Comscore Tracker

Kabar Baik! Erick Thohir Mau Genjot Jumlah Pegawai Millennial di BUMN

Jumlah milenial di BUMN digenjot menjadi 80 persen

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendorong peningkatan jumlah pegawai milenial di BUMN. Targetnya dari yang sekarang berjumlah 65 persen akan digenjot menjadi 80 persen.

Erick menjelaskan bahwa umur ada batasnya. Oleh karenanya keberlanjutan kepemimpinan harus dimulai dari hari ini. Atas dasar itu, BUMN memberikan kesempatan selebar-lebarnya untuk generasi muda gabung ke perusahaan pelat merah.

"Jumlah milenial di BUMN sekarang kurang lebih 65 persen, kita akan dorong lagi sampai 80 persen, kenapa? 273 juta penduduk Indonesia hari ini mayoritas 53 persen usianya dibawah 35," kata Erick dalam acara pembekalan peserta rekrutmen bersama BUMN 2022, Rabu (18/5/2022).

Baca Juga: "Trial Test" Menanti Peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2022

1. Jumlah direksi berusia muda di BUMN capai 5%

Kabar Baik! Erick Thohir Mau Genjot Jumlah Pegawai Millennial di BUMNMenteri BUMN, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Kepemimpinan muda, menurutnya penting karena menyangkut perkembangan era digital. Oleh karena itu perlu yang namanya perubahan dan perlunya ada generasi muda di tubuh BUMN. 

"Itulah kita kasih affirmative action, keberpihakan yang jelas supaya ada leadership muda. Ini sekarang Alhamdulillah 5% daripada total direksi di bawah 42 tahun. Kita bahkan punya forum yang namanya leadership muda kan," tuturnya.

Baca Juga: Erick Thohir: Gaji Agen BRILink 2 Kali Gaji Menteri 

2. Erick mulai lirik Gen Z dan Gen A isi BUMN

Kabar Baik! Erick Thohir Mau Genjot Jumlah Pegawai Millennial di BUMNLogo baru Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terpasang di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/7/2020) (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Lanjut Erick, generasi dibutuhkan untuk di BUMN untuk menghadapi perubahan yang terjadi. Maka dari itu, Kementerian BUMN melaksanakan rekrutmen bersama di BUMN.

"Nah karena itu percayalah kenapa kita mau rekrut kalian, kita mau gabung kalian ke kita karena kita mendorong yang namanya milenial BUMN, Gen Z, Gen A, itu suka tidak suka harus menjadi komponen terbesar daripada BUMN dalam menghadapi perubahan," jelas Erick.

Menurutnya Gen Z dan Gen A menjadi masa depan Indonesia dalam waktu 4 hingga 5 tahun yang akan datang.


"Belum lagi nanti ada Gen A dibawah Gen Z, yang 4-5 tahun juga akan menjadi masa depan Indonesia," jelasnya.

3. Pelaksanaan TKD dan Core Values BUMN dilaksanakan 19-24 Mei

Kabar Baik! Erick Thohir Mau Genjot Jumlah Pegawai Millennial di BUMNMenteri BUMN, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Pengumuman hasil seleksi administrasi rekrutmen bersama BUMN telah dilaksanakan sejak 9 Mei - 11 Mei 2022. Pemberitahuan sendiri kepada calon pegawai BUMN dilakukan via email maupun akun masing-masing calon pegawai yang terdapat di https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id.

Proses selanjutnya yang bakal diikuti oleh calon pegawai perusahaan berpelat merah yakni pelaksanaan tes kemampuan dasar (TKD) dan Core Values BUMN.

Pelaksanaan TKD dan Core Values BUMN sendiri dilaksanakan pada 19 Mei - 24 Mei 2022. Sebelumnya, terdapat tes trial atau percobaan bagi calon pegawai BUMN sebelum menempuh tes TKD maupun core values.

Baca Juga: Erick Thohir Incar Talenta Digital RI Lewat Rekrutmen BUMN 2022

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya