Comscore Tracker

5 Kreasi dari Kekian, Makanan Berbalut Kulit yang Yummy Maksimal

Bisa disantap dengan isian daging atau sayuran, nih!

Kekian merupakan salah satu sajian yang populer dalam tradisi masakan cina. Makanan ini dulunya dibentuk menggunakan lemak babi dan dibungkus memakai bantuan kulit tahu.

Namun begitu, kamu tidak perlu khawatir sebab kini terdapat inovasi yang lebih friendly untuk membuat sajian ini jadi lebih mudah diterima oleh berbagai kalangan.

Macam-macam olahan kekian tersebut tertuang di dalam lima sajian berikut ini. Yuk coba cek satu-satu, siapa tahu bisa menjadi santapan favorit di meja makan kamu!

1. Kekian ayam udang 

5 Kreasi dari Kekian, Makanan Berbalut Kulit yang Yummy Maksimalilustrasi kekian ayam udang (pixabay.com/Bernadette Wurzinger)

Kombinasi kekian pertama yang tidak dapat dilewatkan adalah hasil gabungan antara daging ayam dan udang. Maka tidak heran kalau makanan ini mempunyai cita rasa yang sangat gurih dan cocok untuk dijadikan menu pengganti hidangan utama.

Bahan yang digunakan dalam proses pembuatan isian dari kekian, selain dua daging di atas adalah penggunaan tepung sagu, bumbu penyedap, wortel, sampai penggunaan telur, agar isian yang dimasukkan ke kulit tahu menjadi lebih padat. Setelah itu tinggal kukus, deh.

2. Mi goreng kekian 

5 Kreasi dari Kekian, Makanan Berbalut Kulit yang Yummy Maksimalilustrasi mi goreng kekian (pixabay.com/Hsu Myat Oo)

Kalau hidangan yang satu ini merupakan salah satu cara menyajikan kekian agar terasa lebih menarik dan mengenyangkan. Terlebih karena bahan masakan tersebut juga begitu terkenal karena mampu dikombinasikan bareng mi goreng.

Namun begitu, sebaiknya olahan yang digunakan adalah mi goreng yang dimasak sendiri, bukan mi instan, ya. Kemudian siapkan bahan-bahan yang terdiri dari bumbu halus, sayur mayur, kaldu, dan kecap. Masak seluruh adonan hingga matang, lalu sajikan.

Baca Juga: 6 Tips Bikin Udang Goreng Rambutan ala Mie Gacoan, Krispi Banget! 

3. Capcay kekian 

5 Kreasi dari Kekian, Makanan Berbalut Kulit yang Yummy Maksimalilustrasi capcay kekian (pixabay.com/Jason Goh)

Capcay sudah menjadi salah satu lauk makan yang paling disukai untuk dinikmati bersama nasi hangat dan hidangan pendamping lainnya. Isian dari makanan tersebut tidak cuma terdiri dari sayuran, melainkan selalu ditambah menggunakan bakso atau daging.

Walaupun sajian ini sudah lama menghiasi dunia kuliner, termasuk di Indonesia, namun variasi capcay juga selalu berkembang. Salah satunya bisa kamu kombinasikan bersama kekian. Sehingga rasa dari capcay semakin umami dan isiannya bertambah ramai.

4. Kekian telur 

5 Kreasi dari Kekian, Makanan Berbalut Kulit yang Yummy Maksimalilustrasi kekian telur (pixabay.com/Алла)

Kalau hidangan yang satu ini termasuk ke dalam kreasi kekian ekonomis, namun tetap lezat dan bisa diminati sebagai camilan praktis. Hidangan tersebut dibuat menggunakan campuran telur sehingga rasanya menjadi semakin variatif untuk dicicipi.

Pengolahannya sangat sederhana karena kamu hanya memerlukan campuran dari telur, tepung terigu, bumbu perasa, bawang putih, dan sayur. Kemudian kukus adonan selama beberapa saat dan bisa digoreng kembali untuk menghasilkan kekian yang lebih renyah. 

5. Kekian wortel

5 Kreasi dari Kekian, Makanan Berbalut Kulit yang Yummy Maksimalilustrasi kekian wortel (pixabay.com/pasita wanseng)

Masih menjadi varian kekian ekonomis, kali ini makanan tersebut mampu diubah menjadi lebih nikmat karena bantuan dari sayur sehat, wortel. Bahkan adonan yang digunakan tidak memerlukan kulit tahu, karena bisa dibuat memakai adonan tepung terigu.

Proses pembuatannya hampir mirip dengan kekian sebelumnya. Namun kamu perlu menyertakan tepung, telur, daun bawang, dan aneka perasa untuk mendapatkan hasil maksimal. Setelah itu, kamu dapat langsung menggorengnya agar lebih cepat disantap.

Kekian menjadi salah satu hidangan yang menarik untuk dicicipi. Bahkan olahan tersebut telah bertransformasi menjadi sangat unik karena bahan-bahan yang digunakan sangat direkomendasikan demi menikmati hasil makanan yang berbeda.

Baca Juga: Resep Ote-ote, Bakwan Isi Udang Khas Sidoarjo yang Enak Pol!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya