Comscore Tracker

Resep Nasi Tiwul Khas Trenggalek, Sajian dari Singkong Kering

#IDNTimesFood Pengganti nasi, tetap mengenyangkan!

Nama suatu makanan, tidak terlepas dari nama daerah ia berasal. Seperti di Pulau Jawa, ada makan khas yang sangat terkenal dan sudah ada sejak zaman dahulu. Makanan ini bernama nasi tiwul atau orang Jawa menyebutnya sego tiwul.

Nasi tiwul merupakan makanan khas yang berasal dari Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Berkat nasi tiwul, Trenggalek menyabet gelar sebagai kota dengan nasi tiwul terenak di Indonesia.

Cara membuat nasi tiwul, juga terbilang cukup mudah. Namun, untuk mendapatkan rasa yang sesuai, perlu resep dan cara mengolahnya yang baik. Nah, berikut ini resep dan cara membuat nasi tiwul khas Trenggalek yang bisa kamu coba di rumah.

1. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat nasi tiwul

Resep Nasi Tiwul Khas Trenggalek, Sajian dari Singkong Keringilustrasi gula merah untuk campuran bahan tiwul (Instagram.com/vinnefooddiary)

Bahan-bahan:

  • 150 gr gula merah sisir
  • 1 gelas air matang
  • 200 gr kelapa parut
  • 350 gr gaplek atau singkong kering
  • Garam secukupnya
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 tangkai daun pisang, diambil daunnya saja

2. Membuat tiwul dari singkong kering

Resep Nasi Tiwul Khas Trenggalek, Sajian dari Singkong Keringilustrasi adonan tiwul (Instagram.com/kedaisehatpagesangan)

Langkah yang pertama, singkong yang sudah dikeringkan, ditumbuk kasar sambil diperciki air sampai terbentuk butiran-butiran kecil bernama tiwul. Selanjutnya, tambahkan gula merah pada tiwul yang masih mentah tadi.

3. Bungkus tiwul dan kukus hingga matang

Resep Nasi Tiwul Khas Trenggalek, Sajian dari Singkong Keringilustrasi mengukus tiwul (Instagram.com/dhinilarasati)

Berikutnya, bungkus tiwul yang sudah dicampur dengan gula merah tadi menggunakan daun pisang, lalu tutup seperti bungkusan pepes ikan. Kemudian, kukus sampai tiwul matang.

Baca Juga: 5 Kuliner Kupat Khas Jawa Tengah, Lezatnya Bikin Ketagihan

4. Membuat parutan kelapa

Resep Nasi Tiwul Khas Trenggalek, Sajian dari Singkong Keringilustrasi membuat kelapa parut (Instagram.com/desygilang)

Selanjutnya, setelah tiwul matang, buat parutan kelapa untuk bahan taburan. Caranya yaitu, terlebih dahulu mengukus kelapa yang telah diparut, kemudian beri garam dan daun pandan, lalu kukus kembali kurang lebih 15 sampai 20 menit.

5. Sajikan dengan taburan kelapa parut

Resep Nasi Tiwul Khas Trenggalek, Sajian dari Singkong KeringPotret nasi tiwul khas Trenggalek (Instagram.com/kedaisehatpagesangan)

Untuk menyajikannya, pertama siapkan piring saji, kemudian letakan nasi tiwul di atasnya. Setelah itu, beri taburan kelapa parut di atas nasi tiwul, dan sajian khas Trenggalek pun siap untuk dinikmati!

Nasi tiwul memang sangat unik dan memiliki cita rasa yang khas, sebab bahan dasar yang digunakan berbeda dengan nasi pada umumnya yakni menggunakan singkong kering. Walaupun terbuat dari singkong, sajian ini tetap mengenyangkan, kok. Makanya, olahan nasi tiwul juga sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, khususnya di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Pasti kamu sudah penasaran, kan? Yuk, langsung saja buat di rumah!

Baca Juga: 7 Aneka Kuliner Lontong Khas Jawa Timur, Dijamin Uenak Pol!

Gilang Khuatul Akhmal Photo Verified Writer Gilang Khuatul Akhmal

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya