Comscore Tracker

5 Camilan Goreng dari Tanah Ngapak yang Bikin Ketagihan, Harus Coba!

Camilan enak yang mengenyangkan! #LokalIDN

Banyumas, Tegal, Banjarnegara, Cilacap, dan Kebumen adalah beberapa wilayah di Jawa Tengah yang menggunakan bahasa Jawa Banyumasan atau dikenal dengan bahasa Ngapak sebagai sarana komunikasi sehari-hari.

Tapi kali ini kita tidak membicarakan mengenai bahasa, tapi camilan goreng yang populer di Tanah Ngapak. Salah satu yang terkenal ialah tempe mendoan. Ciri khas tempe ini digoreng dengan baluran tepung tambahan irisan daun bawang.

Tak hanya tempe mendoan lho, lima camilan goreng dari Tanah Ngapak berikut ini kelezatannya mesti banget mampir di lidah.

1. Olos-olos

5 Camilan Goreng dari Tanah Ngapak yang Bikin Ketagihan, Harus Coba!instagram.com/ria_manisitem

Olos-olos merupakan camilan yang banyak digemari di Tegal. Camilan berbentuk bola ini terbuat dari tepung kanji dan tepung terigu serta memiliki beragam isi mulai dari ayam suwir hingga tumis sayuran.

Tak sedikit olos-olos diberi taburan bubuk perasa saat sudah matang dan tiris dari minyak goreng yang menyelimuti permukaan luarnya.

2. Ondol-ondol

5 Camilan Goreng dari Tanah Ngapak yang Bikin Ketagihan, Harus Coba!instagram.com/dapoer_ny.dahar

Singkong parut adalah bahan utama pembuatan ondol-ondol. Camilan bola-bola ini punya isian gula merah yang manisnya lumer banget saat dikunyah. Ondol-ondol sendiri merupakan camilan yang banyak digandrungi oleh masyakarat Purbalingga.

Kelezatannya cocok banget dijadikan sebagai kudapan pandamping minum kopi saat sedang santai.

Baca Juga: 8 Gorengan Asia yang Nikmat Banget jadi Camilan Hujan, Mudah Dibuat!

3. Templek

5 Camilan Goreng dari Tanah Ngapak yang Bikin Ketagihan, Harus Coba!instagram.com/ilhamflow

Tomplo atau dikenal juga dengan sebutan templek merupakan camilan berbentuk bola yang populer sekali di Banyumas. Camilan tersebut terbuat dari sisa tahu yang dibumbui kemudian dibentuk bulat, lalu digoreng.

Sebelum mendarat di lidah, colekkan templek pada saus. Dijamin bikin lidah ketagihan untuk menikmatinya terus!

4. Tahu berontak

5 Camilan Goreng dari Tanah Ngapak yang Bikin Ketagihan, Harus Coba!instagram.com/dapoerbilla

Tahu berontak tak lain adalah tahu goreng yang memiliki isian. Kuliner berdomisili di Cilacap ini digoreng renyah dengan balutan tepung. Isi dari tahu berontak terdiri dari taoge, kol, dan wortel yang semuanya ditumis bersama bumbu serta cabai.

Tanpa mengunyahnya bersama cabai rawit, rasa pedas camilan goreng ini cukup memberontak di lidah. Dijamin para pencinta makanan pedas menyukai tahu berontak!

5. Dage

5 Camilan Goreng dari Tanah Ngapak yang Bikin Ketagihan, Harus Coba!instagram.com/ ummuhamzahh

Bentuknya menyerupai tempe gembus, keberadaan dage kini mulai langka lho! Makanan ini cukup dikenal di berbagai wilayah eks karesidenan Banyumas.

Dage sendiri terbuat dari ampas kelapa yang dikeringkan. Cara pengolahan dage umumnya dibalut dengan tepung beserta bumbu kemudian digoreng. Tak sedikit menambahkan irisan daun bawang supaya makin sedap saat dikunyah.

Nah, itu tadi lima camilan goreng asal Tanah Ngapak yang lezatnya bikin lidah ketagihan. Dari semua camilan goreng yang telah disebutkan tadi, mana saja yang pernah kamu cicipi? Ceritakan di kolom komentar dong bagaimana kelezetannya menurutmu supaya pembaca lain tahu, ya.

Baca Juga: Resep Misro, Gorengan Manis Khas Sunda Kembaran Combro

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya