Comscore Tracker

Mantap! 20 Pelaku UKM Kantongi Pendanaan Rp39 Miliar 

UKM juga dapat pendampingan selama 2 bulan

Jakarta, IDN Times - Kementerian Koperasi dan UKM menggelar kegiatan Pendampingan Akses Investasi Bagi UKM. Dalam acara tersebut, dilakukan seleksi terhadap pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk nantinya mendapatkan pendanaan dari platform Securities Crowdfunding (SCF).

Acara tersebut diikuti oleh 70 UKM dari regional Yogyakarta dan Surabaya. Sebelum diseleksi, diselenggarakan proses pre-pitching.

Asisten Deputi Pembiayaan dan Investasi UKM Kemenkop UKM, Temmy Satya Permana mengatakan, para pelaku UKM tersebut membutuhkan bantuan pendanaan untuk mempertahankan produksi yang sempat tertekan akibat pandemik COVID-19, serta melakukan ekspansi.

“Masyarakat perlu suntikan dana tunai untuk menjalankan usahanya kembali,” kata Temmy dikutip dari keterangan resmi, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga: Pemberdayaan UMKM Agresif, Menkop UKM Teten Ingin Perbankan Tiru BNI

1. Sejumlah proses dilalui sampai UKM diseleksi untuk kantongi pendanaan

Mantap! 20 Pelaku UKM Kantongi Pendanaan Rp39 Miliar Ilustrasi Bisnis. (IDN Times/Aditya Pratama)

Temmy mengatakan, kegiatan itu dilakukan dengan beberapa tahap, sampai 70 UKM yang ikut serta diseleksi untuk mendapatkan pendanaan dari Bizhare.id.

“Kita sudah mulai dari proses open call, seleksi, sampai kita minta untuk teman-teman MBN mendampingi dan sudah berjalan. Alhamdulillah 2 hari ini sudah dilaksanakan dan saya melihat proses pre-pitching-nya sangat menjanjikan bahwa memang kita tahu Jogja ini punya potensi, banyak UKM yang bagus, memiliki produk terbaik yang harus dibantu untuk mengembangkan usahanya," tutur Temmy.

2. Sebanyak 20 UKM kantongi pendanaan Rp39 miliar

Mantap! 20 Pelaku UKM Kantongi Pendanaan Rp39 Miliar Ilustrasi Pengusaha/Wirausahawan (IDN Times/Aditya Pratama)

Dalam kesempatan yang sama, Co-Founder Bizhare, Gatot Adhi Wibowo mengatakan usai diseleksi, terdapat 20 UKM dari 70 peserta yang lolos, dan mendapat pendanaan Rp39 miliar.

“Terdapat 20 UKM yang sudah lolos seleksi, dengan jumlah pendanaan senilai Rp39 miliar,” ucap Gatot.

Baca Juga: 20 Peluang Bisnis Online Menggiurkan Tahun 2022 Tanpa Modal

3. UKM yang kantongi pendanaan juga akan didampingi selama 2 bulan

Mantap! 20 Pelaku UKM Kantongi Pendanaan Rp39 Miliar ilustrasi bisnis (IDN Times/Aditya Pratama)

Dalam kegiatan itu, turut terlibat inkubator dan akselerator bisnis, MBN Consulting. Selama 2 bulan, MBN Consulting akan memberikan pendampingan kepada 20 UKM yang lolos seleksi.

Direktur MBN Consulting, Wendy Febriansyah mengatakan pendampingan diberikan untuk mengembangkan dan membenahi bisnis para UKM agar mereka bisa mendapatkan akses investasi yang difasilitasi oleh Bizhare.id.

“Saya berterimakasih kepada kementerian koperasi dan UKM yang telah mempercayakan kepada MBN Consulting untuk memberikan pendampingan secara eksklusif kepada para UKM binaan Kementerian Koperasi dan UKM, harapannya dengan berlangsungnya program ini Peserta pendampingan (UKM) dapat scale dan growth serta dapat membuka lapangan kerja untuk masyarakat Indonesia," ucap Wendy.

Baca Juga: Bantu UMKM Go Digital, Gojek dan Kemenkop UKM Jalin Kolaborasi

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya