Comscore Tracker

7 Jenis Makanan yang Bertekstur Chewy, Terasa Kenyal Banget!

Terasa di setiap gigitannya

Di dalam dunia perkulineran terdapat banyak jenis makanan yang dibagi menjadi berbagai kategori. Ada yang dibagi berdasarkan bahan dasarnya, asal dan rasanya, dan ada juga yang berdasarkan tekstur makanannya.

Nah, di bawah ini merupakan daftar 7 makanan yang dikategorikan berdasarkan teksturnya yang chewy. Apa saja makanan tersebut? Yuk lihat selengkapnya ya!

1. Mochi

7 Jenis Makanan yang Bertekstur Chewy, Terasa Kenyal Banget!pixabay.com

Mochi merupakan camilan legit yang berasal dari Jepang yang bertekstur kenyal dan rasanya yang manis, bahan utama kue ini berasal dari campuran tepung ketan dan santan yang dikukus, kemudian digiling tipis untuk diisi dengan kacang tanah sangrai yang manis. Terakhir mochi akan dibaluri dengan tepung kentang atau tepung maizena sebagai alternatif yang telah disangrai lebih dulu sebelumnya.

Isian mochi pun sangat beragam, ada mochi yang berisi pasta kacang merah, kacang hijau, buah segar, hingga es krim dengan berbagai rasa. Wah, sangat menggiurkan bukan?

2. Klepon

7 Jenis Makanan yang Bertekstur Chewy, Terasa Kenyal Banget!instagram.com/arinlova

Jajanan tradisional yang masih eksis ini selalu menggiurkan, sensasi kenyal dan isian yang pecah di mulut membuat makanan ini kerap dicari. Campuran tepung ketan, santan dan sari pandan ini lah yang menjadi bahan dasar utama pembuatan klepon yang chewy.

Klepon diisi dengan gula merah yang manis, lalu dibuat seperti bola-bola yang kemudian digulingkan di parutan kelapa yang sudah dikukus dengan aroma daun pandan. Lebih enak lagi jika kamu menyantapnya ketika hangat, lembut ketika digigit dan sensasi gula yang meleleh di mulut.

3. Tteokbokki

7 Jenis Makanan yang Bertekstur Chewy, Terasa Kenyal Banget!instagram.com/little_spoon_eats

Jajanan khas Korea satu ini sudah semakin terkenal hingga ke Indonesia. Tteokbokki dikenal dengan sebutan rice cake atau kue beras. Kue ini berbahan dasar utama dari tepung beras sehingga sangat lembut ketika disantap bersama saus khasnya.

Bentuknya lonjong kecil seperti pempek lenjer, makanan khas Palembang. Tetapi Tteokbokki tidak menggunakan ikan giling dalam pembuatannya. Hidangan ini dimasak bersamaaan dengan air rebusan saus yang berbahan pasta gochujang dan bubuk cabe khas Korea.

Baca Juga: Resep Pempek Aci Udang yang Enak Banget, Senikmat di Kota Asalnya

4. Marshmallow

7 Jenis Makanan yang Bertekstur Chewy, Terasa Kenyal Banget!pixabay.com

Marshmallow merupakan makanan yang manis, lembut dan bewarna-warni. Marshmallow pun kadang-kadang menjadi topping untuk es krim, kopi atau untuk isian makanan yang dipanggang.

Marshmallow terbuat dari gelatin dan gula dan akan seperti spons ketika kamu mencoba menekan atau menggigitnya. Marshmallow bisa dipanggang langsung di atas api hingga warna luarnya menjadi hitam kecoklatan dan meleleh di dalamnya.

5. Cilok

7 Jenis Makanan yang Bertekstur Chewy, Terasa Kenyal Banget!instagram.com/jogjabikinlaper

Jajanan khas Bandung satu ini banyak tersebar di berbagai kota di Indonesia. Bahkan kamu bisa menemui jajanan ini dengan mudah di sebagian Sekolah Dasar maupun di Alun-alun kota.

Kenyalnya cilok terbuat dari campuran adonan air, tepung terigu, tepung tapioka, serta bumbu lainnya yang kemudian dibulat-bulatkan dan direbus. Cilok biasanya diberi isian daging atau bisa juga tidak ada isian di dalamnya, serta disajikan dengan saus sambal atau saus kacang.

6. Pempek

7 Jenis Makanan yang Bertekstur Chewy, Terasa Kenyal Banget!instagram.com/pempeknony168

Pempek ikan khas Palembang memang begitu kenyal dengan adonan ikan giling segar dan tepung sagu sebagai bahan baku di dalamnya. Terutama pada adonan pempek bulat atau biasa disebut pempek adaan serta pempek keriting rebus.

Selain pempek ikan, beberapa pempek dos (pempek tanpa ikan) juga yang tak kalah kenyal lembut seperti pempek dos telur, pempek belah (pempek lenjer kecil dengan isian ebi, kecap dan cabe rawit) dan pempek pistel.

Biasanya, pempek akan begitu lengkap dan nikmat dengan tambahan cuka yang ditaruh di dalam wadah kecil, kemudian pempek akan dicelup dan dimakan. Tak lupa, terakhir kamu harus menghirup cukanya yang begitu pedas untuk meningkatkan kelezatan pada pempek.

7. Boba

7 Jenis Makanan yang Bertekstur Chewy, Terasa Kenyal Banget!thekitchn.com

Boba merupakan topping pelengkap minuman yang kini sedang marak dan biasanya dicampurkan dengan minuman susu atau teh. Boba yang berbentuk seperti bola-bola kecil ini umumnya terbuat dari campuran tepung tapioka, air dan brown sugar yang membuat warnanya menjadi kecoklatan.

Kemudian boba yang sudah direbus akan dimasak bersamaan dengan brown sugar syrup hingga kandungan airnya sedikit, sehingga membuat boba menjadi sedikit mengental, serta menjadi paduan yang manis dan kenyal untuk topping minuman.

Makanan bertekstur chewy memang menggemaskan saat dikunyah. Mana nih yang jadi favoritmu?

Baca Juga: 5 Resep Boba untuk Hidangan Penutup, Kekinian dan Gampang

Nana kurnia Photo Verified Writer Nana kurnia

hai, saya Nana!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya