Comscore Tracker

5 Cara Unik Menikmati Natto, Bisa Dimakan Bareng Roti!

Natto adalah makanan fermentasi yang menyehatkan

Natto adalah makanan fermentasi yang berasal dari Jepang. Manfaat mengonsumsi makanan yang berasal dari kacang kedelai ini sangat kaya, terutama untuk menjaga kesehatan organ pencernaan.

Rasa natto cenderung tajam, ada aroma khas dan sensasi asin yang membuat orang-orang penasaran mencicipinya. Namun selain dimakan langsung, natto juga dapat dikonsumsi dengan berbagai cara bersama aneka hidangan utama.

Lima cara tersebut sudah dirangkum di sini supaya kamu bisa mengeksplorasi teknik terbaik dalam menikmati penganan asal Negeri Sakura tersebut.

1. Dimakan bersama nasi

5 Cara Unik Menikmati Natto, Bisa Dimakan Bareng Roti!ilustrasi natto dan nasi (pixabay.com/魔理沙)

Cara menikmati natto yang paling umum bisa dilakukan dengan disantap bersama nasi. Teknik ini sangat populer di Jepang dan biasanya disajikan ketika waktu sarapan telah tiba. Selain mengenyangkan, tentu manfaatnya pun bisa didapatkan bagi kesehatan tubuh.

Tidak ada cara khusus untuk membuat kombinasi ini. Kamu tinggal menyiapkan semangkuk nasi dan meletakkan natto yang sudah dibumbui sebagai topping. Bila ingin lebih enak, bisa pula dimasukkan telur dan furikake.

2. Dibuat menjadi toping roti panggang

5 Cara Unik Menikmati Natto, Bisa Dimakan Bareng Roti!ilustrasi natto di atas roti (pixabay.com/Hui Ong)

Kreasi yang satu ini terbilang unik dan patut dicicipi jika kamu penasaran dengan roti panggang berbeda. Itu karena kombinasi toping yang digunakan melibatkan natto sehingga akan membuat penganan ini terasa lebih spesial saat dimakan.

Banyak kreasi sederhana yang memadukan antara natto dan roti, namun versi paling populer dilakukan dengan menambahkan telur sebagai isiannya lalu dipanggang sampai matang. Gimana, kamu tertarik menyantap hidangan ini?

Baca Juga: 5 Kreasi Natto dengan Cita Rasa Lokal, Lezatnya Bikin Lidah Auto Salto

3. Disantap bersama tofu

5 Cara Unik Menikmati Natto, Bisa Dimakan Bareng Roti!ilustrasi tofu dengan daun bawang (pexels.com/makafood)

Masakan Jepang biasanya didominasi oleh bahan baku dari tofu alias tahu sutra. Berbagai menu populer dari Negeri Sakura hampir tidak dapat dipisahkan dari bahan masak berbahan kedelai ini, bahkan kamu bisa menikmatinya bersama natto.

Perpaduan antara lembutnya tahu sutra dan natto mampu memberikan pengalaman lain saat menikmati makanan ala Jepang. Selain itu, bumbu perasanya sering ditambah memakai jahe, bawang bombai, dan kecap asin yang membuatnya makin aromatik.

4. Dijadikan isian sushi

5 Cara Unik Menikmati Natto, Bisa Dimakan Bareng Roti!ilustrasi sushi (pixabay.com/pasqualeschiavoneph)

Masih berkaitan dengan nasi, kali ini cara menikmati natto cenderung tidak seterbuka beberapa makanan sebelumnya. Itu karena natto akan dijadikan isian sushi sehingga tidak tampak begitu jelas penampilannya, kecuali saat dipotong-potong.

Sushi adalah makanan paling populer dari Jepang yang kerap diisi menggunakan aneka bahan, ada sayuran, daging, serta tambahan saus. Oleh karena itu, kombinasi antara natto dan sushi ini sangat unik dan patut dicoba.

5. Dimakan bersama mi

5 Cara Unik Menikmati Natto, Bisa Dimakan Bareng Roti!ilustrasi sepiring mi (pixabay.com/Hans)

Kombinasi berikutnya yang bisa dijadikan cara andalan untuk menikmati natto adalah dengan disantap bersama mi. Makanan kenyal yang sangat disukai di berbagai negara, termasuk di Jepang ini bisa memberi rasa kenyang dan mudah diolah.

Siapa sangka, rupanya makanan ini juga cocok-cocok saja saat disantap bersama natto. Jenis mi yang kerap dicampur bersama biasanya adalah udon, spageti, mi instan, dan shirataki.

Natto adalah makanan kaya manfaat dan unik karena rasanya cenderung kuat dan aromanya cukup intens. Selain dimakan langsung, kamu bisa berkreasi dengan lima hidangan di atas untuk menghasilkan perpaduan natto yang lebih menarik.

Baca Juga: 9 Makanan Jepang dengan Imbuhan Kata “Yaki” Paling Enak dan Populer

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya