Comscore Tracker

Doyan Masakan Jepang? 5 Bahan Pelengkap Makanan Ini Harus ada di Dapur

Bisa jadi lauk darurat yang nikmat nih!

Selera kuliner tiap orang tentu berbeda beda, mulai dari para penikmat masakan tradisonal hingga yang lebih menyukai cita rasa mancanegara. Salah satunya ragam kuliner dari Negeri Sakura.

Jika kebetulan kamu adalah pencinta masakan Jepang, seperti sushi, ramen, onigiri, yakiniku, takoyaki, dorayaki, yakitori dan sebagainya tentu bisa makan masakan Jepang tiap hari akan terasa menyenangkan. 

Nah, supaya kamu tetap bisa memanjakan lidah setiap saat tanpa mengeluarkan banyak uang untuk makan di restoran Jepang, lima bahan pelangkap ala Japanese food ini wajib ada di dapurmu. Meskipun tak selengkap seperti saat makan di restoran, tapi setidaknya cukup kok untuk mengobati rasa kangenmu jika sedang ingin makan masakan Jepang.

Catat dan masukkan ke daftar belanjaanmu bulan ini ya!

1. Nori atau rumput laut

Doyan Masakan Jepang? 5 Bahan Pelengkap Makanan Ini Harus ada di Dapurinstagram/artbycatfree

Pertama, ada rumput laut atau nori. Cita rasanya yang renyah dan gurih sangat cocok dipadukan dengan makanan kering maupun berkuah. Kamu bisa menambahkan potongan nori di atas mi goreng atau rebus. Bisa juga saat lapar dan gak ada lauk tersisa, tinggal campur saja nasi hangat dan nori. Dijamin mulut gak bakal rela berhenti makan deh. 

2. Katsuobushi

Doyan Masakan Jepang? 5 Bahan Pelengkap Makanan Ini Harus ada di Dapurinstagram/reneholkers

Katsuobushi ini biasa ditemukan sebagai topping pada takoyaki, okonomiyaki atau sushi. Bahan utamanya terbuat dari daging ikan cakalang yang diserut kemudian dikeringkan. Sama halnya dengan nori, kamu bisa menambahkan katsuobushi ke dalam mi rebus, mi goreng, maupun sepiring nasi panas. Berasa makan pakai abon ikan ya. 

Baca Juga: 5 Warteg Kekinian yang Hits di Jogja, Ada Masakan Jepang dan Korea!

3. Shoyu

Doyan Masakan Jepang? 5 Bahan Pelengkap Makanan Ini Harus ada di Dapurinstagram/forte_comercial

Banyak orang menilai shoyu sebagai kecap asinnya orang Jepang. Padahal bagi para pencinta masakan Jepang, tentu tahu betul jika keduannya memiliki cita rasa yang berbeda. Kecap asin punya rasa dominan asin sesuai namanya, sementara shoyu tak hanya asin tapi juga ada manis-manisnya. Coba deh sekali-kali ganti saus botolan dengan shoyu sebagai cocolan saat kamu makan gorengan. Wah, berasa lagi makan tempura nih. 

4. Wasabi

Doyan Masakan Jepang? 5 Bahan Pelengkap Makanan Ini Harus ada di Dapurklikdokter.com

Siapa sih yang gak tahu wasabi? Apalagi kamu mengaku sebagai pencinta masakan Jepang garis keras. Wasabi biasa disajikan sebagai pelengkap makan sushi. Rasanya yang pedas dan aromanya yang kuat, membuatnya kurang nikmat jika disantap sekaligus dalam jumlah banyak. Cukup dicocol-cocol saja, ya.

Di rumah, kamu bisa mencoba menyantap kentang goreng dengan wasabi. Dijamin bakal bikin ketagihan deh. 

5. Gari

Doyan Masakan Jepang? 5 Bahan Pelengkap Makanan Ini Harus ada di Dapurinstagram/ko.ishi.ta.mago

Terakhir ada gari. Sama halnya dengan wasabi, gari juga kerap ditemui sebagai lauk pendamping makan sushi.

Gari sendiri terbuat dari bahan dasar jahe dan punya cita rasa asam dan segar. Kamu bisa menikmati gari di rumah bersama sepiring mie goreng. Sebaiknya simpan gari dalam wadah tertutup rapat dan masukkan ke dalam lemari pendingin agar tetap awet, ya. 

Kelima bahan pelengkap khas Jepang tadi bisa kamu beli di supermarket atau e commerce langganan kamu. Meskipun harganya terbilang mahal, tapi gak ada salahnya untuk menjadikannya stok makanan darurat di rumah. Berasa makan di restoran Jepang tiap hari nih. 

Baca Juga: 7 Istilah Penting dalam Menu Makanan di Restoran Jepang, Wajib Tahu!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya