Comscore Tracker

Ketahui 5 Bagian Sapi yang Paling Sehat, Jangan Salah Pilih

Perhatikan juga cara mengolahnya #IDNTimesFood

Menurunkan berat badan atau menjalani diet sehat sering terasa berat dan kadang membosankan. Perlu kamu ingat bahwa diet yang sehat bukan berarti kamu harus meninggalkan setiap makanan lezat. Meskipun sedang diet, kamu tetap masih bisa makan daging sapi asalkan kamu pandai mengolahnya. Bahkan, jika dimakan dalam jumlah sedang, daging sapi dapat menjadi bagian dari diet sehat yang dirancang untuk membakar lemak dan meningkatkan massa otot.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi daging sapi adalah memilih potongan yang tepat. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa potongan daging sapi yang paling sehat dirangkum dari laman Eat This Not That dan Men's Health.

1. Hati

Ketahui 5 Bagian Sapi yang Paling Sehat, Jangan Salah Pilihilustrasi hati (freepik.com/jcomp)

Seratus gram hati sapi mengandung 23 gram protein dengan hanya 153 kalori dan 1 gram lemak jenuh. Oleh karena itu, hati sapi merupakan salah satu bagian sapi yang tersehat untuk dimakan.

Bagi beberapa orang, hati sapi mungkin terasa agak aneh, tapi ada cara untuk membuat hati sapi lebih ramah di lidah. Masak hati sapi dengan bawang dan panggang dengan kecap atau bumbu manis lainnya.

2. Eye of round

Ketahui 5 Bagian Sapi yang Paling Sehat, Jangan Salah Pilihilustrasi daging sapi (pixabay.com/mp1746)

Eye of round adalah bagian dari pantat sapi dan biasanya merupakan bagian dari potongan daging yang murah. Pinggul dan bokong penuh dengan otot yang digunakan untuk bekerja sehingga menghasilkan potongan yang rendah lemak dan keras. Terdapat 23 gram protein dalam porsi seratus gram potongan ini dengan hanya 131 kalori dan 1 gram lemak jenuh.

Bagian ini kurang disukai oleh beberapa orang karena teksturnya yang keras. Namun, dengan sedikit persiapan dan pendekatan yang benar, ini bisa menjadi makanan yang bukan hanya lezat, tapi juga sehat. Untuk membantu melunakkan daging dan meningkatkan rasa keseluruhan, kamu bisa merendam daging dengan jus lemon atau cuka.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Portugal Berbahan Daging yang Lezatnya Menggoda!

3. Top round

Ketahui 5 Bagian Sapi yang Paling Sehat, Jangan Salah Pilihilustrasi daging sapi (pixabay.com/Shutterbug75)

Top round adalah pilihan yang bagus ketika kamu ingin makan daging merah, tetapi masih ingin membuat pilihan yang cerdas dan sehat. Bagian ini tinggi protein dan hanya mengandung 4 gram lemak untuk sekitar 100 gram daging. Bagian ini juga memiliki aroma yang lebih baik dan cenderung lebih empuk daripada potongan daging sapi tanpa lemak lainnya. Jadi, kamu tidak perlu melakukan banyak persiapan untuk mengolahnya.

Top round adalah potongan besar yang terdiri dari otot-otot yang dilatih dengan baik dari kaki dan pantat sapi. Top round juga disebut sebagai inside round karena berasal dari bagian dalam kaki sapi. Potongan ini tidak hanya membantu kamu menjaga asupan lemak, tetapi juga membantu menurunkan tekanan darah bila dikonsumsi secara teratur.

4. Top sirloin

Ketahui 5 Bagian Sapi yang Paling Sehat, Jangan Salah Pilihilustrasi daging sapi (pixabay.com/Goumbik)

Top sirloin ialah potongan daging sapi dari primal loin atau subprimal sirloin. Bagian ini memiliki lebih sedikit lemak intramuskular yang membuatnya rendah kalori. Tiap 100 gram daging ini menawarkan 25 gram protein dan 1 gram lemak jenuh untuk 144 kalori.

Meskipun memiliki lemak yang sedikit, potongan ini juga dapat menghasilkan makanan yang lebih kenyal. Salah satu strategi yang baik, iris top sirloin menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Ini dapat memperpendek serat otot dalam daging sehingga bisa melembutkannya. Potongan sirloin atas sangat cocok untuk kebab atau hanya ditumis dengan jamur segar.

5. Chuck

Ketahui 5 Bagian Sapi yang Paling Sehat, Jangan Salah Pilihilustrasi daging sapi (pixabay.com/tomwieden)

Potongan chuck berasal dari area bahu sapi. Bagian ini memiliki aroma yang kuat.

Daging chuck khas hanya membawa 140 kalori per setiap 100 gram daging, 25 gram protein, dan 2 gram lemak jenuh. Bagian ini paling bagus untuk rebusan. Namun, ini juga cocok untuk saus pasta berbahan dasar daging.

Jadi, jika lain kali kamu ingin makan daging sapi, sebisa mungkin pilihlah daging sapi dari potongan di atas. Namun, perhatikan juga cara pengolahannya yang benar agar tidak menyebabkan daging jadi tidak sehat.

Baca Juga: Resep Tumis Daging Sapi dan Nasi Gurih Mentega untuk Menu Hari Ini

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya