Comscore Tracker

5 Cara Sederhana untuk Melelehkan Cokelat Batang, Anti Ribet!

Banyak alat dapur yang bisa dimanfaatkan lho

Membuat aneka hidangan berbahan dasar cokelat memang seru dilakukan sendiri, terutama jika hidangan tersebut adalah makanan favorit kamu maupun keluarga. Tetapi ada saja tahap di mana proses pembuatan makanan ini terasa kurang maksimal karena memerlukan waktu yang lama untuk bisa menghasilkan adonan yang tepat.

Salah satu langkah yang harus dilalui dalam proses pembuatan berbagai hidangan tersebut adalah melelehkan cokelat. Biasanya memerlukan waktu yang cukup panjang untuk bisa membuat bahan tersebut mencair dengan sempurna. Namun kini kamu bisa menggunakan lima alternatif cara untuk mempersingkat pelelehan tersebut.

Simak macam-macam metodenya di bawah ini, supaya kamu bisa melelehkan cokelat dengan cantik dan tentu saja tidak ribet.

1. Double boiler 

5 Cara Sederhana untuk Melelehkan Cokelat Batang, Anti Ribet!ilustrasi double broiler (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Cara satu ini merupakan metode populer yang paling sering digunakan untuk melelehkan cokelat dalam waktu singkat. Sebutan double broiler mereferensikan alat-alat yang digunakan, di mana ada dua panci atau wadah yang dipakai sebagai pendukung.

Pada proses pelelehan cokelat menggunakan teknik double broiler, sumber panas yang berasal dari rebusan air akan digunakan untuk melarutkan bahan-bahan yang ada di panci satunya, yaitu coklat-coklat berbentuk batangan. Ini akan menjaga suhu panas tetap stabil dan semua bahan bisa meleleh dengan baik.

Biasanya teknik ini dilakukan dengan menyiapkan panci berisikan air. Setelah itu kamu bisa menaruh panci atau wadah kedua di atasnya. Nanti panasnya akan sampai pada panci kedua yang berisikan potongan-potongan cokelat.

2. Gunakan microwave 

5 Cara Sederhana untuk Melelehkan Cokelat Batang, Anti Ribet!ilustrasi microwave (pexels.com/Liliana Drew)

Cara berikutnya yang juga tidak kalah simpel dan bisa mempersingkat waktu untuk melelehkan cokelat dilakukan menggunakan alat bantu berupa microwave. Diketahui, benda ini kerap kali dipakai untuk menghangatkan beberapa jenis makanan secara singkat.

Suhu panas yang ada di dalam microwave akan membantu bahan-bahan tertentu meleleh dengan maksimal. Oleh karena itu banyak para pegiat kuliner yang senang memasak akan menggunakan microwave untuk membuat cokelat cepat meleleh.

Biasanya batang-batang cokelat yang sudah dipotong bisa dimasukkan ke dalam wadah anti panas yang masuk ke dalam microwave. Berikutnya, waktu pemanasan bisa di-setting secara singkat setidaknya 20 detik supaya cokelat bisa meleleh sempurna.

Baca Juga: Resep Brownies Cokelat Kukus Lembut, Pecinta Cokelat Wajib Coba!

3. Rendam di air panas 

5 Cara Sederhana untuk Melelehkan Cokelat Batang, Anti Ribet!ilustrasi cokelat leleh (pexels.com/Monstera)

Teknik sederhana lainnya juga bisa dilakukan dengan merendam panci atau wadah berisikan cokelat di air panas tanpa melibatkan kompor. Kegiatan ini cenderung lebih sederhana dan sangat membantu untuk melelehkan coklat dalam waktu singkat.

Pada proses melelehkan cokelat menggunakan metode ini, kamu memerlukan dua alat utama. Pertama adalah wadah besar yang diisi menggunakan air panas. Kedua kamu bisa mengambil wadah lain untuk menaruh cokelat sambil diaduk-aduk hingga bahan tersebut meleleh.

Hanya saja metode ini lebih cocok digunakan jika cokelat yang hendak dilelehkan lebih sedikit. Sebab jika cokelat berjumlah banyak, khawatir bahwa air yang digunakan untuk merendam tidak cukup bertahan lama sehingga cokelat tidak meleleh secara merata.

4. Pakai temperatur terendah oven  

5 Cara Sederhana untuk Melelehkan Cokelat Batang, Anti Ribet!ilustrasi oven yang terbuka (pexels.com/cottonbro)

Metode yang satu ini bisa dipraktikkan dengan mudah ketika kamu hendak membuat kue cokelat yang dipanggang. Itu karena cokelat dapat dilelehkan menggunakan bantuan dari oven sehingga cenderung lebih praktis dan hasilnya tetap maksimal.

Namun untuk bisa menghasilkan cokelat leleh yang sempurna, kamu harus memperhatikan suhu oven yang digunakan di mana setidaknya panas yang dipakai harus rendah dan hindari suhu terlalu tinggi.

Hal itu karena cokelat rentan berubah gosong dan bisa merusak rasa maupun aromanya. Jadi, kamu bisa memotong-motong batang cokelat lalu masukkan ke dalam wadah aman oven, lalu dipanggang di suhu yang paling rendah selama beberapa saat.

5. Masukkan ke dalam crock pot

5 Cara Sederhana untuk Melelehkan Cokelat Batang, Anti Ribet!ilustrasi crock pot (pixabay.com/Beverly Buckley)

Kalau kamu memiliki alat masak praktis seperti crockpot, maka alat tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk membuat cokelat meleleh secara singkat. Alat ini akan menghantarkan panas dari bawah supaya bisa sampai ke permukaan dengan maksimal.

Cara melelehkan cokelat menggunakan crockpot bisa dilakukan dengan menuangkan air panas di bagian dalam wadah. Setelah itu atur suhunya serendah mungkin, lalu buat penyekat di atas untuk menaruh panci atau wadah berisikan cokelat batang.

Dalam waktu singkat, cokelat batangan tersebut bisa meleleh secara merata. Berikutnya, kamu bisa mengangkat panci dari crockpot dan cokelat bisa segera digunakan untuk berbagai olahan yang sedang dibuat.

Melelehkan cokelat ternyata bisa dilakukan dengan berbagai macam metode, termasuk menggunakan lima metode di atas. Seluruh cara tersebut perlu diperhatikan secara seksama supaya cokelat meleleh dengan baik dan proses pengolahan hidangan bisa dilanjut lebih cepat.

Baca Juga: Cara Bikin Muffin Cokelat Seenak Toko Roti, Catat dengan Teliti!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya