TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Ragam Pisang Goreng di Indonesia Ini Cocok buat yang Suka Ngemil

Sama-sama digoreng, tapi beda sensasi!

pisang goroho (instagram.com/warunkbendito)

Pisang termasuk buah yang bisa dikreasikan menjadi olahan apa pun. Di era sekarang ini kamu bisa menjumpai pisang goreng yang dibalut topping manis dan orang menyebutnya nugget pisang.

Sebelum olahan pisang seperti itu booming, Indonesia ternyata punya ragam pisang goreng yang patut dijadikan sebagai camilan kala santai. Apakah kamu pernah mencicipinya?

1. Pisang goreng cakar 

pisang goreng cakar (instagram.com/ sagoestreetfood)

Pisang goreng cakar populer sekali di Banda Aceh karena irisan pada pisang jumlahnya cukup banyak. Penampilan pisang goreng ini seperti dicakar-cakar.

Karena bentuknya yang menjadi seperti dicakar itulah kuliner berbahan dasar pisang ini mendapatkan namanya. Sebelum digoreng, pisang dibalut dengan adonan tepung juga, lho. Makin kriuk, deh!

Baca Juga: 10 Pisang Goreng Tradisional Khas Indonesia, Sudah Cicipi Semua?

2. Godok pisang 

godok pisang (instagram.com/ caramellsa9)

Godok pisang adalah sejenis pisang goreng khas Minangkabau. Olahan pisang ini terbilang unik banget karena buah pisang dilembutkan terlebih dulu sebelum disatukan dengan bahan lainnya.

Cita rasanya menarik karena memadukan makanan ini memiliki rasa manis dan gurih yang berasal dari kelapa parut. Sementara itu, teksturnya lembut di dalam dan kering di luar.

3. Pempek pisang 

pempek pisang (instagram.com/yellyindy)

Pempek pisang merupakan makanan khas Palembang yang tak berbeda jauh dengan godok pisang. Pada makanan ini, pisang sama-sama dilembutka terlebih dahulu, barulah digoreng.

Bedanya pempek pisang dengan godok pisang adalah pempek pisang tidak menyertakan kelapa parut. Banyak orang yang mengenal pempek pisang dengan sebutan cokodok.

4. Pisang goroho 

pisang goroho (instagram.com/ leys__cake)

Untuk membuat makanan ini, sebelum digoreng, pisang direndam ke dalam air yang sudah dicampuri garam. Pisang goroho biasanya disajikan bersama sambal roa yang pedasnya justru bikin lidah nagih.

Pisang goreng satu ini populer sekali di Gorontalo dan Sulawesi Utara. Biasanya, makanan ini disantap sembari ditemani secangkir teh hangat.

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Pisang Goreng Kekinian, Mana yang Belum Kamu Coba?

Verified Writer

Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya