TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kreasi dari Tiwul yang Manisnya Bikin Terlena

Ada makanan yang dikukus sampai dipanggang juga, lho!

tiwul pandan keju (instagram.com/yetiagustin)

Indonesia punya segudang bahan baku yang sangat menarik untuk dijadikan pengganti nasi. Salah satunya dikenal dengan sebutan tiwul. Secara sederhana tiwul adalah olahan berbahan dasar singkong yang diolah sedemikian rupa.

Tahukah kamu, kalau ternyata tiwul juga bisa digunakan untuk membuat kue jadi semakin menarik. Yuk, simak lima kreasi kudapan berbahan dasar tiwul ini untuk kamu inovasikan sebagai kudapan nikmat bercita rasa manis.

1. Tiwul ayu 

tiwul ayu (instagram.com/duoal_snack)

Tiwul ayu merupakan salah satu kreasi makanan yang terinspirasi dari putu ayu. Makanya, makanan ini memiliki rupa yang mirip dengan parutan kelapa yang melimpah di seluruh permukaan kudapan.

Tepung tiwul sendiri perlu dikombinasikan bersama telur, santan, terigu, gula merah, dan vanila. Proses pemasakan tiwul ayu pun dapat dilakukan dengan teknik pengukusan hingga makanan ini matang sempurna.

Baca Juga: Resep Nasi Tiwul Khas Trenggalek, Sajian dari Singkong Kering

2. Tiwul gula merah 

tiwul gula merah (instagram.com/idclassicfood)

Bikin camilan unik juga bisa diwujudkan dengan menggunakan tepung tiwul. Bahkan kue yang satu ini tidak memerlukan cetakan apa pun saja sudah enak rasanya. Jadi cocok banget buat pencinta manis dan makanan ringan.

Seperti biasa, bahan yang perlu dipakai dalam proses pembuatan sajian ini adalah tepung tiwul, gula merah, garam, gula pasir, dan kelapa parut untuk menambah sensasi berbeda pada makanan. Jangan lupa kukus selama setengah jam sebelum disajikan.

3. Tiwul pandan 

tiwul pandan keju (instagram.com/yetiagustin)

Tiwul gak harus melulu tampil dalam balutan warna kecokelatan, lho. Sebab dalam variasi rasa yang satu ini, kamu bakal menemukan aroma pandan yang menggugah selera dalam olahan tradisional tersebut.

Bahkan saat ini tiwul pandan sudah banyak dijual dalam kemasan siap masak, sehingga kamu tinggal memberikan ekstra pemanis dan kelapa untuk membuat kue ini terasa lebih legit. Memasaknya juga masih sama-sama perlu dikukus saja, kok.

4. Tiwul cokelat keju 

tiwul (instagram.com/seleramode)

Bikin kue tiwul dengan sensasi rasa kekinian belum pas kalau tidak menyertakan perpaduan antara cokelat dan keju. Makanya, bahan yang terbuat dari singkong ini akan menjadi lebih seru saat diolah sebagai kudapan berbeda rasa.

Penggunaan cokelat dan keju sendiri bisa dicampur menggunakan parutan kelapa, biar sensasi tiwul tradisionalnya tidak hilang. Kebayang, kan, bagaimana kenikmatan kudapan ini saat disantap sebagai camilan sehari-hari?

Baca Juga: 13 Makanan Khas Indonesia yang Cocok untuk Diet, Semuanya Enak!

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya