Comscore Tracker

10 Kuliner Lokal Maluku Ini Wajib Kamu Coba, Dijamin Nagih!

Meskipun sederhana, tapi nikmatnya luar biasa #LokallDN

Maluku memang memiliki destinasi wisata yang menjadi daya tarik untuk dikunjungi. Gak hanya itu, Maluku juga memiliki kuliner lokal yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke sana.

Nah, buat kamu yang berencana ingin berkunjung ke daerah Maluku, kamu harus menjajal kuliner lokal khas Maluku, nih. Di antaranya seperti sepuluh kuliner berikut ini. 

1. Papeda

10 Kuliner Lokal Maluku Ini Wajib Kamu Coba, Dijamin Nagih!instagram.com/deasylo

Papeda terbuat dari sagu yang diolah dengan cara disiram menggunakan air panas kemudian diaduk sampai teksturnya mengental.

Cita rasa papeda yang cenderung hambar, tapi banyak diminati. Untuk menikmatinya kamu bisa menyantapnya dengan pelengkap lauk ikan yang sudah dibumbui. Dijamin sensasi rasanya maknyus!

2. Ikan kuah pala banda

10 Kuliner Lokal Maluku Ini Wajib Kamu Coba, Dijamin Nagih!instagram.com/nisasukarso

Makanan ini berasal dari Kepulauan Banda yang memang memiliki cita rasa rempah yang kuat dari buah pala. Ikan kuah pala banda umumnya dinikmati dengan pelengkap seperti urap, ikan bakar, dan sambal bakasang yang nikmat.

Sambal bakasang ialah sambal yang terbuat dari ikan cakalang yang ditumbuk. Rasanya mantap!

3. Nasi lapola

10 Kuliner Lokal Maluku Ini Wajib Kamu Coba, Dijamin Nagih!instagram.com/icipiniki

Masyarakat Maluku gak hanya mengonsumsi sagu, namun juga mengonsumsi nasi. Di antaranya dengan makanan khas mereka yaitu nasi lapola. Hidangan ini terbuat dari beras yang dimasak setengah matang.

Kemudian dicampur bersama kacang merah rebus, kelapa parut, dan garam lalu diaduk hingga merata. Setelah tercampur rata, selanjutnya kukus kembali hingga matang. Perpaduan cita rasa yang asin gurih, dijamin bikin menambah sensasi hidangan nasi lapola.

4. Kohu-kohu

10 Kuliner Lokal Maluku Ini Wajib Kamu Coba, Dijamin Nagih!instagram.com/mishotrodqueen

Kohu-kohu sekilas mirip sayur urap yang khas Jawa. Kohu-kohu terbuat dari ikan teri dicampur dengan bahan lain seperti taoge, terong, kacang panjang rebus, dan parutan kelapa.

Setelah tercampur rata, kemudian diberi bumbu yang terdiri dari perasan jeruk nipis, irisan cabe, bawang merah, dan bawang putih. Masyarakat di sini biasanya menikmati kohu-kohu bersama singkong rebus. Gimana, tertarik ingin mencicipi?

5. Ikan komu asar

10 Kuliner Lokal Maluku Ini Wajib Kamu Coba, Dijamin Nagih!instagram.com/bikinkerenindonesia

Makanan populer khas Maluku ini dibuat menggunakan ikan cakalang yang diasap hingga matang merata. Untuk menambah cita rasa lezat, hidangan ini biasanya dinikmati dengan nasi dan sambal colo-colo yang rasa pedasnya menggigit. Endeus banget!

Baca Juga: Resep Ikan Kuah Kuning Khas Maluku yang Nikmat dan Kaya Rasa

6. Sagu woku komo-komo

10 Kuliner Lokal Maluku Ini Wajib Kamu Coba, Dijamin Nagih!instagram.com/kulinerindonesia_

Tidak hanya papeda saja yang dibuat dari sagu. Makanan ini juga gak kalah nikmat, lho. Ya, sagu woku komo-komo dibuat dengan bahan dasar sagu, bawang putih, sereh, jahe, dan ikan. Kemudian dibungkus menggunakan daun woku.

Sagu woku komo-komo biasanya disantap masyarakat Maluku sebagai pelengkap lauk nasi ataupun papeda.

7. Sambal colo-colo

10 Kuliner Lokal Maluku Ini Wajib Kamu Coba, Dijamin Nagih!instagram.com/yen_indriyani

Tidak lengkap rasanya makan tanpa adanya sambal. Ya, di Maluku terdapat salah satu kuliner sambal yang jadi ciri khas lho. Kuliner ini bernama sambal colo-colo.

Sambal colo-colo terbuat dari tomat, bawang merah, dan cabe rawit yang diiris tipis lalu diberi garam dan perasan jeruk nipis.

Kesegaran cita rasa pedas dari sambal colo-colo memang nikmat disantap dengan nasi serta lauk sesuai selera.

8. Talam sagu bakar

10 Kuliner Lokal Maluku Ini Wajib Kamu Coba, Dijamin Nagih!instagram.com/livideonokta

Talam sagu bakar terbuat dari campuran sagu dan gula merah yang sudah dicairkan kemudian diaduk hingga teksturnya mengental. Setelah mengental adonan tersebut diberi tambahan bahan lain seperti mentega, kacang merah, dan kenari. Selanjutnya dibakar hingga matang kering.

Cita rasanya yang manis gurih berkat perpaduan kenari dan kacang merah. Bikin nagih di lidah!

9. Bubur sagu ubi

10 Kuliner Lokal Maluku Ini Wajib Kamu Coba, Dijamin Nagih!instagram.com/siona_wijaya

Makanan khas Maluku memang identik terbuat dari sagu. Salah satunya bubur sagu ubi yang dibuat menggunakan sagu dan ubi yang sudah direbus. Kemudian dicampur kuah yang terdiri dari rebusan gula merah, gula pasir, dan daun pandan.

Bubur sagu ubi disantap bersama siraman santan, kuah gula, dan taburan kacang kenari. Manis gurihnya bikin ketagihan!

10. Kopi sibu-sibu

10 Kuliner Lokal Maluku Ini Wajib Kamu Coba, Dijamin Nagih!instagram.com/aikua1mu

Untuk kamu pencinta kopi, kamu harus mencoba kopi khas Maluku yang bernama kopi sibu-sibu. Kopi sibu-sibu diracik menggunakan jenis kopi robusta yang dihaluskan dengan cara tradisional.

Nah, salah satu hal yang membuat cita rasa kopi ini terasa khas adalah karena terdapat campuran cengkeh dan taburan biji ketapang. Kira-kira seperti apa rasanya, ya?

Itulah 10 makanan khas Maluku yang bisa kamu jajal saat berada di sana. Gak hanya makanan di atas saja lho, namun masih ada kuliner lokal khas Maluku lainnya yang juga patut untuk kamu cicipi lebih lanjut.

Baca Juga: 5 Info Penting Seputar Pantai Ora, Kepingan Surga di Maluku Tengah

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Menyukai hal baru

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya