5 Rekomendasi Buku yang Mengusung Tema Perbukuan, Seru!

Dari perpustakaan mewah hingga buku-buku yang dihancurkan

Setiap buku tentu memiliki tema tertentu yang ingin disampaikan penulis kepada pembacanya, baik itu fiksi maupun nonfiksi. Ada beberapa buku yang mengusung tema tentang dunia perbukuan itu sendiri.

Kelima buku dengan tema tentang perbukuan ini harus banget dibaca oleh kamu yang mengaku sebagai pencinta buku.

1. The Magic Library - Jostein Gaarder & Klaus Hagerup

5 Rekomendasi Buku yang Mengusung Tema Perbukuan, Seru!mariviu.com

Buku ini bercerita tentang dua saudara sepupu bernama Nils dan Berit yang saling berhubungan dengan membuat buku-surat yang saling mereka kirimkan. Namun, ada seseorang bernama Bibbi Boken yang mengincar buku-surat mereka, dan itu berkaitan dengan perpustakaan ajaib.

Ketika membaca ini, kamu tidak hanya disuguhkan tentang mewahnya perpustakaan ajaib milik Bibbi Boken, tetapi juga banyak hal lain dalam dunia perbukuan seperti sejarah buku, film perpustakaan, bahkan tentang Klasifikasi Desimal Dewey juga ada disini lho.

2. Rumah Kertas - Carlos Maria Dominguez

5 Rekomendasi Buku yang Mengusung Tema Perbukuan, Seru!marjinkiri.com

Buku yang diterjemahkan oleh Ronny Agustinus ini mengawali sajiannya dengan sebuah paragraf yang memaparkan kematian seorang dosen sastra dari Universitas Cambridge, Bluma Lennon. Ia tertabrak mobil ketika melewati sebuah tikungan setelah membeli sebuah buku dan tengah menyusuri puisi dari dalam buku tersebut.

Novel setebal kurang dari 100 halaman yang mampu habis dibaca dalam sekali duduk ini membawa pembaca mengenal bibliofil-bibliofil yang memiliki kecintaan luar biasa akan buku.

Baca Juga: 5 Buku Self Improvement Buat Cewek yang Baru Putus Cinta, Bebas Galau!

3. People of The Book - Geraldine Brooks

5 Rekomendasi Buku yang Mengusung Tema Perbukuan, Seru!amazon.com
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Buku ini fokus membahas Haggadah Sarajevo, sebuah naskah Ibrani dengan ilustrasi indah. Seorang pakar buku langka bernama Hanna ditawari sebuah pekerjaan yakni menganalisis sekaligus konservasi Haggadah Sarajevo.

Sepanjang melakukan pekerjaan itu, ia membongkar kisah-kisah dramatis tentang orang-orang yang mempertaruhkan segalanya untuk melindungi Haggadah tersebut.

Novel yang mengusung fiksi sejarah ini juga menggambarkan bagaimana proses melakukan konservasi sebuah buku yang tentunya bisa menambah pengetahuan kamu dalam hal perawatan buku.

4. Fahrenheit 451 - Ray Bradburry

5 Rekomendasi Buku yang Mengusung Tema Perbukuan, Seru!gramedia.com

Tokoh utama dalam buku ini bernama Montag yang merupakan bagian dari anggota petugas kebakaran. Petugas kebakaran lho ya, bukan pemadam kebakaran. Pekerjaan mereka adalah membakar buku.

Konflik batin yang dialami Montag karena merasa ikut menderita ketika ia menggeledah rumah seorang wanita tua yang menyimpan banyak buku di rumahnya. Ia membakar dirinya bersama buku-bukunya memunculkan keinginan dan rasa penasaran dalam diri Montag untuk mencoba membaca buku.

Membaca novel ini, kamu akan diajak patah hati ketika para petugas membakar buku-buku yang tak berdosa.

5. Penghancuran Buku - Fernando Baez

5 Rekomendasi Buku yang Mengusung Tema Perbukuan, Seru!marjinkiri.com

Membahas tentang bagaimana buku-buku dihancurkan dengan berbagai cara yang dilakukan di berbagai belahan dunia dan dari berbagai zaman. Buku ini bergenre sejarah, bukan novel seperti keempat buku sebelumnya.

Jadi bagi kamu yang kurang suka sejarah namun tertarik membaca buku ini, maka harus bersedia membaca dengan sabar dan tidak terburu-buru untuk segera melahap buku setebal 373 halaman ini.

Jadi, mana buku bertema tentang dunia perbukuan yang ingin kamu baca lebih dulu?

Baca Juga: 10 Buku yang Dilarang Beberapa Sekolah di Amerika, Kenapa?

Hana Photo Verified Writer Hana

Instagram : @mufidafm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya