TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Tips Membuat Kremesan Bersarang dan Super Renyah, Gampang Bikinnya!

Gurih dan renyahnya bikin ketagihan

ilustrasi kremesan super renyah (instagram.com/kiranakrisma)

Bagi kamu yang sering makan di warung pecel lele pasti sudah tak asing lagi dengan kremesan di menu lele goreng dan ayam gorengnya, bukan? Rasa gurih dan tekstur renyahnya membuat kremesan begitu digemari. Bahkan bisa sampai bikin ketagihan. Pokoknya makan lele goreng atau ayam goreng kurang lengkap tanpa ada kremesan di sampingnya.

Mungkin kamu juga pernah mencoba membuat kremesan sendiri karena proses pembuatannya terlihat mudah. Tapi, sering kali hasilnya tak memuaskan lantaran tak seenak yang ada di warung pecel lele. Kini kamu tak perlu risau lagi sebab berikut tips membuat kremesan bersarang dan super renyah. Disimak sampai selesai, ya.

Baca Juga: Resep Bebek Goreng Kremes Anti Gagal, Nikmat dengan Sambal Korek 

1. Gunakan adonan tepung

ilustrasi kremesan super renyah (instagram.com/lestarisahidin)

Bahan utama yang kamu butuhkan untuk membuat tekstur kremesan super renyah adalah tepung kanji. Tapi jika tidak ada, menggunakan tepung sagu atau tepung beras juga tak jadi masalah. Perlu kamu ketahui bahwa pada proses pembuatan kremesan, tekstur renyah saja tak cukup untuk membuat cita rasanya menjadi enak.

Pastinya kamu juga membutuhkan bumbu-bumbu untuk membuat kremesan. Bumbu-bumbu tersebut terdiri dari bawang putih, kemiri, dan garam. Sangat sederhana, bukan? Meski begitu, semua bumbu tersebut bisa membuat cita rasa kremesan buatanmu semakin gurih. Jangan lupa tambahkan kunyit juga sebagai pewarna alami pada kremesan, ya.  

2. Gunakan kaldu ayam

ilustrasi kremesan super renyah (instagram.com/lina_dharmaputra)

Sebenarnya, penggunaan bumbu-bumbu seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya juga sudah bisa membuat cita rasa kremesan buatanmu enak. Tapi, tak ada salahnya jika kamu ingin membuat rasanya semakin nikmat hingga membuat siapa pun yang memakannya jadi ketagihan. Caranya yaitu dengan menambahkan kaldu ayam.

Saat mencairkan tepung, ganti air biasa dengan air kaldu ayam. Bahkan tak hanya semakin enak, kremesan buatanmu jadi seperti ada rasa ayamnya. Padahal kamu makan tanpa ayam, lho. Dan jika ingin lebih empuk lagi, tambahkan kuning telur pada adonan kremesan, ya.

Baca Juga: 5 Tips Masak Buntut Goreng Kremes dengan Sambal Balado, Dijamin Nagih

Verified Writer

Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya