TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Camilan yang Diberi Topping Biji Wijen, Enak Banget!

Rasanya gak kalah nikmat dari aneka topping lain #LokalIDN

Roti gambang (instagram.com/justtryandtaste)

Tambahan topping pada camilan gak hanya membuat sedap dipandang, tapi juga memperkaya cita rasa. Nah, saat menikmati camilan, kamu lebih suka bertopping apa nih. Sebab ada beberapa jenis topping yang biasa dijumpai, salah satunya dari biji wijen. 

Biasanya camilan yang diberi tambahan biji wijen memiliki tekstur lembut, renyah, dan juga bercita rasa manis gurih. Selain rasanya manis gurih, aroma wanginya pun mampu menggugah selera. Inilah dia berbagai macam camilan yang bertabur wijien, aroma dan rasanya bikin siapa saja dibikin ketagihan.

1. Geti wijen

Geti wijen (instagram.com/dapur_susmi

Geti wijen merupakan salah satu camilan jadul yang bisa kamu temui di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Menggunakan bahan dasar gula jawa, jahe, dan biji wijen.

Geti wijen memiliki warna kecoklatan tapi tertutup dengan penambahan topping biji wijen yang melimpah. Teksturnya flaky tapi meleleh di mulut, rasa manis gurihnya geti wijen kerap dihidangkan sebagai kue Lebaran.

2. Kue manco

Kue manco (instagram.com/dapoersikoko)

Kue manco memiliki bentuk lonjong dengan taburan wijen yang menyelimuti seluruh bagian luarnya. Berbahan utama tepung ketan, adonan ini terlebih dahulu melalui proses pengkalisan, perebusan, penumbukan, dan penjemuran.

Setelah itu, barulah adonan siap untuk digoreng dan dicelupkan ke dalam lelehan gula merah serta biji wijen. Teksturnya yang renyah dan kenyal, kue manco dapat kamu temui di daerah Trenggalek dan Madiun.

3. Keciput

Keciput (instagram.com/genikayu)

Sekilas keciput, agak mirip kue manco. Namun bedanya berbentuk bulat kecil bukan lonjong. Untuk bahan pembuatannya terdiri dari adonan tepung ketan, tapioka, garam, telur, margarin, dan gula pasir yang diuleni kalis.

Lalu adonan dibentuk bulat-bulat kecil kemudian dibaluri biji wijen, barulah adonan digoreng hingga kuning kecoklatan. Menawarkan tekstur keras tapi renyah di lidah, keciput banyak dihidangkan saat Lebaran sebagai stok kue kering.

4. Roti gambang

Roti gambang (instagram.com/dapoersikoko)

Varian roti yang satu ini memiliki tampilan kecoklatan dengan taburan wijen dipermukaan kulit luarnya. Warna coklat ini didapat dari campuran gula merah pada adonan roti.

Teksturnya agak keras di bagian luar tapi crunchy di bagian dalamnya, roti gambang menjadi salah satu jajanan khas Betawi yang nikmat dikudap bareng segelas teh hangat.

Baca Juga: Resep Bikin Roti Goreng Wijen yang Gurih, Bikin Ngunyah Terus!

5. Deppa tori

Deppa tori (instagram.com/wonderfultoraja)

Deppa tori jadi kue khas Toraja, Sulawesi Selatan. Kue ini berbentuk lonjong dengan bagian ujung keduanya yang meruncing.

Warnanya kecoklatan dibalut biji wijen di bagian luarnya. Deppa tori menawarkan tekstur renyah tapi kenyal dengan cita rasa manis legit. Cocok dinikmati bareng segelas kopi toraja yang hangat pula!

6. Onde-onde

Onde-onde (instagram.com/alfinazulfa91)

Onde-onde juga menjadi salah satu jajanan pasar yang difavoritkan. Berbentuk bulat, topping biji wijen melimpah, dan berisikan kacang hijau.

Onde-onde memiliki cita rasa manis gurih serta tekstur yang lembut pula. Untuk bisa mencicipi kenikmatannya, kamu bisa mendapatkan camilan ini di berbagai pasar tradisional maupun toko kue.

7. Odading

Odading (instagram.com/benesyajacoelyn)

Beberapa waktu yang lalu jajanan ini sempat viral, namanya odading. Di beberapa daerah Indonesia sendiri odading punya sebutan yang berbeda-beda lho.

Ada bolang-baling dari Semarang, roti bantal di Jakarta, mandel dari Gresik, dan masih banyak lainnya. Cita rasanya manis dipadu balutan biji wijen, tekstur empuk yang kopong pun bisa membuat lidah tergoda.

8. Onde-onde ketawa

Onde-onde ketawa (instagram.com/aniktriwina)

Bisa dibilang camilan ini mirip onde-onde, bentuknya unik seperti orang tertawa dengan dibalut biji wijen. Inilah menjadi asal-usul mengapa jajanan pasar ini diberi nama onde-onde ketawa.

Punya ciri khas tekstur yang agak keras tapi crunchy, sensasi rasa yang dimilikinya juga manis plus gurih. Enak nih, jadi peneman segelas teh hangat ataupun kopi!

9. Pisang goreng wijen

Pisang goreng wijen (instagram.com/pisangoriginal)

Kamu pasti suka pisang goreng, kan? Olahan pisang dengan balutan tepung renyah nan lembut ini memang biasa ditemui di abang-abang tukang gorengan.

Identik tampil polosan, ternyata pisang goreng juga bisa dikreasikan dengan perpaduan biji wijen. Aroma harum khas yang keluar saat proses penggorengan, dipadu cita rasa manis gurihnya pun benar-benar nempel di lidah.

Baca Juga: Resep Pisang Goreng Wijen Saus Srikaya, Camilan Sore Teman Minum Teh

Verified Writer

Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya