TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Autentik, Inilah 6 Ragam Hidangan Laut Khas Nusantara yang Kaya Rempah

Cita rasanya yang sedap cocok untuk lauk nasi nih #LokalIDN

gulai kepala kakap (instagram.com/littleminangresto)

Dikenal sebagai negara kepulauan, tentu Indonesia memiliki berbagai macam hidangan seafood yang menggugah selera. Ada banyak jenisnya seperti ikan, cumi-cumi, hingga kerang yang kemudian ragam bahan ini dimasak dengan bumbu rempah sehingga menghasilkan cita rasa sajian sedap yang begitu digemari.

Rasa nikmat inilah membuat setiap daerah di Indonesia pun memiliki hidangan laut yang menjadi ciri khasnya masing-masing lho.

Penasaran apa saja? Ini dia deretan hidangan laut khas Nusantara yang perlu kamu tahu dan dicoba.

1. Rendang lokan

Rendang lokan (instagram.com/rendangyoiko)

Selama ini mungkin kamu lebih familiar kalau rendang hanya dibuat menggunakan daging sapi. Namun di Tanah Minang sendiri, ternyata masih terdapat beraneka ragam jenis rendang yang tak kalah nikmat meski diolah dengan bahan dasar lain, lho. Salah satunya terbuat dari jenis kerang, hidangan ini pun lebih dikenal dengan sebutan rendang lokan.

Cara pembuatannya gak jauh berbeda dengan memasak rendang pada umumnya, jenis kerang ini direbus lebih dulu agar daging kerang mudah dikeluarkan dari cangkangnya. Setelah itu, barulah daging kerang dimasak bersama santan dan aneka bumbu rempah khas rendang hingga matang meresap berubah kecokelatan.

Cita rasanya lebih dominan pedas gurih dengan tekstur kenyal, rendang lokan makin terasa endeus jika disantap bersama nasi hangat.

2. Gohu ikan

Gohu ikan (instagram.com/pelancongmakan.po)

Di daerah Maluku sana ada hidangan laut yang unik dan lain dari biasanya. Hidangan ini familiar disebut sebagai gohu ikan.

Gohu ikan terbuat dari potongan daging ikan tuna segar yang diracik bersama bumbu cabai rawit, bawang merah, daun kemangi, perasan air jeruk limau, dan minyak kelapa. Lalu disajikan bersama cincangan kasar kacang tanah yang telah digoreng.

Meski terbilang mentah, namun gohu ikan memiliki cita rasa yang autentik dan tak meninggalkan sensasi bau amis lho. Cocok juga disantap bareng nasi hangat.

Gimana, tertarik pengin mencoba sashimi khas Maluku ini?

Baca Juga: 5 Resto Seafood di Gresik, Sedapnya Bukan Main

3. Cakalang rica-rica

Cakalang rica-rica (instagram.com/rica_doh)

Sebagai penghasil ikan cakalang terbesar di Sulawesi Utara, membuat kota Manado memiliki berbagai jenis sajian berbahan dasar ikan cakalang. Salah satunya ikan cakalang yang dimasak bersama bumbu rica.

Bumbu rica ini terdiri dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, tomat, jahe, dan daun jeruk. Kemudian beri suwiran daging ikan cakalang asap, lalu ditumis dengan bumbu rica sampai mengering.

Mempunyai cita rasa pedas dan gurih, cakalang rica-rica sangat cocok disajikan bersama sepiring nasi hangat.

4. Sotong pangkong

Sotong pangkong (instagram.com/mlipirsini)

Beralih ke daerah Pontianak, ada hidangan laut yang diberi nama sotong pangkong. Sotong sendiri memiliki tampilan mirip seperti cumi-cumi namun berukuran lebih besar, nantinya sotong diasapi hingga mengering.

Lalu sebelum disajikan sotong akan dipipihkan terlebih dahulu hingga tipis dan melebar, kemudian dipotong-potong kecil agar lebih mudah disantap. Barulah sotong pangkong bisa disajikan dengan sambal rawit encer dan kacang tanah tumbuk.

Rasanya yang gurih, membuat sotong pangkong banyak diburu oleh masyarakat Pontianak ketika bulan Ramadan sebagai menu berbuka puasa.

5. Gonggong rebus

Gonggong rebus (instagram.com/kalsareater)

Sebagai provinsi kepulauan, membuat daerah Riau memiliki beragam sajian laut nan melezatkan. Nah, salah satu hidangan laut khas Riau adalah berupa gonggong rebus.

Gonggong sendiri merupakan sejenis siput laut berukuran sedang dengan ciri khas bercangkang putih tebal. Nantinya gonggong  direbus dengan bumbu rempah. Saat sudah matang, barulah gonggong bisa disantap dengan cocolan sambal jeruk yang pedas menyegarkan.

Baca Juga: 5 Hidangan Seafood Khas Singapura yang Kelezatannya Mengundang Lapar 

Verified Writer

Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya