Comscore Tracker

5 Kreasi Olahan Buncis Kekinian, Tambah Nafsu Makan Saat Santap Sayur

Bisa dimasak bareng keju lho!

Buncis merupakan salah satu sayur favorit di Tanah Air dengan bentuk tidak terlalu panjang dan berwarna hijau. Makanan yang memiliki sensasi rasa manis tersebut umumnya dijadikan tumisan ataupun pelengkap sayur, lengkap dengan kulit-kulitnya.

Nah, berikut ini terdapat lima cara mengolah sayur buncis dengan cara-cara kekinian dan populer supaya kamu atau orang terdekat makin rajin makan sayur. Seperti apa olahan yang dimaksud?

1. Buncis balut daging

5 Kreasi Olahan Buncis Kekinian, Tambah Nafsu Makan  Saat Santap Sayurilustrasi buncis balut daging (delish.com/Parker Feierbach)

Hidangan sayur berbalut lembaran daging memang tengah naik daun belakangan ini. Bukan saja karena rasa yang enak, pun penampilan atas makanan tersebut menjadi kian menarik ketika disajikan.

Jika biasanya olahan berbalut lembaran daging ini populer dengan penggunaan jamur enoki, khususnya di kawasan Korea Selatan, maka kali ini kamu bisa mengganti komponen tersebut menggunakan buncis.

2. Buncis jamur casserole

5 Kreasi Olahan Buncis Kekinian, Tambah Nafsu Makan  Saat Santap Sayurilustrasi buncis jamur casserole (foodnetwork.com/Ree Drummond)

Casserole merupakan salah satu teknik memasak yang umum digunakan dengan cara menyiapkan wadah anti panas persegi panjang dan memanggang semua komponen yang ada di dalamnya.

Buncis sendiri bisa dinikmati dengan cara yang sama, dibarengi penggunaan sup jamur dan bawang goreng supaya makin nikmat.

Untuk menciptakan buncis casserole yang lebih enak serta berbumbu, kamu bisa memasak sayur hijau tersebut sebentar terlebih dahulu di wajan terpisah.

Baca Juga: Resep Buncis Keju Crispy yang Bikin Mulut Gak Berhenti Ngunyah

3. Buncis keju

5 Kreasi Olahan Buncis Kekinian, Tambah Nafsu Makan  Saat Santap Sayurilustrasi buncis keju (delish.com/Jon Boulton)

Siapa bilang buncis hanya bisa dimasak sendiri tanpa melibatkan komponen populer lain untuk menciptakan rasa yang lebih enak? Sebab berikut ini buncis dapat dimasak bersama keju, sehingga gurih dalam makanan lebih jelas terasa.

Buncis dapat dimasak melalui proses tumisan atau dipanggang. Setelah itu barulah sisipkan keju kesukaan, seperti cheddar atau mozzarella, tergantung bagaimana hasil akhir yang kamu inginkan.

4. Tumis daging dan buncis

5 Kreasi Olahan Buncis Kekinian, Tambah Nafsu Makan  Saat Santap Sayurilustrasi tumis daging dan buncis (unsplash.com/Jacques Bopp)

Mengolah tumis daging cincang memang merupakan cara sederhana yang sering dilakukan bila hendak memperbanyak konsumsi sayur pada anak-anak hingga orang dewasa. Beberapa di antaranya adalah kol, brokoli, hingga paprika.

Namun untuk memudahkan penemuan alternatif komponen tersebut baik itu di warung atau di pasar, kamu bisa menggunakan buncis yang telah dipotong-potong sebagai teman daging yang gurih dan menggugah selera.

5. Salad sayur buncis

5 Kreasi Olahan Buncis Kekinian, Tambah Nafsu Makan  Saat Santap Sayurilustrasi salad buncis (unsplash.com/Joyce)

Siapa bilang menikmati salad hanya bisa dengan sayur-mayur mahal serta isian mewah. Jangan salah lho, salad dari buncis pun tidak kalah nikmatnya dengan aneka salad kekinian yang ada di pasaran.

Untuk meramaikan komponen dan rasa, kamu bisa menggunakan tambahan seperti jagung pipil, telur rebus, hingga kentang mini. Sementara buncis bisa dimasak terlebih dahulu dengan cara dikukus atau dipanggang.

Nah, itu dia kelima cara seru dalam mengolah buncis menjadi olahan nikmat dan kekinian untuk menumbuhkan keinginan memakan sayur lebih seimbang sehari-harinya. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Sajian Sehat Berbahan Buncis, Mana yang Jadi Favoritmu?

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya