TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Jitu Memilih Buah Naga yang Manis dan Matang, Catat!

Buah naga pun akan terasa segar saat disajikan nanti

ilustrasi buah naga (unsplash.com/@the_modern_life_mrs)

Buah naga menjadi salah satu buah favorit yang banyak dipilih oleh orang-orang. Hal ini karena memang buah naga memiliki cita rasa yang manis dan segar untuk dinikmati saat cuaca terik.

Memilih buah naga ternyata tidak selalu mudah, sebab banyak pula yang terkecoh dalam menentukan tingkat kematangannya. Kamu dapat memilih buah naga yang manis dan matang dengan beberapa tips berikut ini.

1. Warna kulitnya tampak merata dan cerah

ilustrasi buah naga (unsplash.com/@enginakyurt)

Warna dari buah naga tentu saja bisa menjadi salah satu ciri utama dalam menentukan tingkat kematangannya. Biasanya buah naga yang sudah matang akan berwarna merah magenta dan tampak lebih cerah. Selain itu, buah naga juga cenderung merasa dan menyeluruh, sehingga bukan hanya pada beberapa titik saja warna merahnya.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Buah Salak, Buah Lokal Asli Indonesia

2. Teksturnya lunak

ilustrasi buah naga (unsplash.com/@alschim)

Cukup mudah untuk mengenali buah naga yang matang melalui tekstur yang dimilikinya. Tekstur pada buah naga yang matang biasanya cenderung lebih lunak, yaitu tidak keras dan tidak perlu terlalu lembek. Jika memang dirasa buah naga sudah memiliki tekstur yang lunak, maka artinya buah ini sudah layak untuk dipanen.

3. Sisiknya tampak sedikit layu

ilustrasi buah naga (unsplash.com/@sholt680)

Buah naga memiliki ciri khas yang unik dengan sisik yang biasa ada pada sisi-sisi buahnya. Sisik pada buah naga ini sebetulnya bisa menentukan tingkat kematangan yang dimiliki, sebab biasanya buah naga yang matang memiliki sisik yang lebih layu dan lembut. Lain cerita apabila sisik buah naga tampak lebih kencang, sebab artinya buah ini belum matang.

4. Permukaannya bebas dari goresan atau lubang

ilustrasi buah naga (unsplash.com/@oliviacdesign)

Kamu tentu perlu cermat dalam menentukan apakah kondisi buah naga baik atau tidak, yaitu dengan memperhatikan permukaan kulitnya. Selalu pastikan bahwa buah naga bebas dari goresan atau pun lubang pada bagian permukaannya. Hal ini sekaligus menjadi tanda bahwa buah ini memiliki kualitas yang baik.

Verified Writer

TM

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya