Comscore Tracker

Baca Buku Gratis dan Legal, Ini Rekomendasi 10 Novel Seru di iPusnas

Baca e-book seru yang gratis dan legal di iPusnas

Alasan "gak membaca karena buku harganya mahal" sudah gak bisa berlaku lagi sekarang ini. Karena faktanya, pemerintah telah meluncurkan aplikasi perpustakaan digital yang bernama iPusnas. Selain mudah diakses, aplikasi ini gratis dan legal, lho! Koleksi yang ada juga sangat beragam, cocok banget buat kamu yang suka baca dengan budget tipis.

Kalau kamu masih bingung mau baca apa di iPusnas, tenang aja. Berikut rekomendasi 10 novel seru yang bisa kamu baca di iPusnas.

1. Laut Bercerita (Leila S. Chudori)

Baca Buku Gratis dan Legal, Ini Rekomendasi 10 Novel Seru di iPusnasinstagram.com/penerbitkpg

Laut Bercerita berlatar belakang tahun 1990-an di masa orde baru. Sang tokoh utama, Laut,  dinyatakan hilang setelah suatu sore dia tidak kembali lagi ke rumahnya. Bukan hanya Laut, tetapi teman-temannya juga yang bergabung dalam organisasi Winarta juga ikut menghilang. Novel ini menceritakan perjuangan Laut dan kawan-kawan aktivis menegakkan keadilan dan membela kaum kecil di masa orde baru.

Selain populer di Indonesia, novel ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan judul The Sea Speaks His Name. Leila S. Chudori berhasil mencampur aduk pembacanya dengan novel ini.

2. A Man Called Ove (Fredrick Backman)

Baca Buku Gratis dan Legal, Ini Rekomendasi 10 Novel Seru di iPusnasthebookpub.com

Novel ini menceritakan kisah Ove pasca ditinggal oleh istrinya yang meninggal dunia di masa tuanya. Selepas kematian istrinya, Ove merasa gak ada lagi motivasi untuk hidup, maka dari itu dia memutuskan untuk bunuh diri. Seharusnya momen bunuh diri Ove adalah hal yang mudah berhubung dia tinggal sendiri dan tidak akan ada yang merasa kehilangan dirinya.

Tetapi, ternyata kenyataannya gak semudah itu ketika keluarga baru menempati rumah kosong di dekatnya. Keluarga dengan pasangan muda dan dua anak kecil ini terus menerus mengganggu Ove. Meminjam peralatan lah, menitipkan anak-anak yang tidak bisa diam, ah pokonya kacau, deh!

Novel ini mengajarkan kita menghargai hidup dan arti dari sebuah keluarga dan pertemanan. Membaca novel ini akan membuatmu kesal, tertawa, sampai menangis tersedu-sedu.

3. Semua Ikan di Langit (Ziggy Zesyazeoviennazabrizkie)

Baca Buku Gratis dan Legal, Ini Rekomendasi 10 Novel Seru di iPusnasinstagram.com/warungsastra

Meski bukan buku religi, Semua Ikan di Langit mampu membuat pembacanya merasa dekat dan mengenal lebih jauh tentang Sang Pencipta. Sang tokoh utama, yang merupakan sebuah bus jurusan Dipatiukur-Leuwipanjang ini berkesempatan menjalani rute perjalanan yang sangat berbeda sepanjang karirnya menjadi bus kota; yaitu pergi menjelajah antar ruang waktu dan dimensi.

Ditemani dengan kecoak kecil yang dia namai Nad, mereka bersama-sama melihat kemurahan hati Beliau (sebuah panggilan yang tokoh utama berikan untuk anak kecil yang senang menjahit dan misterius ini).

Novel ini ga perlu diragukan lagi karena pada tahun 2016, karya Ziggy ini menjadi juara 1 lomba Sayembara Novel DKJ.

Baca Juga: 6 Buku Fiksi Fantasi Ini Meraih Predikat Buku Terlaris, Ada Favoritmu?

4. Finding Audrey (Sophie Kinsella)

Baca Buku Gratis dan Legal, Ini Rekomendasi 10 Novel Seru di iPusnasinstagram.com/lemarisibuku

Audrey memiliki gangguan kesehatan mental. Karena suatu hal dalam masa lalunya di sekolah, ia kini harus menjalani terapi dan berjuang untuk pulih kembali. Untuk melindungi dirinya, dia memakai kacamata hitam saat berinteraksi dengan orang-orang, terutama orang asing.

Kebanyakan orang menganggap Audrey aneh, tapi lain halnya dengan Linus, teman kakak Audrey yang sering berkunjung ke rumah untuk bermain game. Meski awalnya Audrey memberi jarak, Linus gak langsung menyerah begitu aja. Dan siapa yang tahu ternyata Linus bisa menolong Audrey dan seluruh keluarganya.

Novel bergenre Young Adult ini mengangkat topik tentang kesehatan mental yang gak jarang dianggap tabu. Meski begitu, penulis memberi penjelasan yang mudah untuk kaum awam agar mengerti tentang kesehatan mental. Kalau kamu suka karakter yang well-developed, novel ini cocok untukmu.

5. The Alchemist (Paulo Coelho)

Baca Buku Gratis dan Legal, Ini Rekomendasi 10 Novel Seru di iPusnastomaslau.com

The Alchemist menceritakan perjalanan seorang penggembala domba bernama Santiago. Dalam perjalanan mencari arti dari mimpinya, Santiago bertemu dengan orang-orang yang kemudian mengubah pandangannya tentang arti kehidupan. Selain mencari arti dari mimpinya, Santiago juga berusaha mencari harta karun yang pernah disampaikan seorang kakek kepadanya.

Novel ini sering masuk ke dalam daftar buku yang wajib dibaca setidaknya satu kali dalam hidup. Ini karena The Alchemist memiliki banyak pelajaran hidup yang sangat bermakna.

6. Resign! (Almira Bastari)

Baca Buku Gratis dan Legal, Ini Rekomendasi 10 Novel Seru di iPusnascoratcoretimaji.wordpress.com

Novel MetroPop berlatar Jakarta ini menceritakan kehidupan karyawan di salah satu kantor konsultan. Bukannya berkompetisi untuk menjadi pegawai terbaik atau mendapat bonus, para karyawan di kantor itu malah berkompetisi untuk resign. Semua hal ini karena Trigan, si bos yang menyebalkan. Sialnya, setiap kali the cungpret, nama geng mengenaskan di kantor itu, berusaha untuk mendapat pekerjaan baru, Trigan selalu saja tahu dan menggagalkannya.

Membaca novel ini akan membuat kamu tertawa terus saking kocaknya kelakuan the cungpret. Ditambah lagi unsur romansa yang ada di novel ini, pasti deh buat kamu betah membaca Resign!

7. Teka-Teki Terakhir (Annisa Ihsani)

Baca Buku Gratis dan Legal, Ini Rekomendasi 10 Novel Seru di iPusnasinstagram.com/shian_ryou

Novel perdana dari Annisa Ihsani ini bercerita tentang Laura yang pada awalnya gak suka dengan pelajaran matematika namun kemudian tergila-gila dengan angka setelah kenal dengan Professor Maxwell. Meski awalnya banyak rumor yang beredar di kota tentang pasangan suami-istri Maxwell ini, Laura dapat mematahkan rumor tersebut.

Ternyata pasangan Maxwell begitu ramah dan sangat membantu Laura dalam mempelajari matematika. Dengan cepat, mereka menjadi bersahabat. Laura juga menjadi saksi bagaimana Professor Maxwell begitu sungguh-sungguh mengerjakan pembuktian Teorema Terakhir Fermat.

Meski mengangkat tema yang jarang, yaitu matematika, Teka-Teki Terakhir mampu membuat para pembacanya terhibur. Selain itu, novel ini mengajarkan pembacanya arti dari sebuah perjuangan dan kehilangan. Sangat direkomendasikan!

8. The Kite Runner (Khaled Hosseini)

Baca Buku Gratis dan Legal, Ini Rekomendasi 10 Novel Seru di iPusnassincerelyjoshi.com

Novel yang laris di berbagai negara ini berlatar tempat di Afghanistan. Berkisah tentang persahabatan antara Amir dan Hassan, novel ini mampu menggambarkan budaya Afghanistan pada 30 tahun kebelakang. Pada awalnya, Amir dan Hassan merupakan sahabat dekat. Namun karena suatu kejadian, persahabatan di antara kedua anak laki-laki ini semakin merenggang dan kemudian mengubah hidup mereka berdua.

Mengangkat tema sejarah dan persahabatan, buku ini wajib banget kamu baca. Selain sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa dan menjadi best-seller, novel ini juga sudah diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama, lho.

9. Rainbirds (Clarissa Goenawan)

Baca Buku Gratis dan Legal, Ini Rekomendasi 10 Novel Seru di iPusnasinstagram.com/fiksigpu

Rainbirds merupakan novel perdana Clarissa Goenawan yang langsung mendapat perhatian banyak orang. Novel ini menceritakan Ren Ishida yang mendapati kakaknya bunuh diri. Pada awalnya, Ren sangat kebingungan akan motif kematian kakaknya mengingat semua terasa baik-baik saja.

Maka dari itu, Ren memutuskan untuk mencari sendiri bukti kematian sang kakak. Namun semakin Ren masuk ke dalam kehidupan sang kakak, misteri kematian sang kakak semakin terasa janggal. Banyak kemungkinan yang bisa saja terjadi.

Clarissa Goenawan dengan cerdas membangun alur yang mengalir. Ditambah lagi perkembangan karakternya yang baik, yakin deh kamu bakal suka membaca novel bergenre misteri ini.

10. Kafka on the Shore (Haruki Murakami)

Baca Buku Gratis dan Legal, Ini Rekomendasi 10 Novel Seru di iPusnasinstagram.com/martins_books

Novel dengan tema surealis karya Haruki ini menceritakan dua kisah yang berkesinambungan. Kisah pertama tentang seorang anak laki-laki bernama Kafka yang kabur dari rumahnya. Kisah lainnya menceritakan Nakata, seseorang yang memiliki keterbatasan karena kecelakaan yang ia alami semasa kecil. Mereka berdua memiliki masalahnya masing-masing, namun sebenarnya keduanya saling berkaitan.

Rasanya beruntung sekali novel sebagus ini bisa ditemukan di iPusnas. Perkembangan karakter dan pelajaran hidup yang ada dalam novel ini bisa menjadi pembelajaran yang berharga buat kamu. Karya Haruki Murakami nggak usah diragukan lagi, deh.

Selain mendapat hiburan dan berbagai pelajaran, membaca buku di iPusnas juga berarti kamu mendukung dunia penerbitan dengan penulis, editor, dan orang-orang lain di dalamnya. Yuk, baca buku dengan legal.

Baca Juga: 6 Buku Karya Tony Robbins Ini Bisa Membantumu Mewujudkan Impian

Amalia Salsabila Photo Writer Amalia Salsabila

suka menghabiskan waktu buat baca novel, nonton film dan YouTube, dan seringnya berimajinasi tentang tokoh fiksi favorit.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya