TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Olahan Sambal ala Thailand yang Bisa Kamu Coba Buat di Rumah

Yuk, coba cocol hidanganmu dengan sambal ini

ilustrasi sambal Thailand (pixabay.com/satchuset Raungdessuwon)

Kuliner Thailand juga memiliki ragam aneka sambal yang bisa disantap untuk menambah tingkat kepedasan. Bentuknya berupa saus dengan warna yang merah dan sangat cocok dicampur dengan hidangan apa pun.

Bagi kamu yang punya stok cabai yang banyak, cobain variasi kreasi sambal dari Thailand berikut ini. Tampilannya sangat menggugah selera bagi kamu yang sedang tidak nafsu makan. Rasanya dijamin bikin kamu tidak mudah bosan!

1. Selai cabai Thailand atau nam prik pao 

ilustrasi nam prik pao (youtube.com/Marion's Kitchen)

Sambal ini biasa disebut nam prik pao atau chili jam di Thailand. Nam prik pao biasa digunakan untuk membuat bumbu tom yam,tumisan, hingga dijadikan selai untuk roti.

Pembuatannya menggunakan cabai kering sehingga warnanya sangat merah tua. Sebelum membuatnya, cabai kering dikeluarkan bijinya terlebih dahulu sehingga teksturnya sangat halus seperti selai.

Baca Juga: 5 Kreasi Sambal Serai yang Bikin Wangi Menu Makan Siangmu

2. Prik nam pla atau saus meja Thailand 

ilustrasi prik nam pla (youtube.com/World of Thai Food)

Jika kamu mengunjungi restoran autentik Thailand, saus ini biasanya disajikan pada masing-masing meja, seperti halnya sambal di Indonesia. Rasanya sangat cocok disantap dengan semua masakan Thailand.

Sambal ini merupakan andalan Thailand untuk menambahkan kepedasan ekstra di setiap masakan. Prik nam pla dibuat dengan menggabungkan cabai hijau dan merah, jeruk nipis, bawang merah, gula, dan kecap ikan atau nam pla.

3. Nam jim seafood atau nam jim makanan laut 

ilustrasi nam jim seafood (youtube.com/Thai Girl in the Kitchen)

Nam jim seafood adalah saus cocolan yang sering digunakan saat menyantap seafood. Namun, sambal berikut juga cocok disajikan hidangan daging lainnya, kok. Sausnya bisa dibuat tanpa menggunakan kecap ikan, jadi cocok bagi kamu yang tidak suka.

Kamu bisa menggunakan cabai rawit untuk menciptakan sambal yang sangat pedas. Untuk membuat masakan ini, kamu membutuhkan bawang putih, daun ketumbar, gula palem, air jeruk nipis, air hangat, dan garam.

4. Nam jim jaew atau saus barbeku pedas 

ilustrasi nam jim jaew (youtube.com/Thai Girl in the Kitchen)

Sambal yang satu ini akan kamu temukan restoran barbeku Thailand yang autentik. Nam jim jaew sangat cocok dicocol dengan daging sapi, babi, hingga ayam. Rasanya asam pedas karena bahannya yang menggunakan asam jawa.

Bahan yang digunakan antara lain larutan asam jawa, air jeruk nipis, bawang merah, daun ketumbar, daun bawang, kecap ikan, bubuk cabai. dan gula jawa. Sambal ini juga ditambah dengan beras yang sudah disangrai, lalu digiling halus.

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Sambal Udang, Pedas dan Gurihnya Bikin Nambah Terus

Verified Writer

Porcelain

꒰ঌ ig: nndf_prcl ໒꒱

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya