Comscore Tracker

5 Tepung Pelapis Gorengan yang Bikin Tahu Goreng Makin Crispy

Ada bahan baku dari terigu sampai tepung beras!

Bikin tahu goreng yang crispy dan lembut di bagian dalam bisa dilakukan dengan bermacam-macam cara. Bahan pelapis yang dipilih juga dapat menentukan seberapa awet makanan tersebut setelah digoreng.

Bagi kamu yang sedang mencari lapisan yang bikin tahu goreng makin yahud, maka lima komponen berikut patut diketahui.

1. Tepung terigu

5 Tepung Pelapis Gorengan yang Bikin Tahu Goreng Makin Crispyilustrasi bahan tepung terigu (pexels.com/Nicole Michalou)

Tepung terigu adalah bahan ekonomis dan serbaguna yang bisa digunakan untuk membuat lapisan crispy pada masakan. Tentunya bahan ini sangat mudah ditemui di sekitar kita namun perlu diracik dari awal supaya rasa dan hasil akhirnya menjadi lebih sempurna.

Untuk menghasilkan tahu crispy berbalut adonan tepung yang enak, maka terigu harus dibagi menjadi dua. Satu untuk adonan basah yang diberi air dan perasa, sisanya adonan kering untuk membuat lapisan luar makanan semakin kriuk.

2. Tepung bumbu serbaguna

5 Tepung Pelapis Gorengan yang Bikin Tahu Goreng Makin Crispyilustrasi adonan tepung (pixabay.com/Long Nguyen)

Tepung bumbu serbaguna memiliki harga yang cukup terjangkau namun berat yang didapatkan tidak sebanyak ketika membeli tepung terigu. Produk ini dibuat dengan praktis karena isiannya sudah dilengkapi pakai aneka bumbu sehingga kamu tidak perlu menambahkan perasa apapun lagi.

Kelebihan tersebut membuat tepung bumbu serbaguna kerap digunakan dalam proses pembuatan tahu crispy. Metode yang digunakan ada dua cara. Pertama dengan menjadikan tepung sebagai adonan basah dan kering. Kedua, tepung dijadikan adonan basah saja.

Baca Juga: Resep Tahu Walik Indomie Goreng, Cara Baru Makan Olahan Mi dan Tahu

3. Tepung panir

5 Tepung Pelapis Gorengan yang Bikin Tahu Goreng Makin Crispyilustrasi tepung roti (freepik.com/topntp26)

Tepung panir adalah lapisan paling favorit untuk menambahkan sensasi crispy pada aneka makanan, termasuk tahu. Kamu bisa menjadikan bahan ini sebagai cara sederhana membuat hidangan renyah, apalagi harganya masih terjangkau.

Dengan menggunakan lapisan dari tepung panir, kamu akan mendapatkan tahu yang memiliki tingkat kriuk yang lebih awet. Tentunya tahu harus dicelupkan ke dalam bahan basah supaya tepung ini bisa menempel dengan sempurna.

4. Maizena

5 Tepung Pelapis Gorengan yang Bikin Tahu Goreng Makin Crispyilustrasi tepung maizena (pixabay.com/Anita Szilagyi)

Kalau kamu tipe orang yang suka dengan tahu goreng garing namun kulitnya tipis, maka adonan paling pas untuk masakan tersebut adalah tepung maizena. Dengan menggunakan tepung ini, tahu yang digoreng akan membentuk lapisan crispy yang pas tanpa perlu menambahkan bahan atau tepung lainnya.

Selain itu, tepung maizena terkenal sebagai salah satu bahan bebas gluten sehingga cocok untuk kamu yang sedang menghindari tepung terigu namun masih ingin menyantap makanan garing. Tahu bisa ditambah saus atau dijadikan tahu lada garam biar makin enak.

5. Tepung beras

5 Tepung Pelapis Gorengan yang Bikin Tahu Goreng Makin Crispyilustrasi tepung beras (pixabay.com/Hans)

Selain dijadikan bahan utama pembuatan kue basah, rupanya tepung beras kerap dijadikan komponen penting dalam membuat beberapa jenis gorengan. Pemakaian tepung ini sebagai penambah tekstur garing yang lebih awet supaya makanan gak mudah lembek.

Karena itu, tepung beras perlu dipadukan bersama bahan-bahan sejenis seperti tepung terigu maupun tapioka. Kalau adonan sudah jadi, tinggal masukkan tahu atau bahan lain yang hendak digoreng biar semakin kriuk.

Bila dieksplorasi lebih jauh, ada banyak adonan tepung yang dapat membuat suatu makanan terasa semakin kriuk. Dalam proses pembuatan tahu goreng crispy, lima adonan tepung di atas bisa kamu jadikan referensi bahan memasak andalan, lho!

Baca Juga: 5 Tips Membuat Gorengan Lebih Sehat, Perhatikan Kualitas Minyak

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya