Comscore Tracker

5 Gorengan Lokal yang Menonjolkan Kenikmatan Kacang, Enaknya Nendang!

Gurih atau manis, semuanya ada! #LokalIDN

Di Indonesia, kacang-kacangan tidak hanya berakhir menjadi kue tradisional yang manisnya menghibur lidah. Nyatanya, kacang-kacangan dapat dijumpai pula dalam bentuk gorengan yang enaknya nendang di lidah.

Sudah pernah mencicipi lima gorengan lokal yang menonjolkan kenikmatan kacang berikut ini? Jika belum, cicipi satu per satu yuk!

1. Mageli

5 Gorengan Lokal yang Menonjolkan Kenikmatan Kacang, Enaknya Nendang!instagram.com/janah_megu

Gorengan lokal ini punya rasa gurih. Mageli memadukan kacang hijau tumbuk dengan bahan lain seperti tepung terigu dan bumbu. Bisa dibentuk lonjong atau bulat, setelah adonan bertemu menjadi satu kemudian digoreng hingga warnanya cokelat keemasan.

Mageli termasuk gorengan dari kacang yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Kalimantan. Saus tomat atau cabai menjadi pelengkap mageli yang bikin ngemil terus!

2. Rarawuan

5 Gorengan Lokal yang Menonjolkan Kenikmatan Kacang, Enaknya Nendang!instagram.com/ ing_murhadi

Rarawuan sekilas mirip dengan bakwan, namun bukan berisi sayuran melainkan kacang merah yang berukuran kecil. Bahan yang melengkapi kacang merah ada tepung terigu serta kelapa parut. Bisa dibayangkan betapa gurihnya gorengan lokal asal Tanah Sunda ini.

Rarawuan menjadi gorengan sederhana yang tepat dipilih oleh kamu yang tidak suka ribet.

Baca Juga: Resep Misro, Gorengan Manis Khas Sunda Kembaran Combro

3. Gandasturi

5 Gorengan Lokal yang Menonjolkan Kenikmatan Kacang, Enaknya Nendang!cookpad.com/faricha icha

Gandasturi terbuat dari full kacang hijau. Berasa manis, gandasturi punya tekstur yang lembut pada bagian dalamnya dan renyah di luar. Sebelum digoreng, adonan gandasturi yang telah dipadatkan membentuk bulat pipih dicelupkan terlebih dahulu ke adonan tepung.

Manisnya gandasturi dari Tanah Betawi ini dapat dipinang sebagai kudapan afternoon tea yang bikin santai sore hari jadi menyenangkan.

4. Lentho

5 Gorengan Lokal yang Menonjolkan Kenikmatan Kacang, Enaknya Nendang!instagram.com/boenda_dee

Umumnya berbentuk lonjong, lentho terbuat dari singkong kukus yang telah dihaluskan kemudian dikombinasikan dengan kacang tolo. Memanjakan lidah dengan rasa gurihnya yang tidak ketulungan, lentho bisa dicolekkan ke saus cabai terlebih dahulu sebelum mendarat ke lidah.

Gorengan lokal yang menonjolkan kenikmatan kacang ini banyak diminati di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

5. Mendol tempe

5 Gorengan Lokal yang Menonjolkan Kenikmatan Kacang, Enaknya Nendang!instagram.com/asty_astuty49

Tempe merupakan olahan berbahan dasar kacang kedelai. Tak hanya digoreng dengan tepung, tempe dapat diolah pula menjadi gorengan lezat bernama mendol tempe. Sebelum bersatu dengan bumbu, tempe dikukus kemudian dilembutkan terlebih dahulu.

Setelahnya adonan mendol tempe dibentuk lonjong kemudian digoreng. Kamu penyuka makanan pedas, dapat mencampurkan langsung irisan cabai rawit atau sambal ke adonan mendol tempe.

Nah, itu tadi lima gorengan lokal yang menonjolkan kenikmatan dari kacang. Ada lagi gorengan berbahan dasar kacang yang kamu ketahui lagi? Sampaikan jawabanmu pada kolom komentar, ya.

Baca Juga: Resep Sala Lauak, Gorengan Ala Pariaman yang Gurih dan Pedasnya Nikmat

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya