Comscore Tracker

6 Novel Berlatar Budaya Timur Tengah yang Penuh Haru 

Hati-hati bisa lupa waktu 

Bagi kamu yang selama ini lebih sering membaca novel-novel tanah air, coba deh kelaur dari comfort zone dan menikmati novel dari latar budaya yang berbeda. Bukan pula budaya pop Barat yang biasanya kamu kenal lewat film, tetapi budaya Timur Tengah yang benar-benar berbeda dengan apa yang biasa kita tahu. 

Tak hanya plot ceritanya yang haru, wawasan yang disuguhkan pun bisa membuka mata dan hati pembacanya. Yuk, langsung simak enam rekomendasi novel berlatar budaya Timur Tengah berikut. 

1. A Thousand Splendid Suns

6 Novel Berlatar Budaya Timur Tengah yang Penuh Haru instagram.com/theclubofbooks

Khaled Hosseini sebelumnya dikenal luas lewat novel debutnya yang berjudul 'The Kite Runner'. Tak lama berselang ia merilis 'A Thousand Splendid Suns', kali ini dengan dua tokoh utama perempuan yang berbeda nasib tetapi tak sengaja berpapasan pada suatu waktu.

Lewat sudut pandang Laila dan Mariam, pembaca diajak untuk mengenal pergeseran sosial dan politik di Afghanistan sebelum dan sesudah Taliban mengambil alih roda pemerintahan di sana. Masih sama dengan novel debutnya, Hosseini kembali mengulik konflik antar etnis yang ada di Afghanistan lewat dua etnis lain selain Hazara dan Afghan. 

2. A Woman Is No Man

6 Novel Berlatar Budaya Timur Tengah yang Penuh Haru instagram.com/owlslittlelibrary

Masih dengan tokoh utama perempuan, kali ini  Etaf Rum memperkenalkan pembaca dengan warga Palestina dari dua generasi yang tinggal di Amerika Serikat. Perempuan pertama adalah Isra yang pindah ke Amerika Serikat karena suaminya. Keluarganya yang masih memegang erat budaya Arab membatasi gerak-geriknya dan yang bisa ia lakukan hanyalah mengikuti apa yang sudah digariskan untuknya.

Sementara itu, belasan tahun di masa depan, putri Isra yang bernama Deya ternyata masih harus menghadapi budaya perjodohan dan pembatasan edukasi untuk perempuan oleh neneknya. Saat Deya dihadapkan pada pilihan sulit, ia pun mencoba mengulik rahasia dan kehidupan ibunya yang sudah meninggal. 

Baca Juga: Rekomendasi 5 Aplikasi Baca Buku yang Wajib Kamu Unduh

3. The Pearl That Broke Its Shell

6 Novel Berlatar Budaya Timur Tengah yang Penuh Haru instagram.com/frenchflaps_and_deckleedges

Berlatar tahun 2007, seorang gadis kecil bernama Rahima menjelma menjadi seorang bascha posh untuk membantu ekonomi keluarganya. Rahima merasakan kemudahan dan kenyamanan saat itu. Namun, saat orang tuanya terlilit utang, ia pun dipaksa menikahi seorang pria kaya raya yang usianya jauh di atasnya. 

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Saat Rahima mulai putus asa dengan masa depannya, ia teringat kisah tentang nenek buyutnya yang bernama Shekiba. Seorang perempuan yang sempat menjadi salah satu pengawal wanita di Kerajaan khusus untuk menjaga harem para selir raja. Novel ini menjadi salah satu novel terbaik Nadia Hashimi yang wajib dibaca. 

4. Persepolis

6 Novel Berlatar Budaya Timur Tengah yang Penuh Haru instagram.com/arinareads

Novel grafis ini sempat dilarang terbit di negara asalnya, Iran. Ditulis oleh Marjane Satrapi, novel ini sebenarnya semi-biografi pengalamannya saat kecil. Saat itu Iran mengalami Revolusi Islam yang mengubah banyak hal di sana. Ia pun diungsikan ke Austria oleh orang tuanya dengan alasan keamanan. Novel ini berhasil menggambarkan kegetiran dan ketegangan yang pernah terjadi di Iran saat itu. 

Novel ini juga telah diadaptasi dalam bentuk film animasi.  

5. The Architect's Apprentice

6 Novel Berlatar Budaya Timur Tengah yang Penuh Haru instagram.com/wereadbookclub

Berlatar Kekaisaran Ottoman di tahun 1540an, seorang anak muda bernama Jahar tiba di Istanbul untuk bekerja menjadi pengasuh binatang peliharaan Kerajaan. Tak hanya bersahabat dengan beberapa hewan, di sana ia juga berkawan dengan salah satu putri raja bernama Putri Mihrimah yang seusianya. 

Berkat kerja bagusnya, ia ditunjuk menjadi salah satu petugas penting dalam proyek pembangunan dua masjid kembar. Namun, lewat tugas itulah ia mendapatkan masalah dan musuh baru. Kesetiaannya pada kerajaan pun diuji. Novel ini mengangkat isu hierarki sosial dan sejarah penting yang menarik untuk diikuti.

6. The Seven Good Years

6 Novel Berlatar Budaya Timur Tengah yang Penuh Haru instagram.com/florenceandthebookparty

Novel ini adalah sebuah memoar yang ditulis pria Yahudi bernama Edgar Keret yang tinggal di Israel. Kisah ini berlatar tujuh tahun di antara kelahiran anak pertamanya dan kematian Ayahnya yang menderita kanker. Tanpa sugarcoating, ia menceritakan apa saja yang ia lihat dan alami di negara yang sering disebut dalam sejarah sebagai pihak antagonis. Penuh humor dan gurauan sarkastik, novel ini layak dibaca untuk menambah wawasanmu tentang konflik berkepanjangan di Israel dan Palestina.

Membaca keenam novel di atas akan membuka wawasanmu lebih luas tentang kehidupan di Timur Tengah. Ceritanya seru dan menggugah emosi semua, nih. Wajib jadi bacaan akhir pekan, ya!

Baca Juga: Butuh Variasi Bacaan Unik? Cek 5 Toko Buku Indie Lokal Ini Dulu! 

Dwi Ayu Silawati Photo Community Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You