olehmu dalam jangka pendek. Namun jangan dijadikan hal tersebut sebagai prioritas utama agar tabunganmu tidak terganggu. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk lebih perhitungan terhadap diri sendiri namun gak terlalu berlebihan.

3. Membuat sebuah tujuan terkait bagaimana tabunganmu akan digunakan

Kamu Akan Berhasil Menabung Jika Telah Menjunjung Tinggi 5 Prinsip Inipexels.com/andrea piacquadio

Menentukan goals tabungan adalah hal yang wajib dilakukan agar kamu bisa memberi patokan kepada diri sendiri. Jika sudah memiliki patokan yang pas dalam menabung, kamu pasti akan lebih bertanggung jawab serta tidak semena-mena dalam menghabiskan uang.

Membuat tujuan tabungan juga dapat memotivasi dirimu agar lebih semangat lagi dalam mencari uang. Semakin banyak penghasilan maka pencapaian tujuan tabungan akan mudah dilakukan. Maka dari itu mulailah membuat goals tabungan agar spending habit-mu bisa tertata.

Baca Juga: 5 Kesalahan Ini Bikin Kamu Sulit Menabung, Jangan Dibiasakan!

4. Senantiasa berbelanja barang diskonan dengan porsi tidak terlalu berlebihan

Kamu Akan Berhasil Menabung Jika Telah Menjunjung Tinggi 5 Prinsip Inipexels.com/andrea piacquadio

Tidak ada yang melarang kamu untuk berbelanja ketika sedang menabung. Namun ada beberapa hal yang membedakannya yaitu kamu harus bisa berbelanja dengan menggantungkan diri pada diskon. Hal tersebut dapat menekan pengeluaran sehingga kamu akan dimudahkan dalam berhemat.

Namun yang harus diingat adalah kamu harus bisa mengurangi intensitas belanja barang-barang gak penting. Berpatokanlah pada tujuan tabungan terlebih dahulu agar tabunganmu tidak terganggu. Biasakan diri untuk selalu berburu diskon yuk mulai dari sekarang!

5. Tidak pernah menuruti gengsi dalam menjalani hidup

Kamu Akan Berhasil Menabung Jika Telah Menjunjung Tinggi 5 Prinsip Inipexels.com/retha ferguson

Salah satu momok utama yang dapat membuat tujuan tabungan tidak tercapai adalah ketika kamu terlalu mengedepankan gengsi dalam menjalani hidup. Percayalah bahwa kamu akan sangat tersiksa jika senantiasa menuruti gengsi. Kamu pasti akan menghamburkan secara tidak sadar hanya untuk mendapatkan pengakuan orang lain.

Cobalah untuk lebih berpikir secara realistis agar kamu tidak dirugikan. Jangan pernah berpatokan pada gengsi karena hal itu tidak ada habisnya. Kamu harus bisa menciptakan kenyamananmu sendiri tanpa menyiksa diri demi kebahagiaan orang lain.

Menabung memang memerlukan konsistensi diri yang tinggi agar tidak gagal di tengah perjalanan. Belajar konsisten mulai dari sekarang yuk agar kamu bisa merasakan merdeka secara finansial di kemudian hari!

Baca Juga: Setahun Menikah Bisa Punya Mobil, 8 Tip Jitu untuk Menabung

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya