TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Minuman Es Khas Nusantara yang Siap Segarkan Harimu  

Dijamin segarnya bikin ketagihan!

food.grab.co

Iklim tropis di Indonesia mempunyai dua musim yaitu kemarau dan penghujan. Saat musim kemarau melanda, tentu banyak pedagang kaki lima maupun gerai toko menjual aneka minuman segar yang dapat menghilangkan dahagamu.

Keanekaragaman suku dan budaya di Indonesia menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tampilan serta rasa minuman segar khas Nusantara. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut minuman segar apa saja yang ada di Indonesia, berikut ini 5 minuman es khas nusantara yang siap menyegarkan harimu!

1. Es pisang ijo

medium.com

Es pisang ijo yang berasal dari Sulawesi Selatan merupakan sajian es menyegarkan sekaligus mengenyangkan. Karena bahan utama dari es ini adalah kukusan pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau dan dipadukan dengan bubur sumsum.

Kemudian kukusan pisang dan bubur sumsum tersebut diguyur dengan sirup pisang ambon berwarna merah yang akan menambah cita rasa manis. Tentu bongkahan es batu yang tambahkan di sajian es pisang ijo akan menambah rasa dingin yang menyegarkan.

Baca Juga: 5 Inspirasi Membuat Es Campur Menggunakan Bubur Manis

2. Es dawet

instagram.com/am.snacking

Es satu ini mempunyai cita rasa gurih yang berasal dari santan. Ya, minuman ini bernama es dawet. Minuman es khas Jawa ini terdiri dari dawet yang terbuat dari tepung beras ketan yang diwarnai menggunakan daun suji agar memiliki warna hijau yang cantik.

Lalu diberikan es parut yang diguyur dengan gula merah dan santan yang siap menyegarkan harimu. Rasa kenyal dari dawet membuat minuman khas Nusantara satu ini diminati banyak orang hingga kini.

3. Es selendang mayang

instagram.com/yuk_masak

Es selendang mayang yang berasal dari Betawi-Jakarta ini sebenarnya sudah mulai jarang ditemukan. Tapi ada sebagian masyarakat Betawi yang masih menyajikan minuman es ini saat perayaan besar seperti Idulfitri atau kamu dapat menjumpai es selendang mayang di kota tua-Jakarta.

Isian es terdiri dari agar-agar yang dipotong menyerupai selendang, terbuat dari sagu aren, tepung hukwe, garam, dan air. Lalu, agar-agar tersebut dipadukan dengan gula aren, santan, dan bongkangan es batu yang menambah rasa menyegarkan es selendang mayang.

4. Es oyen

mncupdate.com

Minuman es khas Nusantara satu ini berasal dari kota Bandung. Minuman ini dinamai es oyen yang merupakan nama dari pemilik kedai oyen bernama Bapak Oyen.

Es oyen terdiri dari daging alpukat, buah nangka yang dipotong memanjang, daging kelapa muda, tape singkong, buah melon, kolang-kaling yang diiris tipis, cincau hitam, dan selasih.

Lalu bahan-bahan di atas dipadukan dengan susu kental manis, sirup gula untuk menambah rasa manis, dan tidak lupa bongkahan es batu yang membuat es oyen makin menyegarkan.

Baca Juga: Beda Thai Tea, Teh Tarik, dan Teh Susu, Serupa tapi Tak Sama

Verified Writer

Mayang Arin Pratitis

Instagram: @mayang.ariin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya