TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Olahan Nasi Khas Uzbekistan yang Terkenal Lezat, Rasanya Unik!

Bumbunya nendang, rasanya lezat

tuy palovi (instagram.com/mouthwatering_ideas)

Olahan nasi di negara Uzbekistan sangatlah populer. Hal tersebut membuatnya memiliki banyak ragam makanan berupa olahan nasi. Makanan ini terbuat dari beragam bumbu pilihan yang rasanya nendang abis.

Hidangan ini juga mempunyai rasa yang sedap dengan aroma yang menggoda. Berikut lima olahan nasi khas Uzbekistan yang terkenal lezat. Rasanya unik!

1. Plov

plov (instagram.com/posylka.de)

Plov merupakan makanan nasional negara ini. Makanan ini sangatlah penting bagi sejarah, tradisi, dan budaya bangsa. Bahan dasar dalam pembuatannya adalah wortel berbumbu, bawang, dan daging yang ditumis dengan lemak.

Bahan tersebut dijadikan alas. Setelahnya lalu ditambahkan dengan nasi yang berlapis-lapis di atas bahan yang sebelumnya ditumis. Lalu di atasnya diberi dengan air dan semua semua bahan direbus sampai nasi benar-benar matang. 

Baca Juga: Bikin Nagih, 5 Kuliner Khas Uzbekistan yang Pas Dijadikan Menu Sarapan

2. Kovurma palov

kovurma palov (instagram.com/swethal_please_my_palate)

Kovurma palov merupakan olahan nasi yang terbuat dari campuran nasi, wortel, bawang, daging kambing atau sapi, garam, minyak, dan jintan.

Cara pembuatannya yaitu daging dipotong-potong, kemudian direndam dan dicampur dengan beragam bumbu seperti garam, merica, jinten, dan bawang bombay yang telah diiris tipis. Setelahnya ditambahkan dengan potongan wortel dan air. Lalu semua bahan dimasak hingga wortel menjadi empuk, dan nasi selanjutnya ditambahkan ke panci dengan lebih banyak air.

Olahan nasi ini dimasak dengan menggunakan api kecil hingga nasi menjadi matang merata.

3. Tuy palovi

tuy palovi (instagram.com/mouthwatering_ideas)

Tuy palovi merupakan olahan hidangan nasi tradisional yang terbuat dari campuran nasi, bawang, buncis, wortel, minyak, daging seperti domba atau ayam, kismis, ketumbar, kunyit, bawang putih, jintan, dan garam.

Dagingnya bewarna kecokelatan dalam minyak, lalu daging ditumis dengan bawang dan wortel. Kemudian air ditambahkan ke dalam panci bersamaan dengan bahan seperti buncis, bawang putih, kismis, dan rempah-rempah.

Setelahnya nasi ditambahkan, campuran bahan tersebut lalu direbus sampai nasi menjadi mengembang dan sisa bahan menjadi empuk.

4. Behili palov

behili palov (instagram.com/paul.schepilov)

Behili palov merupakan olahan nasi yang terbuat dari campuran nasi, daging kambing atau sapi, quince, wortel, bawang bombay, minyak, dan garam.

Pertama-tama, daging dipotong-potong dan dicokelatkan dalam minyak yang telah dicampur dengan wortel, bawang, dan quince. Setelahnya diberi bumbu seperti garam. Kemudian nasi dimasukkan ke dalam panci. Lalu campuran bahan-bahan tersebut ditutup dengan air dan direbus sampai nasi benar-benar matang sempurna.

Setelah semua proses selesai, olahan nasi ini diletakkan ke piring besar dan dihias dengan potongan quince.

Baca Juga: 5 Ide Olahan Jambalaya untuk Membuat Nasi Bumbu ala Louisiana

Verified Writer

Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya