Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Tanjung Jabung Barat yang Rasanya Mantap Jiwa!

Bikin nambah porsi berkali-kali #LokalIDN

Tanjung Jabung Barat merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jambi dengan Kuala Tungkal sebagai pusat pemerintahannya. Kabupaten yang wilayahnya cukup luas ini terkenal dengan ragam kuliner khas yang menggugah selera.

Kuliner khas Tanjung Jabung Barat didominasi oleh makanan laut. Penasaran apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Buras

5 Kuliner Khas Tanjung Jabung Barat yang Rasanya Mantap Jiwa!instagram.com/misshotrodqueen

Jika diperhatikan dengan saksama, buras memiliki tampilan yang sama seperti lemper. Hidangan ini terbuat dari beras pulen yang dimasak dengan santan kelapa, kemudian dibungkus menggunakan daun pisang.

Memiliki bentuk unik berupa persegi panjang, buras paling cocok disajikan dengan kari ayam. Saat lebaran tiba, buras menjadi salah satu hidangan wajib masyarakat Tanjung Jabung Barat.

2. Ikan malung bakar

5 Kuliner Khas Tanjung Jabung Barat yang Rasanya Mantap Jiwa!bozzmadyang.com

Ikan malung merupakan salah satu jenis ikan yang cukup unik yang hanya bisa dijumpai di Tanjung Jabung Barat. Keunikannya terletak pada gelembung atau pelampung ikan yang bentuknya panjang dan berwarna putih gading yang disebut dengan pelupo.

Untuk membuat hidangan khas Tanjung Jabung Barat ini ikan malung dibakar di atas arang dengan ukuran khusus. Cita rasanya lezat dan daging ikannya sangat empuk. Cocok disantap bersama nasi sebagai menu makan siang.

Baca Juga: Resep Kue Kubang Boyo Khas Jambi dengan Cita Rasa Manis Menggigit

3. Tapai ketan hitam

5 Kuliner Khas Tanjung Jabung Barat yang Rasanya Mantap Jiwa!instagram.com/nenekatok.id

Oleh masyarakat Tanjung Jabung Barat, tapai ketan hitam dikenal dengan nama gambang. Tapai disajikan bersama dengan kuah yang rasanya manis karena sebelumnya telah dicampur dengan ragi kualitas terbaik.

Tapai ketan hitam paling mudah dijumpai saat hari raya Idulfitri tiba sebagai jamuan para tamu yang datang berkunjung.

4. Pangi udang ketak

5 Kuliner Khas Tanjung Jabung Barat yang Rasanya Mantap Jiwa!instagram.com/joycescapade

Selain ikan malung, udang ketak juga hanya bisa kamu temukan di perairan Jambi. Oleh masyarakat setempat udang ini bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan lezat, salah satunya yang paling terkenal adalah pangi udang ketak. Cita rasanya gurih dan tekstur daging udangnya lembut.

5. Ikan senangin bakar

5 Kuliner Khas Tanjung Jabung Barat yang Rasanya Mantap Jiwa!instagram.com/dodon_jerry

Ikan senangin merupakan salah satu jenis ikan yang juga hanya hidup di perairan Tanjung Jabung Barat. Ukurannya sangat besar. Bahkan kepalanya saja sudah bisa memenuhi setengah piring berukuran besar. Oleh masyarakat setempat ikan senangin dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan lezat, tapi yang paling terkenal adalah ikan senangin bakar.

Mula-mula bumbu dengan cita rasa pedas nan gurih dioleskan secara merata pada ikan. Setelah itu ikan dibakar hingga matang. Ikan senangin bakar paling lezat disantap bersama sambal mentah.

Nah, itulah beberapa kuliner khas Tanjung Jabung Barat yang menggugah selera. Tertarik untuk mencicipinya?

Baca Juga: 5 Ragam Kue Khas Jambi yang Lezat dan Menggugah Selera, Bikin Ngiler!

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya