5 Manfaat Roti Gandum Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui 

Cocok banget lho buat diet

Banyak orang menggemari roti. Karena selain lezat, roti juga bergizi dan praktis untuk disajikan sebagai menu sarapan di pagi hari yang. Nah, ternyata tak hanya roti tawar putih saja lho yang disukai banyak orang, namun kini roti gandum juga digemari banyak orang, karena membuat perut terasa kenyang lebih lama, dan juga lebih menyehatkan daripada roti tawar putih.

Selain itu, roti gandum juga lebih banyak mengandung serat dan nutrisi yang penting untuk tubuh, dibandingkan dengan roti tawar putih, mengapa? Karena roti gandum secara utuh memiliki tiga lapisan lengkap yaitu endosperma, dedak, dan benih, yang ketiganya merupakan nutrisi penting untuk tubuh. Berbeda dengan roti tawar putih yang membuang bagian dedak dan benih, sehingga nutrisi penting yang terkandung di dalamnya juga ikut hilang.

Selain bagus untuk diet, roti gandum juga masih memiliki banyak manfaat lainnya lho untuk kesehatan tubuh kamu. Penasaran apa saja manfaat dari roti gandum untuk kesehatanmu? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Mencegah penyakit jantung

5 Manfaat Roti Gandum Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui independent.co.uk

Sebuah penelitian menyatakan bahwa jika sering mengonsumsi roti gandum akan membuat kamu terhindar dari penyakit jantung. Hal tersebut bisa terjadi karena roti gandum memiliki kemampuan untuk menghapus akumulasi kolestrol yang ada pada arterimu. Selain itu, roti gandum juga dapat meminimalkan terjadinya penyakit kardiovaskular.

2. Meningkatkan kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini

5 Manfaat Roti Gandum Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui wallpapermemory.com

Kandungan vitamin B dan protein yang tinggi pada roti gandum dapat meningkatkan kesehatan kulit wajah. Selain itu, kandungan vitamin E yang tinggi yang ada dalam roti gandum dapat mencegah penuaan dini pada kulit, sehingga dapat mencegah munculnya kerutan, dan noda hitam di area wajah.

Baca Juga: 5 Resep Unik Olahan Roti Tawar, Dijamin Bikin Kamu Ketagihan

3. Menjaga kesehatan pencernaan

5 Manfaat Roti Gandum Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui healthline.com

Kandungan serat yang tinggi pada roti gandum dapat menjaga kesehatan pencernaan, dan menjaga usus agar terbebas dari kotoran dan juga racun. Jika kamu rutin mengonsumsi roti gandum, akan membuatmu terhindar dari berbagai macam penyakit pencernaan, salah satunya adalah dapat mencegah sembelit.

4. Mengatasi diabetes

5 Manfaat Roti Gandum Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui ama-assn.org

Kandungan indeks glikemik pada roti gandum lebih rendah dari indeks glikemik pada roti tawar putih, sehingga aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Selain itu, kandungan serat yang ada pada roti gandum dapat mengontrol lonjakan gula darah dalam tubuh.

5. Mengatasi depresi

5 Manfaat Roti Gandum Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui hellosehat.com

Ternyata rutin mengonsumsi roti gandum juga bisa lho mengatasi depresi, mengapa? Karena roti gandum dapat meningkatkan produksi hormon serotonin dalam otak, sehingga dapat mengurangi gejala depresi.

Meski roti gandum memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun juga jangan terlalu berlebihan mengonsumsinya, karena mengonsumsi roti gandum terlalu banyak dapat menyebabkan tingginya asupan sodium dalam tubuh.]

Baca Juga: Menggugah Selera, 6 Roti Ini Paling Khas dan Populer di Jepang

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Hope is dream that doesn't sleep'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You