Comscore Tracker

5 Keuntungan yang Akan Didapat Jika Kamu Memulai Investasi Reksa Dana

Apakah kamu sudah tahu tentang investasi reksa dana?

Tren untuk berinvestasi saat ini kian meningkat. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya platform di smartphone yang dapat membantu banyak orang agar mudah dalam berinvestasi reksa dana. Lagipula hal itu juga memberikan banyak keuntungan baik secara materi maupun lainnya.

Berinvestasi juga dapat dikategorikan sebagai alternatif lain dari menabung yang bisa menghasilkan banyak profit. Ada beberapa keuntungan yang akan didapat jika kamu memutuskan untuk memulai berinvestasi reksa dana.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal itu, simak pembahasannya berikut ini.

1. Secara materi, masa depanmu pasti akan lebih terjamin 

5 Keuntungan yang Akan Didapat Jika Kamu Memulai Investasi Reksa Danaunsplash.com/austin distel

Salah satu hal yang pasti didapat jika mulai berinvestasi reksa dana adalah masa depanmu akan lebih terjamin secara materi. Hal itu karena uang yang kamu investasikan tersebut lambat laun nilainya pasti akan bertambah. Namun perlu diingat, kebanyakan produk investasi itu bersifat jangka panjang.

Jadi, kamu gak bisa mendapatkan keuntungan yang banyak secara instan. Dibutuhkan sebuah konsistensi dalam berinvestasi reksa dana agar profitnya dapat naik secara perlahan. Maka dari itu jika ingin masa depan lebih terjamin, cobalah untuk mulai melakukan investasi sejak dini.

2. Kamu akan memiliki kemampuan mengelola keuangan yang baik 

5 Keuntungan yang Akan Didapat Jika Kamu Memulai Investasi Reksa Danaunsplash.com/scott graham

Keuntungan lain yang pasti didapat jika mulai investasi reksa dana adalah kamu akan memiliki kemampuan mengelola keuangan dengan baik. Hal itu karena kamu telah terbiasa menyisihkan uang yang digunakan untuk investasi. Dengan adanya hal tersebut, kamu dituntut untuk bisa menghemat pengeluaran pula.

Kamu pasti tidak akan semena-mena dalam membeli sesuatu yang sejatinya tak memberikan keuntungan apa-apa. Alhasil kemampuan mengelola keuanganmu pasti akan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk mulai berinvestasi.

Baca Juga: Buat Millenial, Kenali Jenis dan Keuntungan Investasi di Reksa Dana

3. Kamu akan menjadi seseorang yang lebih selektif dalam mengeluarkan uang 

5 Keuntungan yang Akan Didapat Jika Kamu Memulai Investasi Reksa Danaunsplash.com/rupixen.com

Sebelumnya telah disebutkan bahwa kemampuan mengelola keuanganmu akan menjadi lebih baik ketika memulai berinvestasi reksa dana. Hal tersebut juga berlaku dalam kehidupan sehari-hari ketika ingin membeli sebuah barang. Kamu pasti akan memilih barang yang sifatnya long lasting agar tak sering membelinya.

Selain itu, kamu juga akan lebih selektif dalam membeli sesuatu agar pengeluaran jadi stabil. Hal itu pasti akan sangat bermanfaat karena sejatinya manusia itu memiliki sifat konsumtif yang cukup tinggi, begitupula dirimu. Kemampuan tersebut sangat diperlukan agar kamu bisa merdeka secara finansial.

4. Kemampuan untuk mempertahankan konsistensi diri akan terlatih 

5 Keuntungan yang Akan Didapat Jika Kamu Memulai Investasi Reksa Danaunsplash.com/Julián Amé

Agar keuntungan dalam berinvestasi reksa dana didapatkan, kamu harus bisa mempertahankan konsistensi diri dalam menabung setiap bulannya. Dalam investasi ada istilah namanya dollar cost average, yang berarti kamu harus bisa menentukan waktu untuk menabung secara konsisten.

Dengan adanya hal tersebut secara tidak langsung kamu akan melatih kemampuan dalam mempertahankan konsistensi diri. Cobalah untuk mulai berinvestasi reksa dana agar berbagai macam pekerjaan yang membutuhkan konsistensi tinggi bisa kamu lakukan dengan mudah.

5. Kamu akan termotivasi untuk bekerja lebih giat lagi 

5 Keuntungan yang Akan Didapat Jika Kamu Memulai Investasi Reksa Danaunsplash.com/Daniele D'Andreti

Tujuan utama dalam berinvestasi reksa dana adalah mendapatkan keuntungan. Untuk mendapatkan keuntungan yang banyak, kamu dharuskan untuk berinvestasi dengan skala besar namun secara rutin. Dengan adanya hal tersbebut kamu pasti akan termotivasi untuk bisa bekerja lebih giat lagi.

Hal tersebut pasti akan sangat menguntungkan dirimu dalam berbagai aspek. Namun ingatlah bahwa kamu tetap harus memperhatikan porsinya dan jangan sampai berlebihan. Bekerjalah segiat mungkin tetapi jangan pernah lupa untuk memanjakan diri sendiri.

 

Berinvestasi reksa dana memiliki keuntungan yang dapat menunjang keberlangsungan hidupmu dalam berbagai aspek. Jangan pernah ragu untuk melakukan hal tersebut, karena kecil kemungkinannya kamu akan dirugikan.

Baca Juga: Aman dan Halal, Ini 5 Kelebihan Investasi Produk Reksa Dana Syariah

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya