TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Fakta Unik Susu Rendah Lemak, Jadi Buruan Para Pegiat Diet

Sehat sih, tapi jangan berlebihan juga ya

irishtimes.com

Seiring dengan permintaan masyarakat, olahan susu jadi semakin beragam dengan rasa yang bervariasi. Buat para pegiat diet, susu rendah lemak jadi jenis yang paling dicari. Susu ini dipercaya sangat baik bagi kamu yang pengin menurunkan berat badan. 

Tapi, benarkah demikian?

1. Apa itu susu rendah lemak?

usatoday.com

Susu rendah lemak sebenarnya sama saja dengan jenis lainnya. Perbedaannya bisa kamu lihat dari kandungan lemaknya. Biasanya kandungan lemak pada susu hanya satu persen saja.

Kandungan tersebut lebih rendah dibandingkan susu pada umumnya yang mengandung 3,25 persen lemak. Namun, kandungan lemaknya masih lebih besar daripada susu skim yang hanya 0,15 persen.

theodysseyonline.com

Dari segi proses pembuatannya, susu rendah lemak dibuat dengan cara sentrifugasi. Dengan metode ini, kandungan lemak pada susu bisa dipisahkan secara lebih spesifik. Setelah itu, susu dipasturisasi untuk disterilisasi sebelum menjalani proses pemindahan lemak yang terakhir kalinya.

Baca Juga: 7 Makanan & Minuman Ini Jadi Biasa Aja kalau Gak Pakai Susu, Setuju?

2. Sehat sih, tapi jangan berlebihan ya!

irishtimes.com

Secara umum, minum susu rendah lemak akan membantumu mencegah diabetes, mengurangi risiko penyakit stroke, menurunkan tekanan darah tinggi, dan menurunkan berat badan. Sayangnya, tidak ada makanan atau minuman sehat yang berdampak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Menurut sebuah penelitian Medical Journal of the American Academy of Neurology, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi susu rendah lemak tiga kali dalam sehari. Jika dilakukan kamu akan berisiko 34 persen lebih besar terkena penyakit parkinson.

perfectketo.com

Penyakit ini merupakan gangguan saraf yang bersifat berkelanjutan. Biasanya menyerang para lansia berusia di atas 50 tahun. Parkinson dimulai dengan tremor kecil di bagian tangan (otot terasa kaku), lalu semakin buruk hingga sulit bergerak dan bicara.

Meski demikian, jangan sampai takut minum susu rendah lemak. Susu ini memang direkomendasikan di dunia kesehatan, karena kandungan kolesterol dan lemaknya cukup rendah.

Baca Juga: 7 Fakta tentang Susu UHT untuk Kesehatan, Apakah Sesehat yang Murni?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya