Comscore Tracker

Jarang Diekspos, 8 Kuliner Daerah Ini Terkenal Unik dan Enak Lho!

Awas, makanan ini bisa menyebabkan ketagihan!

Tak pernah unjuk gigi bukan berarti tidak ada! Eksistensinya masih ada hingga sekarang, namun tidak banyak yang mengenalnya karena jarang diekspos.

Deskripsi singkat tersebut menggambarkan potret kuliner daerah di Indonesia yang jarang orang tahu seperti delapan berikut ini. Apa saja? Yuk, intip!

1. Jepa

Jarang Diekspos, 8 Kuliner Daerah Ini Terkenal Unik dan Enak Lho!instagram.com/kiky250884

Jepa merupakan makanan khas Suku Mandar, Sulawesi Barat. Sekilas mirip roti canai, jepa berbahan utama singkong dan kelapa parut. Jepa dapat dikreasikan dengan bahan lain tergantung kebutuhan.

Jika jepa dijadikan sebagai camilan, dapat dikreasikan dengan keju, pisang, atau gula merah. Sedangkan jepa rasa original, dapat disantap bersama lauk seperti bau tuing-tuing atau bau peapi.

2. Sayur lilin

Jarang Diekspos, 8 Kuliner Daerah Ini Terkenal Unik dan Enak Lho!instagram.com/yuliaprattiwi

Jangan salah paham dulu dengan namanya! Lilin pada sayuran ini bukan benda bercahaya yang menerangi ruangan apalagi hidupmu. Kuliner ini terbuat dari tebu telur atau bisa dipanggil juga dengan nama terubuk.

Sayur lilin populer di wilayah timur Indonesia seperti Ternate. Untuk racikan sayur ini sendiri menggunakan santan, dan memiliki penampilan seperti gulai.

3. Kompiang

Jarang Diekspos, 8 Kuliner Daerah Ini Terkenal Unik dan Enak Lho!instagram.com/chikakerong

Identik dengan taburan wijen, kompiang adalah kudapan hasil alkuturasi dari budaya Tionghoa. Roti yang nikmat banget disantap sembari menyeruput kopi, ini cukup populer di Flores dan wilayah Nusa Tenggara Timur lainnya.

Kompiang berbahan dasar tepung dan mempunyai beragam isi yang dapat disesuaikan dengan selera masing-masing penikmatnya. 

4. Es jagung

Jarang Diekspos, 8 Kuliner Daerah Ini Terkenal Unik dan Enak Lho!instagram.com/labiba_icejagung

Sebelum jasuke atau jagung susu keju populer menjadi jajanan jalan. Ada es jagung yang menyegarkan hati dan pikiran. Minuman berbahan dasar jagung manis ini merupakan kuliner khas Melawi, Kalimantan.

Supaya makin sedap di lidah, es jagung dilengkapi pula oleh susu dan gula. Minuman ini enak banget dinikmati saat pikiran sedang penat.

Baca Juga: Nasi Ampok, Kuliner Indonesia yang Bergizi dan Mengenyangkan

5. Kupi boh manok lameue

Jarang Diekspos, 8 Kuliner Daerah Ini Terkenal Unik dan Enak Lho!instagram.com/tehbohmnok_cuco_nek

Melipir ke Pidie, Aceh, kamu pasti akan menjumpai minuman ini. Biasa dijodohkan dengan gurihnya lemang, kupi boh manuk lameue adalah sejenis kopi yang diberi tambahan telur kocok.

Konon setelah meminum secangkir kupi boh manuk lameue, dapat mengembalikan stamina pada tubuh.

6. Subbet

Jarang Diekspos, 8 Kuliner Daerah Ini Terkenal Unik dan Enak Lho!instagram.com/rasasayange

Subbet sekilas mirip dengan klepon yang diberi taburan kelapa parut. Kuliner asal Mentawai ini berbahan utama pisang dan tanaman keladi. Sering dijadikan sebagai kudapan kala santai, subbet memiliki rasa gurih dan manis sehingga cocok sekali disandingkan dengan kopi hangat.

7. Syobak khe lok

Jarang Diekspos, 8 Kuliner Daerah Ini Terkenal Unik dan Enak Lho!instagram.com/dedi_kristiana

Sama halnya kompiang, syobak khe lok merupakan kuliner hasil alkuturasi dari budaya Tionghoa. Syobak khe lok cukup dikenal di Buleleng, Bali. Saat sedang tidak kepengin makan nasi, sepiring syobak khe lok cukup mengenyangkan perut.

Syobak khe lok berbahan dasar serba babi mulai dari daging, jeroan, dan lemak. Semua bahan disajikan dengan cara digoreng lalu disiram dengan saus berwarna cokelat, campuran dari tauco, bumbu ngohiong, dan tepung.

8. Soto sadang

Jarang Diekspos, 8 Kuliner Daerah Ini Terkenal Unik dan Enak Lho!instagram.com/elf4ry

Soto sadang merupakan kuliner unik khas Purwakarta. Berkuah bening, soto sadang punya pelengkap berupa irisan daging ayam atau sapi serta irisan sayuran seperti tomat.

Ciri khas lain dari soto sadang adalah renyahnya emping yang menyelam di kuah soto. Sederhana memang, tapi lezatnya soto sadang bikin lidah klepek-klepek.

Nah, itu tadi delapan kuliner Nusantara yang jarang diketahui tapi unik dan enak. Yuk, lestarikan keberadaan kuliner di atas supaya tidak hilang oleh zaman!

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Jawa Timur yang Bisa Jadi Inspirasi Lauk Makan Siang

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya