Comscore Tracker

5 Rempah yang Dapat Diduetkan dengan Susu, Pas Buat Daya Tahan Tubuh!

Minuman herbal murah meriah!

Menikmati susu, jangan dibiarkan sendirian! Meski pada dasarnya, susu punya banyak manfaat bagi tubuh. Maksimalkan keberadaannya dengan diduetkan bersama rempah-rempah, sehingga menghasilkan sebuah minuman herbal yang menyehatkan.

Berikut ini, ada lima jenis rempah yang dapat diduetkan dengan susu dan memiliki manfaat sebagai daya tahan tubuh! Ada rempah-rempah, apa saja? Yuk, simak!

1. Kunyit

5 Rempah yang Dapat Diduetkan dengan Susu, Pas Buat Daya Tahan Tubuh!pixabay.com/stevepb

Golden milk atau susu kunyit, ialah minuman herbal yang umum dikonsumsi pula oleh banyak orang karena diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dan bikin tubuh rileks usai semangat melakukan rutinitas seharian.

Dikutip melalui laman Medical News Today, rempah berwarna terang ini punya peran dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena kunyit mengandung sifat-sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur yang dapat membantu seseorang melawan infeksi dengan lebih baik.

Tak hanya itu, keberadaan sifat antioksidan pada kunyit makin menguatkan fungsi rempah-rempah ini dalam membantu tubuh seseorang memperbaiki kerusakan sel, dan mengurangi risiko banyak penyakit.

2. Jahe

5 Rempah yang Dapat Diduetkan dengan Susu, Pas Buat Daya Tahan Tubuh!pixabay.com/congerdesign

Tidak hanya nikmat diseduh hanya dengan jahe utuh maupun teh. Jahe juga makin mantap ketika diduetkan dengan susu. Tak heran, jika sekarang ini banyak pula penjual angkringan atau peracik jamu yang menawarkan susu jahe sebagai minuman untuk memulihkan energi dan daya tahan tubuh.

Rempah yang punya aroma serta rasa pedas segar, ini mengandung gingerol yang tak lain adalah senyawa bioaktif utama dalam jahe yang bertanggung jawab untuk banyak sifat obatnya. Yang mana, senyawa tersebut juga memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang kuat, seperti yang dikutip melalui laman Healthline.

3. Kayu manis

5 Rempah yang Dapat Diduetkan dengan Susu, Pas Buat Daya Tahan Tubuh!picabay.com/weinstock

Dikutip melalui laman Organic Authority, kayu manis memiliki sifat antimikroba. Terbukti, keberadaan rempah ini cukup memerangi unsur jamur, bakteri, dan virus. Dengan kata lain, kayu manis ikut andil dalam menuntaskan masalah kesehatan seperti demam atau flu.

Selain itu, kayu manis juga dapat membantu mengelola penyakit metabolisme. Yang mana, kayu manis bisa efektif dalam mengurangi komplikasi, morbiditas, dan mortalitas pada sindrom metabolik, termasuk mengurangi tekanan darah, glukosa plasma, obesitas, dan dislipidemia.

Duet antara kayu manis dan susu, mungkin jarang kita dengar tapi sebagian negara di wilayah Eropa, meracik minuman herbal ini ketika cuaca dingin.

Baca Juga: 5 Resep Makanan Sehat Saat Musim Hujan, Rasanya Enak dan Kaya Nutrisi 

4. Bawang putih

5 Rempah yang Dapat Diduetkan dengan Susu, Pas Buat Daya Tahan Tubuh!pixabay.com/stevepb

Minuman yang menyatukan susu dan bawang putih, sudah mulai dipraktikkan oleh sebagian masyarakat dari belahan bumi manapun. Mengingat, rempah yang berguna dalam menyedapkan masakan ini identik sekali sebagai obat herbal yang meningkatkan daya tahan tubuh.

Dikutip dari laman Food NDTV, sebuah penelitian menemukan jika bawang putih membantu mengurangi risiko flu, meredakan gejala berbagai penyakit musim dingin, dan memastikan pemulihan yang lebih cepat dengan menggabungkannya dengan susu hangat.

Karena bawang putih memiliki sifat anti-bakteri dan anti-parasit, yang  berperan sebagai antibiotik sehingga membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

5. Kapulaga

5 Rempah yang Dapat Diduetkan dengan Susu, Pas Buat Daya Tahan Tubuh!pixabay.com/PDPics

Selain golden milk, susu kapulaga juga cukup populer dikonsumsi oleh masyarakat di beberapa negara kawasan Asia Selatan. Pagi atau sore hari, waktu yang umumnya dimanfaatkan untuk menyeruput hangatnya susu kapulaga.

Rempah ini cocok diduetkan dengan susu karena kapulaga dianggap memiliki sifat melawan infeksi. Teori ini diuji dalam eksperimen dengan ekstraknya. Yang mana, kandungan minyak dari kapulaga mampu menghambat pertumbuhan dan penyebaran beberapa mikroba berbahaya, seperti yang dikutip dari laman Organic Facts.

Wah, ternyata susu tidak hanya bisa diduetkan dengan madu saja ya! Bumbu dapur di rumah pun, bisa diduetkan untuk menghasilkan secangkir kenikmatan minuman herbal yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kira-kira, kalian tertarik untuk menduetkan susu dengan rempah apa? 

Baca Juga: 6 Makanan Sehat yang Gak Pernah Gagal Buat Naikin Mood Kamu

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya