TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemula Wajib Tahu, 5 Bahan yang Bisa Diolah Jadi Bunga Dekorasi Kue

Pengusaha kue pemula juga wajib catat, nih!

Ilustrasi dekorasi bunga (tastemade.com)

Saat melakukan bisnis kuliner, terutama pengolahan kue, aktivitas dekorasi menjadi salah satu kegiatan yang tidak dapat ditinggalkan. Melakukan dekorasi bisa memunculkan sisi menarik bagi setiap orang yang menatapnya. Aktivitas ini biasanya ditujukan untuk kue-kue yang digunakan dalam acara penting tertentu, seperti pernikahan atau ulang tahun.

Salah satu komponen umum yang tidak dapat dipisahkan dari pembuatan kue adalah dekorasi bunga. Nah, bagi kamu yang baru terjun dalam dunia dekor-mendekor, berikut ini terdapat lima komponen yang dapat diolah dan diproses sedemikian rupa agar bisa dibentuk menjadi bunga yang bisa dimakan.

1. Fondan

Ilustrasi fondant flower cake (wilton.com)

Fondan menjadi suatu lapisan khusus dalam kegiatan dekorasi yang memiliki bentuk elastis sehingga cukup fleksibel bila dikreasikan menjadi sesuatu yang diinginkan, termasuk dalam proses pembuatan bunga.

Lapisan ini sendiri memiliki beberapa jenis yang disinyalir terbuat dari bahan baku utama berupa gula, serta ada pula yang menambahkan gelatin ataupun sirup jagung dalam salah satu varian supaya lebih memudahkan saat dibentuk dan enak dimakan.

Baca Juga: Mudah! 5 Teknik Dekorasi Frosting Kue Ulang Tahun

2. Buttercream

Ilustrasi buttercream cake (bettycrocker.com)

Buttercream menjadi salah satu bahan baku klasik dalam melakukan dekorasi kue. Bahan ini menjadi favorit dari masa ke masa sehingga masih tetap banyak digunakan hingga saat ini, termasuk ketika membuat bentuk bunga yang cantik.

Diperlukan keterampilan mumpuni untuk membuat bunga dari buttercream, sebab tekstur bahan yang cenderung lembut ini perlu perlakuan khusus agar dekorasi tetap bagus. Nah, buttercream sendiri kerap diolah dengan mentega dan gula, lalu dimasukkan dalam plastik segitiga.

3. Buah dan sayur

Ilustrasi bunga dari apel (thefeedfeed.com/thebakingspoon: Anna Yang)

Buah dan sayur pun tetap dapat ambil bagian dalam dekorasi sebuah kue, terlebih jika sajian tersebut melibatkan salah satu di antaranya, seperti apple cake, carrot cake, atau olahan sejenis.

Buah dan sayur cukup baik digunakan dalam pembuatan bentuk bunga pada penghias kue dan biasanya bahan-bahan tersebut perlu dikupas dan diiris tipis memanjang agar dapat dibentuk menjadi rose.

4. Marshmallow

Ilustrasi marshmallow cupcake (taste.com.au/Rob Palmer)

Marshmallow menjadi satu dari sekian banyak jenis permen bertekstur lembut dan legit dengan aneka rasa tertentu. Selain dijadikan perekat bagi beberapa makanan khusus, marshmallow pun cukup populer ketika dijadikan bunga dalam sebuah olahan.

Karakteristik permen yang lembut itu tadi membuat marshmallow dapat dikreasikan dengan mudah, seperti dengan cara digunting atau dipotong sesuai selera untuk membentuk bunga yang diinginkan.

Baca Juga: Ada Kue Kotak Sepatu, 5 Kreasi Kue Berikut Out of the Box Banget!

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya