Comscore Tracker

10 Jenis Buah Beri dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Selain bermanfaat, buah-buahan ini juga enak dikonsumsi

Banyak dari kita yang sudah tidak asing lagi dengan stroberi, bluberi, blackberry, dan rasberi. Buah-buahan tersebut merupakan beberapa contoh dari buah berry. Buah buni (bahasa Latin 'bacca', Ing. 'berry') dalam pengertian botani adalah buah berdaging yang terbentuk dari bakal buah tunggal.

Buah berry adalah tipe buah berdaging yang sangat umum ditemui dan dagingnya banyak yang dapat dimakan. Nah, selain keempat jenis buah berry yang telah disebutkan di atas, tahukah kalian bahwa ternyata masih banyak jenis buah berry yang tidak kalah bermanfaat? Untuk mengetahui lebih lanjut, ini dia sepuluh jenis buah berry dan manfaatnya untuk kesehatan.

1. Stroberi

10 Jenis Buah Beri dan Manfaatnya untuk Kesehatanilustrasi buah stroberi (jovee.id)

Buah yang jadi favorit banyak orang ini pertama kali ditemukan di Chili, Amerika Serikat. Buah dengan nama ilmiah Fragaria ini umumnya memiliki rasa yang manis, sedikit asam, dan berair. Buah ini sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung banyak manfaat untuk kesehatan.

Kaya akan vitamin C, stroberi dapat meingkatkan kekebalan tubuh. Stroberi juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas. Selain itu, stroberi juga dapat mencegah tekanan darah tinggi, meningkatkan fungsi otak, mengurangi risiko serangan jantung dan stroke, membantu mengurangi berat badan, dan menjaga kesehatan pencernaan. Meskipun pertama kali ditemukan di Amerika, saat ini buah stroberi sudah banyak dibudidayakan di berbagai negara, termasuk di Indonesia, sehingga mudah untuk dijumpai.

2. Blackberry

10 Jenis Buah Beri dan Manfaatnya untuk Kesehatanilustrasi blackberry (wallpaperflare.com)

Buah dari genus Rubus ini memiliki rasa perpaduan manis dan asam, serta memiliki rasa yang agak lebih pahit dan tajam dibandingkan buah rasberi dan bluberi. Satu cup blackberry mengandung sekitar 2 gram protein dan 8 gram serat.

Karena kaya akan serat, buah ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Blackberry juga kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh daan membantu melawan sel kanker.

Buah ini juga dapat membantu pembentukan tulang dan menjaga kesehatan mata. Selain itu, buah ini kaya akan senyawa tanin yang dapat membantu menyembuhkan luka. Buah ini sangat lezat untuk dimakan langsung, atau pun diolah menjadi selai, sirup, jus, serta berbagai macam olahan lainnya.

3. Bluberi

10 Jenis Buah Beri dan Manfaatnya untuk Kesehatanilustrasi bluberi (freepik.com/kitzcorner)

Buah yang memiliki rasa asam dan agak manis ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Sama seperti stroberi dan blackberry yang kaya akan vitamin C, bluberi bermanfaat untuk memelihara kesehatan kulit dan menjaga daya tahan tubuh. Vitamin C pada bluberi juga dapat berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan mencegah penuaan dini.

Selain kaya akan vitamin C, bluberi juga kaya akan vitamin K yang bermanfaat untuk mencegah perdarahan dan menjaga kesehatan tulang. Kandungan serat yang melimpah pada bluberi dapat membantu mencegah dan mengobati sembelit. Bluberi juga bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, dan peradangan. Bluberi cocok untuk dijadikan smoothie, es krim, selai, dan topping untuk panekuk.

Baca Juga: Resep Apple Berry Cinnamon Pie, Cita Rasa Manis untuk Kejutan Ultah

4. Rasberi

10 Jenis Buah Beri dan Manfaatnya untuk Kesehatanilustrasi rasberi (cbc.ca)

Memiliki bentuk yang mungil, buah ini ternyata kaya akan serat dan protein sehingga sangat cocok untuk jadi santapan kalian yang sedang menurunkan berat badan. Buah ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah karena memiliki kadar indeks glikemik yang rendah sehingga tidak akan menaikkan gula darah secara drastis ketika kamu mengonsumsinya.

Rasberi juga dapat membantu memelihara fungsi otak, kesehatan tulang dan sendi, serta kesehatan jantung. Selain itu, dengan kandungan antioksidannya rasberi dapat membantu kamu mendapatkan kullit sehat yang kamu idam-idamkan, serta mencegah kerusakan pada sel tubuh. Rasberi sendiri berasal dari Amerika Utara dan cocok tumbuh di area dengan iklim subtropis.

5. Cranberry

10 Jenis Buah Beri dan Manfaatnya untuk Kesehatanilustrasi cranberry (pixabay.com/Kristine Lejniece)

Jenis buah beri kelima adalah cranberry. Buah ini berasal dari bagian utara Amerika Serikat. Cranberry memiliki cita rasa asam dengan sedikit rasa manis.

Buah mungil berwarna merah ini terkenal dapat mencegah infeksi saluran kemih (ISK), baik pada anak-anak maupun wanita. Tingginya kadar proanthocyanidins dalam buah cranberry membantu menurunkan kemampuan bakteri untuk menempel pada dinding saluran kemih dan mencegah terjadinya infeksi.

6. Boysenberry

10 Jenis Buah Beri dan Manfaatnya untuk Kesehatanilustrasi boysenberry (pixabay.com/Cara Shelton)

Buah yang satu ini mungkin masih sangat asing di telinga masyarakat Indonesia. Hal ini karena buah ini jarang ditemui di Indonesia. Boysenberry merupakan buah hasil persilangan antara rasberi, blackberry, dan loganberry. Sama seperti jenis beri yang sudah disebutkan di atas, boysenberry juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Buah beri yang satu ini juga mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan risiko darah tinggi karena kelebihan sodium. Selain itu, vitamin B-kompleks dan folat yang terkandung dalam buah boysenberry merupakan nutrisi yang bermanfaat bagi ibu hamil. Buah ini dapat dimakan segar atau dibuat menjadi olahan lezat seperti olahan pai, jeli, atau cheesecake.

Baca Juga: 5 Manfaat Goji Berry untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bikin Awet Muda!

7. Lingonberry

10 Jenis Buah Beri dan Manfaatnya untuk Kesehatanilustrasi lingonberry (food-management.com)

Sama seperti buah beri pada umumnya, buah ini juga mengandung antioksidan yang tinggi dan juga flavonoids. Lingonberry baik untuk menurunkan kolesterol, mengurangi peradangan, dan mengontrol berat badan.

Selain itu, lingonberry juga baik untuk kesehatan jantung dan pencernaan. Buah yang memiliki cita rasa asam dan sedikit manis ini disinyalir berasal dari Finlandia. Buah ini sangat cocok untuk diolah menjadi selai.

8. Goji

10 Jenis Buah Beri dan Manfaatnya untuk Kesehatanilustrasi goji (mindbodygreen.com)

Datang dari benua Asia, goji mengandung banyak vitamin dan mineral, contohnya vitamin C, serat, besi, vitamin A, seng, dan antioksidan. Buah yang berasal dari dataran China ini memiliki cita rasa manis bercampur pahit ketika dimakan segar, tetapi rasa pahitnya akan berkurang apabila buah ini dikeringkan.

Buah ini juga dapat membantu meningkatkan mood dan kualitas tidur. Karena kaya akan nutrisi, goji beri telah digunakan dalam pengobatan tradisional China, Korea, Vietnam, dan Jepang, setidaknya sejak abad ketiga. Buah ini sangat cocok untuk dipadukan dengan yoghurt atau smoothie.

9. Black currant

10 Jenis Buah Beri dan Manfaatnya untuk Kesehatanilustrasi black currant (pixabay.com/Pezibear)

Buah dengan nama ilmiah Ribes nigrum ini terkenal dengan manfaatnya yang baik untuk meningkatkan fungsi ginjal, kesehatan mata, dan kekebalan tubuh. Buah ini juga kaya akan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti kalium, zat besi, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan masih banyak lagi.

Daun buah ini pun mengandung turunan quercetin. Qurcetin adalah senyawa aktif yang bersifat anti-peradangan dan antiseptik

Baca Juga: 8 Manfaat Maqui Berry untuk Kesehatan, Digolongkan Superfood!

10. Gooseberry

10 Jenis Buah Beri dan Manfaatnya untuk Kesehatanilustrasi gooseberry (pixabay.com/Bruno /Germany)

Gooseberry merupakan buah dengan nama latin Ribes uva-crispa. Karena rasanya, buah ini dapat disebut sebagai buah beriterasam di antara buah beri lainnya. Meskipun rasanya yang asam, buah ini sangat kaya akan serat, vitamin, dan antioxidan.

Di dalam sebuah studi berdurasi empat minggu, 68 pasien gastroesophageal reflux disease (GERD) diminta untuk mengonsumsi 1.000 miligram buah gooseberry dalam bentuk tablet. Studi tersebut mengungkapkan bahwa khasiat buah gooseberry dapat membantu meredakan gejala nyeri ulu hati dan muntah-muntah yang sering dirasakan penderita GERD. Biasanya, semakin gelap gooseberry, semakin tinggi kandungan antosianinnya.

Itulah sepuluh jenis buah beri yang kaya akan manfaat baik bagi kesehatan. Beberapa di antaranya mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, namun beberapa jenis lainnya masih sangat asing karena sulit untuk ditemui di Indonesia. Selain sepuluh jenis beri di atas, masih banyak jenis buah beri yang juga tak kalah manfaatnya.

Delilah Eleanor Photo Verified Writer Delilah Eleanor

an amateur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya