Comscore Tracker

Sekaleng Susu Kental Manis Frisian Flag, Bisa Buat 8 Es Krim Ini

Yuk langsung praktik di rumah!

Susu kental manis adalah salah satu bahan yang tidak terpisahkan dari berbagai kuliner. Dari satu kaleng susu kental manis, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai kreasi mulai dari camilan, minuman dingin, minuman panas, hingga makanan gurih. Mulai dari membuat kopi Vietnam hingga membuat martabak. Namun untuk kali ini, susu kental manis akan digunakan dalam berbagai kreasi es krim mulai dari es krim biasa, gelato hingga berbagai es krim tradisional seperti kulfi dari India. Dengan cuaca di Indonesia yang hampir bisa dipastikan cerah sepanjang tahun membuat es krim menjadi keahlian yang patut untuk dikuasai.

1. Es Krim Dulce De Leche

Sekaleng Susu Kental Manis Frisian Flag, Bisa Buat 8 Es Krim IniBarefeetinthekitchen.com

Mengutip dari situs The Culture Trip, Dulce de leche adalah suguhan manis paling populer di Uruguay dan Argentina. Orang-orang menikmati dulce de leche untuk sarapan roti bakar, pancake atau waffle. Dulce de leche juga merupakan bahan utama dari banyak penganan seperti meringue dan bahkan es krim dulce de leche. Secara tradisional dulce de leche dibuat dengan campuran susu, gula, vanili dan tentunya kesabaran. 

Namun saat ini, dulce de leche bisa dibuat hanya dengan menggunakan susu kental manis bendera sebagai bahan dasar dulce de leche. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan susu kental manis Frisian Flag untuk mempersingkat waktu. Susu kental manis bendera bisa dibilang sudah setengah jalan menjadi dulce de leche. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah merebus susu kental manis bendera dalam panci berisi air di atas api rendah-sedang hingga teksturnya berubah menjadi lebih gelap dan tebal. Sajikan bersama es krim pilihan Anda. 

Apakah bisa menggunakan varian lain selain susu kental manis bendera dalam membuat dulce de leche? Tentu saja Anda bisa menggunakan berbagai varian lain dari susu kental manis bendera seperti krimer rasa cokelat, jahe atau cocopandan untuk membuat dulce de leche. 

2. Es Lilin

Sekaleng Susu Kental Manis Frisian Flag, Bisa Buat 8 Es Krim IniShutterstock/Jenifoto

Es lilin yang menggunakan buah-buahan  dicampur dengan krim yang dibekukan dapat menjadi es lilin yang terbaik. Gunakan susu kental manis Frisian Flag sebagai dasar dan buah-buahan pilihan Anda sebagai perasa alami. Untuk rasa cokelat, cocopandan dan jahe, Anda cukup menggunakan susu kental manis Frisian Flag. Namun, jika ingin rasanya lebih kuat, Anda dapat menambahkan essence cokelat, cocopandan dan jahe ke dalam adonan. 

Bahan:

  • Buah pilihan Anda 225g
  • Gula kastor 1 sdm
  • Susu kental manis Frisian Flag 200ml
  • Susu cair Frisian Flag 150ml

Cara Membuat

Panaskan oven hingga 200C. Potong buah dan aduk dengan gula di atas nampan oven yang dilapisi kertas roti. Panggang selama 15-20 menit sampai lunak dan berair. Masukkan buah yang sudah dipanggang ke dalam blender bersama dengan susu kental manis Frisian Flag. Tambahkan susu cair Frisian Flag dan campur sampai halus. Masukkan adonan ke cetakan es lilin dan bekukan semalaman.

3. Gelato Italia

Sekaleng Susu Kental Manis Frisian Flag, Bisa Buat 8 Es Krim IniShutterstock/Irena Mila

Untuk menyiapkan gelato buatan sendiri ini, Anda hanya perlu 250 gram susu kental Frisian Flag dan 500 gram krim segar. Takaran dapat disesuaikan dengan selera, tetapi disarankan untuk menggunakan rasio ini. Setiap gelato yang Anda buat membutuhkan satu porsi susu kental Frisian Flag dan dua porsi krim segar. Agar resep dapat sempurna, dinginkan susu kental manis Frisian Flag dan krim segar sebelum memulai proses pembuatan. 

Untuk membuatnya, masukkan krim segar ke dalam blender hingga menjadi krim kaku. Tuang susu kental manis Frisian Flag ke dalam mangkuk besar. Satukan krim bersama susu kental manis Frisian Flag dan aduk hingga menyatu. Bekukan dalam freezer semalaman dan sajikan.

4. Kulfi

Sekaleng Susu Kental Manis Frisian Flag, Bisa Buat 8 Es Krim IniShutterstock/StockImageFactory.com

Kulfi tergolong makanan pencuci mulut yang digemari di India. Kulfi diproses dengan menguapkan susu hingga kandungan airnya habis dan teksturnya hampir seperti karamel. Ketika volume berkurang dan campurannya mengental, proses selanjutnya didinginkan dan diberikan taburan kacang kapulaga, kunyit, atau pistachio. Campuran ini kemudian dibekukan di dalam wadah tanah liat yang tertutup rapat. Direndam dalam memaran es yang diberi garam dan diputar-putar hingga membeku. Proses ini membuat tekstur es lembut dan halus. Saat ini, Kulfi bisa menggunakan susu kental manis Frisian Flag dan krim kental sehingga prosesnya lebih cepat.

Bahan

  • Susu cair Frisian Flag 1 liter
  • Susu kental manis Frisian Flag 1 kaleng
  • Air mawar 1-2 sdm
  • Minyak sayur 1 sdt
  • Buah pilihan 300gram

Cara Membuat

  • Tuang susu cair Frisian Flag ke dalam panci besar. Didihkan perlahan di atas api sedang, aduk secara teratur sampai susu berkurang 3/4. Berhenti ketika susu sudah terasa tebal dan terasa seperti krim.
  • Saring susu melalui saringan halus ke dalam mangkuk berisi susu kental manis Frisian Flag. Dinginkan campuran ini.
  • Blender buah pilihan Anda dan saring hasilnya. Masukkan buah yang sudah disaring ke dalam campuran susu kental manis Frisian Flag. Tambahkan air mawar secukupnya dan aduk merata.
  • Oleskan sedikit minyak pada cetakan es krim dan tuang adonan campuran kulfi ke dalam cetakan. Bekukan selama 4-6 jam hingga padat.

5. Maíz Con Hielo

Sekaleng Susu Kental Manis Frisian Flag, Bisa Buat 8 Es Krim IniJunbelen.com

Di Filipina, mais con hielo adalah hidangan penutup tradisional terbuat dari es serut yang dilapisi dengan biji jagung dan susu kental manis bendera. Resep ini terinspirasi oleh hidangan yang disajikan di restoran milik chef kenamaan Filipina, Jonathan Dario Salvador.

Bahan

  • 4 tongkol jagung dan pisahkan biji dari tongkol hingga mencapai 2 1/2 gelas. Simpan juga cairan dari proses ini
  • 3/4 cangkir krim kental
  • 1/4 cangkir susu kental manis bendera
  • 1/4 cangkir susu evaporasi
  • 8 sendok makan gula pasir, dibagi
  • 1 3/4 sendok teh garam kasar, dibagi
  • 1/4 cangkir plus 2 sendok makan gula palem
  • Cornflakes (pelengkap sajian)

Cara membuat

  • Sisihkan 1 cangkir biji jagung untuk sirup. Masukkan biji yang tersisa dan cairan jagung blender hingga membentuk pasta halus. Saring hasil blender ke dalam mangkuk menggunakan kain.
  • Tambahkan krim, susu kental manis bendera, susu evaporasi, 2 sendok makan gula pasir, 3/4 sendok teh garam, dan 2 gelas air ke mangkuk berisi cairan jagung.
  • Campur susu kental manis bendera hingga menyatu sempurna dengan bahan lainnya.
  • Tuang campuran susu kental manis bendera yang sudah menyatu dengan bahan-bahan lainnya ke dalam loyang dan bekukan sekitar 30 menit.
  • Dengan menggunakan garpu, kikis adonan yang dibekukan setiap 30 menit sampai membentuk kristal es tebal, dingin, dan bersisik, sekitar 2 jam. Tutup rapat dan bekukan sampai siap digunakan. Kristal es ini disebut granita.
  • Siapkan saus dengan merebus gula palem, sisa gula pasir, sisa garam, dan 1 gelas air hingga mendidih dalam panci sedang di atas api sedang-tinggi. Aduk sesekali sampai sirup sedikit menebal tapi masih berair sekitar 10-15 menit.
  • Tambahkan 1 cangkir jagung, kurangi panas sampai sedang-rendah dan aduk sesekali sampai saus mengental sekitar 3 menit.
  • Dinginkan dalam wadah kedap udara sampai siap untuk disajikan.
  • Siapkan sirup dan jagung di gelas. Lapisi bagian atas dengan granita. Taburi dengan cornflakes.
  • Tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa resep es krim yang beredar di internet tidak menjadikan es krim yang Anda buat mempunyai tekstur selembut es krim yang biasa
  • Anda beli di toko. Atau kalau pun Anda menemukan resep membuat es krim yang hampir sama persis seperti yang dijual di toko, Anda harus menyediakan alat khusus untuk membuat teksturnya tidak mengkristal. 

Namun berkat susu kental manis bendera, Anda bisa membuat sendiri es krim kekinian di rumah. Tak perlu menggunakan ice cream maker karena Anda bisa membuatnya dari bahan-bahan sederhana dengan peralatan yang ada. Mengutip dari frisianflag.com di link https://www.frisianflag.com/milkpedia/kapan-dan-bagaimana-cara-minum-susu/resep-nikmat-susu-kental-manis-untuk-es-krim-kekinian-yang-hits, ada 3 resep praktis menggunakan susu kental manis bendera untuk es krim kekinian yang bisa Anda coba sendiri di rumah yaitu:

6. Es Krim Wafer Coklat

Sekaleng Susu Kental Manis Frisian Flag, Bisa Buat 8 Es Krim IniShutterstock/Bilanol

Es krim biskuit coklat yang pastinya punya citarasa lezat. Dan berita baiknya, Anda cukup bermodalkan wafer, susu kental manis Frisian Flag, air, tepung maizena dan susu cair. Tekstur yang dihasilkan dari perpaduan bahan-bahan ini tidak kalah dari es krim yang biasa Anda beli di toko atau bahan es krim artisan. Perpaduan crunchy dari wafer berpadu dengan lembutnya es krim dijamin membuat hari Anda lebih baik. 

Bahan

  • 10 bungkus Wafer coklat , hancurkan kasar
  • 500 ml susu cair
  • 120 gram Susu Kental Manis FrisianFlag
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 3 sendok makan air untuk melarutkan maizena

Cara Membuat

Siapkan wadah panci lalu campurkan air, susu kental manis Frisian Flag, dan tepung maizena lalu aduk hingga mendidih. Sisihkan hingga agak dingin lalu tambahkan potongan wafer coklat dan masukkan dalam cetakan es krim lollipop. Simpan dalam freezer hingga membeku.

7. Es Krim Biskuit Coklat

Sekaleng Susu Kental Manis Frisian Flag, Bisa Buat 8 Es Krim IniMyrecipes.com

Berikutnya ada resep es krim Biskuit Coklat yang sering dijumpai di kafe atau kedai es krim ternama. Es krim ini punya tekstur yang sangat legit dan creamy. Hal ini dikarenakan adanya krim dalam biskuit coklat dan susu kental manis nikmat yang ada di dalam campuran bahan pembuatnya.  Agar sajian es krim buatanmu lebih lezat lagi, gunakan Susu Kental Manis Frisian Flag. Untuk bahan-bahan lengkapnya Anda bisa gunakan bahan-bahan di bawah ini!

Bahan

  • 1 bungkus biskuit hancurkan lembut
  • 1 bungkus biskuit hancurkan kasar
  • 100 gram Susu Kental Manis Frisian Flag
  • 200 gram whipped cream
  • 100 ml susu cair dingin

Cara membuat

Campurkan biskuit coklat yang dihancurkan lembut dengan susu cair dingin, susu kental manis Frisian Flag, dan whipped cream dengan menggunakan mixer atau blender hingga teksturnya mengental dan kaku. Lalu masukan biskuit yang dihancurkan kasar dan tuang dalam cetakan. Dinginkan dalam kulkas hingga mengeras.

8. Es Krim Sandwich

Sekaleng Susu Kental Manis Frisian Flag, Bisa Buat 8 Es Krim IniShutterstock/Sokor Space

Terakhir ada es krim sandwich yang aslinya berasal dari Singapura. Sama seperti kedua resep praktis di atas, Anda cukup menggunakan beberapa bahan yang mudah ditemukan di pasar dan tentunya susu kental manis bendera untuk menghasilkan es krim lezat dan creamy. 

Bahan

  • 500 ml susu cair
  • 3 kuning telur
  • 120 ml susu kental manis bendera
  • 300 gram whipped cream
  • Garam secukupnya
  • Roti tawar

Cara membuatnya

Untuk cara membuatnya, campurkan susu cair, kuning telur, Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag Bendera Kental Manis, dan garam dan masak hingga mendidih. Lalu angkat dan dinginkan lalu campur dengan whipped cream hingga merata dan dinginkan dalam kulkas. Untuk penyajiannya, letakkan es krim di atas roti tawar dan tangkup dengan roti tawar lagi sehingga menyerupai sandwich.

Salah satu keuntungan menggunakan susu kental manis bendera adalah variannya yang bervariasi. Selain menggunakan susu kental manis bendera atau Frisian Flag variasi Gold, Anda juga bisa menggunakan variasi cokelat, cocopandan dan juga jahe. Untuk rasa lain seperti mint atau buah-buahan, Anda bisa tetap menggunakan susu kental manis bendera variasi Gold dan menambahkan ekstrak atau perasa lainnya.

Nah, itu tadi beberapa resep es krim yang bisa kamu buat dengan menggunakan susu kental manis Frisian Flag. Selamat mencoba di rumah! 

yummy-banner

Topic:

  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya