Comscore Tracker

5 Novel Detektif Jepang yang Gak Kalah Seru dari Sherlock Holmes!

Harus baca salah satunya!

Novel detektif atau novel crime fiction merupakan salah satu genre novel yang cukup populer di kalangan pecinta novel. Novel detektif tidak hanya menyajikan sebuah cerita yang seru tentang tokoh detektifnya tetapi juga menyajikan elemen-elemen lain seperti pembunuhan, pencurian dan tindakan kriminal lainnya. Selain itu, yang menjadi daya tarik utama sebuah novel detektif adalah teka-teki dari kasus kriminal yang diceritakan. 

Novel detektif yang bagus mengajak pembacanya untuk ikut berpikir dalam memecahkan kasus yang diceritakan. Salah satu novel detektif yang menjadi best seller adalah Novel Sherlock Holmes karya Sir Arthur Conan Doyle. Siapa sih yang gak kenal sama tokoh fiktif yang memiliki keterampilan analisis deduktif yang hebat ini? Penulis rasa sebagian besar penggemar cerita-cerita detektif pasti mengenal Sherlock Holmes.

Nah, kali ini penulis akan berbagi informasi mengenai novel detektif dari Jepang yang gak kalah seru dari Sherlock Holmes. Yuk langsung simak daftarnya!

1. The Tokyo Zodiac Murders karya Soji Shimada

5 Novel Detektif Jepang yang Gak Kalah Seru dari Sherlock Holmes!dictio.id

The Tokyo Zodiac Murders menceritakan tentang kasus pembunuhan berantai yang terjadi di Tokyo Jepang pada tahun 1936. Kasus pembuhunan ini berantai ini terbilang unik karena sang pembunuh meninggalkan sebuah pesan pada setiap korbannya. Isi surat tersebut adalah mengenai rencana si pembunuh untuk mencipatakan Azoth (sang wanita sempurna) yang di buat dari potongan-potongan tubuh korbannya. Kasus tersebut tidak terpecahkan hingga akhirnya setelah 40 tahun kemudian ada dua orang detektif amatir yang mencoba untuk memecahkan kasus tersebut.

Novel detektif ini akan mengajak kamu untuk ikut memecahkan misteri pembunuhan dengan menyimpulkan setiap clue yang disampaikan oleh sang penulis.

2. The Hunter karya Asa Nonami

5 Novel Detektif Jepang yang Gak Kalah Seru dari Sherlock Holmes!Tokopedia.com

Detektif Takako Otomichi adalah mantan polisi patrol sepeda motor, satu dari sedikit wanita yang ada di departemennya. Ia dipindahkan dari departemen patorli ke departemen unit invstigasi. Pada saat kepindahannya ia dihadapkan pada kasus pembunuhan berantai yang unik. Dalam memecahkan kasus ini ia dipasangkan dengan detektif senior yang memiliki kepribadian yang sangat tidak ramah yaitu Takizawa. Penyelidikan mereka mengarah pada penemuan yang dapat membuat kamu terkejut.

The Hunter memiliki cerita yang sangat seru dan menegangkan dan tentu memiliki plot twist yang membuat kamu tercengang.

Baca Juga: Judul Novel Ini Ternyata Sudah Berusia Puluhan Bahkan Ratusan Tahun!

3. The Decagon House Murders karya Yukito Ayat Suji

5 Novel Detektif Jepang yang Gak Kalah Seru dari Sherlock Holmes!robinsloan.com

The Decagon House Murders bercerita mengenai 7 mahasiswa yang merupakan anggota dari klub perkumpulan misteri kampus yang melaksanakan sebuah wisata ke lepas pantai Pulau Tsunojima  Jepang. Enam bulan sebelum sebelum keberangkatan 7 mahasiswa tersebut, pemiliki dari pulau tersebut dibunuh secara brutal bersama istri dan juga asisten rumah tangganya. Kasus pembunuhan tersebut masih belum terpecahkan. 

Segera setelah kedatangan mereka di pulau tersebut, mereka mulai curiga bahwa salah satu dari mereka berniat membunuh mereka satu per satu, tetapi siapa? Jika kamu suka dengan cerita yang menegangkan dan juga membuat penasaran maka ini adalah novel yang wajib kamu baca!

4. Girls in the Dark karya Akiyoshi Rikako

5 Novel Detektif Jepang yang Gak Kalah Seru dari Sherlock Holmes!goodreads.com

Girls in the Dark menceritakan tentang Shiraishi Itsumi, seorang Ketua Klub Sastra yang mati secara misterius dengan memegang setangkai bunga lily ditangannya. Seminggu sesudahnya, Klub Sastra mengadakan pertemuan yang dipimpin oleh Sumikawa Sayuri yang merupakan ketua dari Klub Sastra yang baru. 

Pertemuan ini diadakan untuk mengenang mantan ketua klub yang telah meninggal Itsumi dengan menyajikan cerita pendek. Namun ternyata, cerita pendek yang mereka buat adalah analaisis masing-masing tentang siapa pembunuh Itsumi sebenarnya.

5. The Dead Returns karya Akiyoshi Rikako

5 Novel Detektif Jepang yang Gak Kalah Seru dari Sherlock Holmes!goodreads.com

The Dead Returns berkisah menenai seorang siswa SMA Koyama Nobuo, yang mengalami kejadian tragis didorong dan jatuh dari atas tebing oleh sosok misterius. Dalam kejadian tersebut ia hampir diselamatkan oleh seseorang yang bernama Takahashi Shinji, namun naas, ia pun ikut terjatuh dari tebing tersebut. 

Akhirnya Koyama terbangun di sebuah rumah sakit, namun ia bukan lagi Koyama yang selama ini ia kira, pasalnya ia beralih tubuh menjadi Takahashi Shinji. Dengan tubuh baru tersebut, Koyama pun bertekad untuk menemukan pelaku di balik jatuhnya ia dari tebing, pelaku yang ia duga adalah teman sekelasnya sendiri.

Itulah deretan novel detektif Jepang yang memiliki cerita yang gak kalah seru dengan Sherlock Holmes. Bagi kamu pecinta teka-teki dan misteri, novel-novel di atas sangat cocok untuk kamu.

Baca Juga: Mengenal Agatha Christie, Penulis Cerita Detektif Terlaris di Dunia

M Aprizal Nugraha Photo Writer M Aprizal Nugraha

Hi there, im a person who love books, movie, game interest and sport enthusiasm. I'd love to write about many stuff and love to connect with other peoples.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya