TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Olahan Tradisional yang Dulu Sering Dikonsumsi Masyarakat Indonesia

Kira-kira sekarang masih mudah ditemukan gak ya?

pulosari.desakupemalang.id

Indonesia dikenal memiliki keberagaman olahan kuliner. Keberagaman tersebut kemudian terus berkembang dengan inovasi-inovasi yang ada. Namun, sebelum adanya inovasi, sudah tentu menu tradisional dululah yang ada. Lalu, menu-menu apa saja yang dulunya banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia? 

Untuk kamu yang penasaran apa saja menunya, berikut lima daftarnya. 

1. Pisang rebus

Youtube/mami laurenz

Olahan pisang rebus sebetulnya masih cukup sering dikonsumsi hingga masa kini. Meskipun sudah banyak aneka inovasi kuliner dengan berbagai tambahan bahan sebagai topping-nya, namun tetap saja eksistensi dari pisang rebus bagai tak lengkang oleh waktu. Dulunya, olahan ini adalah menu favorit dari masyarakat Indonesia pada saat mengobrol santai. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Orang Indonesia Gemar Mengonsumsi Makanan Pedas

2. Singkong dan ubi rebus

Youtube/DS Video

Hampir mirip dengan menu sebelumnya, untuk olahan ini juga sama-sama direbus. Namun, perbedaannya jelas terlihat sebab menu makanan ini banyak dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Sebagai sumber karbohidrat, tak heran bila masyarakat dahulu banyak yang mengonsumsinya. 

3. Tiwul

piknikdong.com

Olahan tiwul juga biasa dikenal dengan nama nasi tiwul. Menu ini merupakan pengganti nasi yang biasanya terbuat dari bahan singkong. Selain itu, pada menu tiwul juga berikan tambahan topping parutan kelapa. 

4. Nasi jagung

watyutink.com

Senada dengan nasi tiwul yang menjadi pengganti beras, olahan yang satu ini juga demikian. Menu ini sesuai namanya merupakan olahan yang terbuat dari jagung. Biasanya disantap bersama dengan aneka lauk layaknya menyantap nasi. 

Baca Juga: 10 Kuliner Korea Ini Mirip Makanan Indonesia, Ada Favoritmu? 

Verified Writer

Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya