TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Serba-Serbi Saeu-jeot, Udang Fermentasi yang Populer di Korea

Saeu-jeot bahkan punya aneka ragam versi, lho   

instagram.com/lets_bab

Mengolah bahan makanan melalui proses fermentasi agaknya merupakan hal yang lumrah dalam kuliner khas Korea Selatan. Bahan-bahan bakunya pun beraneka ragam. Salah satu olahan fermentasi tersebut adalah Saeu jeot.

Nah daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan berikut!

1. Saeu-jeot termasuk ke dalam kategori jeotgal, tepatnya yang berbahan baku berupa udang

instagram.com/junsunah

Saeu-jeot alias salted fermented shrimp dalam bahasa Inggris ini termasuk ke dalam jenis jeotgal, yaitu makanan fermentasi ala Korea yang dibuat dari produk laut. Kalau saeu-jeot adalah yang menggunakan udang (kata "saeu" merujuk pada "udang"). Tepatnya, udang untuk saeu-jeot adalah udang kecil yang berkulit tipis, lalu diberi garam, dan difermentasi.

Baca Juga: 5 Trivia Hongeohoe, Ikan Pari Fermentasi Beraroma Amonia dari Korea

2. Saeu-jeot kerap didapuk sebagai jeotgal yang paling populer selain myeolchi-jeot

instagram.com/jutkalprince

Kendati diolah dari bahan baku berupa produk laut, jeotgal tersebut juga memiliki ragam variasi berdasarkan bahan yang digunakan. Ada udang, teri, cumi, dan lainnya. Usut punya usut, selain myeolchi-jeot (berbahan baku teri), saeu-jeot rupanya kerap didapuk sebagai jeotgal yang paling populer.

3. Saeu-jeot yang berkualitas membutuhkan proses yang terbilang cukup rumit

instagram.com/semosu_seafood

Membuat saeu-jeot yang berkualitas tinggi ternyata tak mudah. Pasalnya, kualitas saeu-jeot ditentukan oleh kesegaran udang sebagai bahan bakunya. Hal ini juga dipengaruhi oleh musim dan suhu udara saat udang ditangkap oleh nelayan.

Pasca ditangkap, udang langsung digarami dengan takaran berat garam sekitar 15% - 35% dari berat udang yang akan digarami. Selanjutnya, udang tersebut difermentasi dengan cara memasukkannya ke dalam guci dan menempatkannya di ruangan bersuhu ruang (10°C hingga 20 °C).

4. Saeu-jeot memiliki ragam berdasarkan momen panen dan jenis udang yang digunakan

instagram.com/kyfd_

Walau sesama berbahan udang, saeu-jeot pun terdiri dari aneka ragam yang dicirikan berdasarkan momen panen dan jenis udang yang digunakan. Ada gonjaengi jeot, ojeot, putjeot, saeual jeot, jahajeot, chajeot, dongbaekha, chujeot, yukjeot, tohajeot, dongjeot, jajeot, serta daetdaegi jeot.

Kendati demikian, saeu-jeot yang diolah dari jenis udang yang dipanen pada bulan Juni-lah yang umum dikenal dengan kualitas paling tinggi. Saeu-jeot ini bernama yukjeot. 

Baca Juga: Serba Enak, 10 Makanan Korea Selatan yang Bisa Jadi Hidangan Spesial

Verified Writer

Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya