Comscore Tracker

5 Hidangan Souvlaki yang Bikin Makan Daging Terasa Berbeda

Santapan Yunani ini bisa dikreasikan dengan berbagai gaya

Yunani tidak cuma terkenal akan camilan keju yang memiliki rasa khas dan menggugah selera. Sebab, tempat ini pun memiliki aneka kudapan berbahan baku daging-dagingan yang tidak bisa dilewatkan.

Salah satu makanan tersebut dikenal dengan nama souvlaki. Hidangan ini pada dasarnya adalah daging babi yang dimasak dalam tusukan besi panjang secara horizontal. Kini, ada pula olahan souvlaki dari daging sapi dan domba.

Pensaran seperti apa kreasi souvlaki yang sering disantap bersama saus tzatziki yang terbuat dari yoghurt dan timun tersebut, simak 5 hidangannya berikut ini.

1. Lamb souvlaki with tzatziki

5 Hidangan Souvlaki yang Bikin Makan Daging Terasa Berbedailustrasi lamb souvlaki with tzatziki (pixabay.com/Pexels)

Bagi kamu yang terbiasa mengolah domba dengan cara dibakar, maka kreasi lamb souvlaki ini dapat dijadikan inspirasi untuk memasak daging tersebut. Bahan marinasi terdiri dari air lemon, garam, lada, bawang putih dan bombai, serta bubuk cabai.

Diamkan daging semalaman di dalam lemari pendingin, kemudian susun menggunakan tusukan besi ataupun bambu. Masak beberapa saat, lalu sajikan bersama saus tzatziki yang terbuat dari mentimun, yoghurt, dan bawang putih.

2. Souvlaki nachos 

5 Hidangan Souvlaki yang Bikin Makan Daging Terasa Berbedailustrasi souvlaki nachos style (unsplash.com/Clyde Gravenberch)

Sebagai salah satu hidangan yang fleksibel, nacho kerap menghadirkan aneka komponen tambahan untuk meramaikan santapan. Salah satunya dengan memasukkan olahan daging souvlaki ke dalamnya.

Nacho sendiri merupakan makanan populer dari tortilla chips yang disantap bersama saus khusus. Nah, kini kamu dapat melepaskan daging souvlaki yang telah dimasak dari tusukannya ke dalam nacho, lalu sajikan bersama feta cheese dan greek yogurt.

Baca Juga: 8 Fakta Unik Souvlaki, Makanan Tradisional Terenak Asal Yunani

3. Chicken souvlaki pitas

5 Hidangan Souvlaki yang Bikin Makan Daging Terasa Berbedailustrasi chicken souvlaki pitas (unsplash.com/Sandie Clarke)

Souvlaki tetap bisa diolah meskipun dengan menggunakan daging ayam. Rasa yang dihasilkan pun tidak kalah sedap dari daging lain dan cocok untuk disantap dalam flatbread seperti roti pita.

Untuk membuat souvlaki ayam, kamu dapat menggunakan dada yang dimarinasi menggunakan minyak zaitun, air lemon, bawang-bawangan, garam, lada, serta oregano dan peterseli.

Begitu daging selesai dimasak, susun arugula dan irisan tomat di dalam roti. Sisipkan souvlaki dan lengkapi menggunakan saus tzatziki sebelum disantap.

4. Souvlaki pot pie

5 Hidangan Souvlaki yang Bikin Makan Daging Terasa Berbedailustrasi souvlaki pot pie (pixabay.com/Steve Buissinne)

Souvlaki dapat dijadikan santapan unik dan berbeda dengan bantuan kulit pastri, lho. Hidangan tersebut akan menjadi souvlaki pot pie yang pas untuk disajikan sebagai menu makan malam. 

Perbedaan dalam sajian ini dengan pot pie biasa tidak cuma terletak pada pengolahan daging. Bahan pengentalan bukan menggunakan krim, melainkan yoghurt dan sedikit tepung.

5. Beef souvlaki skewers

5 Hidangan Souvlaki yang Bikin Makan Daging Terasa Berbedailustrasi beef souvlaki skewers (pixabay.com/Jeff Velis)

Bila tidak bisa mengonsumsi daging domba sebagai souvlaki, maka alternatif lain yang dapat digunakan adalah dengan daging sapi. Pilih bagian sirloin dan marinasi bersama air lemon, minyak zaitun, garam, lada, oregano, serta bawang-bawangan.

Setelah didiamkan beberapa jam atau semalaman, tusuk daging selang seling menggunakan irisan paprika, serta bawang bombai. Dengan begini, hidangan pun akan terasa lebih wangi ketika selesai di-grill.

Souvlaki dapat dijadikan ide terbaik untuk menghidangkan makanan berbahan baku daging. Terlebih hidangan tersebut acap kali disajikan bersama saus yoghurt yang membuatnya jadi menarik untuk segera dicicipi.

Baca Juga: 5 Hidangan Lezat dengan Saus Tzatziki Khas Yunani, Menggugah Selera!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya