Comscore Tracker

7 Sajian Salad Khas Nusantara yang Gak Kalah Nikmat dari Negara Luar

Nikmat disantap langsung maupun dengan nasi #LokalIDN

Salad gak hanya berasal dari negara luar saja. Namun Indonesia juga memiliki sajian salad yang gak kalah menggugah selera makan. Berbeda dengan salad khas negara luar, salad Nusantara disajikan menggunakan bumbu kacang yang menambah cita rasa gurih pedas.

Penasaran apa saja sajian salad khas Nusantara? Berikut beberapa sajian salad khas Nusantara yang gak kalah enak dan menyehatkan.

1. Gado-gado

7 Sajian Salad Khas Nusantara yang Gak Kalah Nikmat dari Negara Luarinstagram.com/regina_adikarta

Gado-gado memang bisa dibilang mirip pecel. Tapi gado-gado identik disajikan dengan tambahan kerupuk, irisan telur rebus, bumbu kacang, dan kentang rebus. Perpaduan antara sayur rebus serta bumbu kacang membuat gado-gado nikmat disantap bersama lontong maupun nasi hangat yang nikmat.

2. Karedok

7 Sajian Salad Khas Nusantara yang Gak Kalah Nikmat dari Negara Luarinstagram.com/rahdhan

Karedok menggunakan sayur mentah serta diberi pelengkap bumbu kacang yang terdiri dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asem, gula jawa, garam, dan terasi.

Meski menggunakan sayur mentah, tapi masyarakat Sunda tetap menikmati dan biasa menyantapnya bersama nasi hangat serta lauk pauk yang menambah cita rasa enak. Gimana, pengin mencobanya?

3. Rujak bulung

7 Sajian Salad Khas Nusantara yang Gak Kalah Nikmat dari Negara Luarinstagram.com/jalanmakanbali

Ini merupakan sajian salad khas Bali yang tidak menggunakan sayur rebus maupun mentah dalam pembuatannya, tapi dibuat dari rumput laut segar. Bahkan rujak bulung disajikan tidak menggunakan bumbu kacang seperti jenis salad khas Nusantara lainnya, namun rujak bulung disajikan dengan parutan kelapa yang sudah diberi bumbu.

Cita rasa rujak bulung yang segar, membuatnya pas disantap saat cuaca yang terik.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Indonesia yang Dilengkapi Siraman Bumbu Kacang

4. Rujak cingur

7 Sajian Salad Khas Nusantara yang Gak Kalah Nikmat dari Negara Luarinstagram.com/the.lucky.belly

Salad khas Nusantara selanjutnya berasal dari daerah Jawa Timur. Ya, rujak cingur dibuat dari sayur rebus serta buah-buahan khas rujak seperti nanas, bengkoang, dan mangga yang dicampur dengan cingur serta bumbu kacang untuk menambah kenikmatan santap rujak cingur.

5. Asinan Bogor

7 Sajian Salad Khas Nusantara yang Gak Kalah Nikmat dari Negara Luarinstagram.com/muh_6690

Asinan Bogor tidak disajikan menggunakan bumbu kacang, tapi menggunakan air cuka untuk menambah cita rasa asam pedas. Selain itu asinan Bogor terdiri dari asinan sayur dan buah-buahan.

Untuk menambah cita rasa gurih, asinan Bogor disajikan dengan pelengkap kacang goreng yang gurih renyah di lidah.

6. Pecel sayur

7 Sajian Salad Khas Nusantara yang Gak Kalah Nikmat dari Negara Luarinstagram.com/surabaya.88

Makanan populer khas Jawa ini terdiri dari sayur rebus seperti kangkung, kacang panjang, taoge, daun bayam, mentimun, dan daun kemangi.

Gak hanya itu, pecel sayur juga diberi bumbu kacang serta biasa disantap bersama nasi ataupun lontong sehingga rasanya mengenyangkan!

7. Plecing kangkung

7 Sajian Salad Khas Nusantara yang Gak Kalah Nikmat dari Negara Luarinstagram.com/niladriana

Buat kamu pencinta kuliner dengan cita rasa pedas, kamu harus coba plecing kangkung. Plecing kangkung dibuat dari sayur kangkung yang telah direbus, disajikan dengan sambal tomat ataupun sambal cabai yang diberi kacang goreng.

Selain itu plecing kangkung juga bisa disantap bareng ayam bakar taliwang yang dijamin rasa gurih pedasnya makin nikmat. Enaknya juara!

Nah, gimana ternyata Indonesia juga punya sajian salad yang gak kalah lezat dari negara luar, kan? Jadi, dari ketujuh sajian salad ini kamu pernah coba yang mana?

Baca Juga: 10 Bahan Terbaik untuk Campuran Salad Buah, Jadi Lebih Segar dan Sehat

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Menyukai hal baru

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya