5 Alasan Kamu Harus Baca Novel Brianna dan Bottomwise 

Ini novel karya ke-14 penulis Laskar Pelangi, lho 

Novel Brianna dan Bottomwise merupakan karya terbaru Andrea Hirata tahun ini setelah tiga tahun peluncuran buku terakhirnya. Novel ini merupakan garapan pertama yang dibuat dalam edisi bahasa Inggris yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Dalam penulisannya, novel ini menggabungkan dua kebudayaan yang berbeda antara budaya melayu dan budaya barat. Selain itu, novel ini juga dipengaruhi oleh pengalaman book tour yang membawanya berkelana dari ujung pantai barat hingga ke ujung pantai timur Amerika, Kanada, dan Meksiko.

Novel ini dibuat dalam seri dwilogi yang pastinya akan menambah keseruan cerita yang ada dan mengutak-atik perasaan pembacanya.

Berikut ini ulasan kenapa kamu harus membaca novel ini!

1. Berasal dari pengalaman pribadi penulis 

5 Alasan Kamu Harus Baca Novel Brianna dan Bottomwise Andrea Hirata Bermain Alat Musik (instagram.com/hirataandrea)

Novel ini akan mengajak kamu menyelami berbagai pengalaman bermusik yang secara pribadi pernah dialami Andrea Hirata dalam hidupnya. Mulai dari grup musiknya yang dilempari sendal hingga menjadi musisi yang disebutnya dengan istilah: pra-amatir. Selain pengalaman pribadi, novel ini juga disatupadukan dengan berbagai pengalaman riset yang tempo jauh dilakukan mengenai musik demi melengkapi alur ceritanya yang penuh intrik dan jenaka.

2. Menggarap cerita yang bertema musik 

5 Alasan Kamu Harus Baca Novel Brianna dan Bottomwise Ilustrasi Berbagai Alat Musik (unsplash.com/Wes Hicks)

Keseriusan penggarapan novel ini membuat Andrea Hirata tertantang untuk mengangkat tema yang menurutnya paling sulit dalam karya fiksi, yaitu musik. Buku ini juga merupakan jawaban yang diberikan Andrea Hirata atas tantangan yang diberikan dosennya di University of Iowa mengenai sulitnya karya fiksi bertema musik. Pasalnya, banyak tulisan-tulisan yang bertema musik terbilang gagal dan sulit diterima oleh penikmat fiksi.

3. Menambah wawasan dalam bermusik 

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

5 Alasan Kamu Harus Baca Novel Brianna dan Bottomwise Ilustrasi Buku dan Headphone (unsplash.com/Blocks)

Bagi kamu yang menyukai musik, buku ini akan membuatmu dapat mendengar bunyi-bunyian dari setiap kalimat yang digubahkan. Kamu juga bisa mengenal lebih dalam berbagai ragam jenis musik, mulai dari irama melayu semenanjung, rebana, hadrah, qasidah, hingga musik barat staccato funk rock. Bukan hanya itu, kamu akan diperkenalkan lagi mengenai Orkes Melayu (OM) yang dulunya pernah trend dan menjadi identitas banyak grup di blantika musik Indonesia.

Baca Juga: Resensi Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata, Karya Apik Mendunia

4. Meningkatkan motivasi dalam bermusik 

5 Alasan Kamu Harus Baca Novel Brianna dan Bottomwise Ilustrasi Bermain Gitar (unsplash.com/42 North)

Jika kamu merasa kurang motivasi dalam berkarir di dunia musik, buku ini bisa menjadi jawaban atas berbagai keresahan yang sedang kamu alami. Setiap lembarannya akan memberikan energi-energi positif yang pastinya meningkatkan semangat bermusikmu.

5. Mengajarkan arti perjuangan 

5 Alasan Kamu Harus Baca Novel Brianna dan Bottomwise Ilustrasi Semangat Perjuangan (unsplash.com/Richard Felix)

Kamu tahu Laskar Pelangi, bukan? Pastinya. Sama halnya dengan novel anyar yang pernah ramai diperbincangkan publik, yaitu Tetralogi Laskar Pelangi. Novel dwilogi ini juga mengemas cerita seorang lelaki bernama Sadman yang tiada hentinya berjuang, meskipun dihadapkan dengan banyak problematika dalam mendirikan grup musik. Baginya, tiada kata henti demi memeriahkan dinamika orkes melayu di kampung asalnya.

Selain itu, ada juga perjuangan musisi legendaris John Musiciante dalam mencari gitar kesayangannya yang raup dicuri kriminal amatir. Ia bersama dengan detektif Bottomwise berkelana ke setiap belahan dunia demi mencari gitar yang baginya tak bisa digantikan dengan uang sebesar apa pun.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Novel Andrea Hirata Selain Laskar Pelangi

Nur Danil Kaimuddin Photo Writer Nur Danil Kaimuddin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya