TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Dessert Unik dan Menarik Jepang yang Bisa Menggugah Seleramu 

Yang suka nonton doramanya, sudah pernah coba kulinernya?

fun-japan.jp

Jepang memiliki beragam kuliner menarik yang mampu memancing para wisatawan untuk berkunjung ke sana. Meski terkenal dengan hidangan sushi atau bentonya, nyatanya Jepang juga punya berbagai hidangan dessert menarik yang pasti bikin kamu pengin langsung kesana.

Mau tahu apa saja? Yuk kita simak bersama.

1. Taiyaki

japanese-school-asahi.com

Taiyaki adalah makanan sejenis waffle yang berbentuk ikan. Di Korea, makanan ini dikenal dengan nama bungeoppang. Biasanya taiyaki diisi dengan pasta kacang merah yang manis.

Tapi selain isian kacang merah, ada pula toko-toko yang menjual taiyaki dengan berbagai isian yang lebih variatif seperti cokelat, selai buah, bahkan es krim. Pasti enak banget nih rasanya.

2. Dorayaki

hubjapan.io

Siapa sih yang nggak tahu dorayaki? Muncul sebagai makanan favorit Doraemon, dorayaki adalah makanan penutup berupa kue sejenis pancake berbentuk bundar dan diisi dengan selai kacang merah ataupun cokelat. Di Jepang, dorayaki biasa disantap sebagai teman minum teh.

3. Kue manju

fun-japan.jp

Manju adalah kue tradisional Jepang yang dimasak dengan menggunakan proses kukus. Seperti taiyaki dan dorayaki, manju biasa diisi dengan pasta kacang merah. 

Manju terdiri dari beberapa jenis, tapi yang paling terkenal adalah momiji manju yang dibentuk menyerupai daun maple.

4. Daifuku

getaroundjapan.jp

Dari segi bentuk dan bahan, daifuku memiliki kemiripan yang sangat kentara dengan mochi. Daifuku biasanya diberi isian berupa buah utuh. Varian daifuku yang paling terkenal adalah ichigo daifuku yang berisi buah stroberi yang dalam bahasa Jepang disebut dengan ichigo.

Baca Juga: Selain Mochi, Ini 8 Dessert Khas Jepang yang Wajib Kamu Coba

5. Yokan

sweetsofjapan.com

Yokan adalah makanan sejenis jelly yang terbuat dari pasta kacang merah, agar, dan gula. Meskipun begitu, yokan juga sering divariasikan dalam berbagai rasa dan bentuk lainnya.

Yokan biasanya dijual dalam bentuk balok dan dimakan dalam irisan-irisan kecil. Wah, kalau di Indonesia, bentuknya mirip dengan cincau ya!

6. Monaka

japan-highlightstravel.com

Monaka adalah dessert asal Jepang yang terdiri dari adonan kacang merah manis yang diapit oleh wafer yang terbuat dari mochi. Selain kacang merah, monaka modern juga bisa diisi dengan es krim dan sering dimakan sebagai teman minum teh.

7. Mochi

arigatojapan.co.jp

Mochi adalah salah stau varian makanan penutup berbahan dasar beras ketan yang ditumbuk hingga lengket, kemudian dibentuk bulat.

Meskipun awalnya hanya terdiri dari dua jenis, yaitu mochi dengan isi dan mochi tanpa isi, saat ini ada banyak varian mochi yang bisa kamu temui. Misalnya sakuramochi yang berwarna pink dan dibalut daun sakura, kuzumochi yang terbuat dari tepung akar tanaman kuzu, serta kusamochi yang terbuat dari rumput Jepang.

8. Konpeito

japan-local-guide.com

Konpeito adalah permen warna-warni berukuran kecil, yang biasanya dibentuk seperti bintang atau bunga. Nah, meskipun menjadi makanan khas Jepang, tapi nama konpeito berasal dari bahasa Portugal "confeito" yang berarti gula-gula. Hal tersebut dikarenakan konpeito pertama kali diperkenalkan ke Jepang oleh pedagang Portugal pada kisaran tahun 1550.

9. Dango

tasteatlas.com

Dango merupakan kue khas Jepang yang terbuat dari tepung beras dan dimasak dengan cara dikukus atau direbus. Setelah matang, dango dibentuk bulat dan ditusuk menggunakan tusukan yang terbuat dari bambu.

Dango bisa dimakan dengan saus yang terbuat dari pasta kacang merah yang diencerkan dengan air dan bisa dimakan langsung jika dango sudah diberi isian di dalamnya.

Baca Juga: Doyan Masakan Jepang? 5 Bahan Pelengkap Makanan Ini Harus ada di Dapur

Verified Writer

Dwi Kurniawati Lestari

Just a little girl who loves drawing, writing and reading a bit too much. Sometimes spends all day long to think and wondering about 'what should I write today'.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya