Comscore Tracker

7 Makanan Khas Batang yang Bikin Kamu Gak Pengin Berhenti Mengunyah!

Rasanya lezat semua! #LokalIDN

Kuliner khas Batang yang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini sangat beragam dan terkenal unik. Membuat siapa saja penasaran ingin mencicipi kelezatannya.

Oleh karena itu jika kebetulan kamu sedang berada di Batang atau berencana ingin mengunjunginya, pastikan untuk tidak melewatkan kuliner khasnya berikut ini ya.

1. Serabi Kali Beluk

7 Makanan Khas Batang yang Bikin Kamu Gak Pengin Berhenti Mengunyah!instagram.com/dhen_octriana

Tidak seperti serabi pada umumnya, serabi Kali Beluk dibuat dalam ukuran jumbo. Bahkan diameternya ada yang mencapai 30 cm. Lalu dari ukuran tersebut serabi dipotong menjadi ukuran yang lebih kecil.

Serabi Kali Beluk dimasak khusus dengan cara memanfaatkan arang panas. Tujuannya agar aroma serabi lebih harum. Tersedia dua varian rasa yang bisa dicicipi, yaitu kelapa dan gula jawa.

2. Corobikang

7 Makanan Khas Batang yang Bikin Kamu Gak Pengin Berhenti Mengunyah!instagram.com/ifatkalkahfi

Bahan utama pembuatan corobikang adalah tepung beras yang diolah dengan bahan-bahan lainnya lalu diletakkan dalam cetakan berbentuk bundar yang bentuknya mirip cetakan kue apem. Terakhir corobikang dimekarkan.

Soal rasa jangan ditanya. Di tiap gigitannya, corobikang memberikan rasa manis, gurih, dan aroma yang harum.

3. Sayur Lodeh Cecek

7 Makanan Khas Batang yang Bikin Kamu Gak Pengin Berhenti Mengunyah!instagram.com/herni__novianti

Sayur lodeh cecek terbuat dari cecek atau nangka muda. Sekilas bentuknya mirip seperti gudeg Yogja. Hanya saja rasa sayur lodeh cecek khas Batang tidak terlalu manis. Biasanya makanan ini disajikan bersama dengan nasi putih.

Baca Juga: 6 Kuliner Underatted di Pulau Jawa, Sederhana namun Memikat Lidah!

4. Gethuk Iris

7 Makanan Khas Batang yang Bikin Kamu Gak Pengin Berhenti Mengunyah!cookpad.com

Gethuk iris terbuat dari singkong yang ditumbuk hingga teksturnya menjadi halus dan kenyal. Setelah matang, gethuk diberi parutan kelapa yang sebelumnya sudah dibakar. Agar lebih nikmat biasanya gethuk iris disajikan di atas daun pisang.

5. Lontong Lemprak

7 Makanan Khas Batang yang Bikin Kamu Gak Pengin Berhenti Mengunyah!instagram.com/jajannyadevina

Lontong lemprak merupakan kuliner khas Batang yang legendaris. Lontong lemprak terdiri dari irisan lontong, opor ayam kampung, tahu rebus, dan kuah yang berwarna kuning keputihan. Rasa gurih dari santannya benar-benar menggugah selera. Ditambah sambal maka rasanya semakin nampol. 

6. Soto Kebo

7 Makanan Khas Batang yang Bikin Kamu Gak Pengin Berhenti Mengunyah!instagram.com/christianz_wibisono

Jika biasanya soto disajikan dengan daging sapi maupun daging ayam, di Batang kamu bisa menemukan soto kebo (kerbau). Sesuai namanya, bahan utama pembuatan soto ini adalah daging kerbau. Untuk bumbu tambahannya yaitu tauto Pekalongan yang menghasilkan cita rasa yang khas.

7. Sotong Ireng

7 Makanan Khas Batang yang Bikin Kamu Gak Pengin Berhenti Mengunyah!instagram.com/resty_ardyan

Sotong ireng atau cumi-cumi hitam khas Batang dimasak dengan cara dioseng-oseng lalu disiram dengan santan hingga menghasilkan rasa gurih yang nikmat. Keunikan dari makanan khas yang satu ini adalah sotong dimasak tanpa menghilangkan tinta hitamnya terlebih dahulu.

Nah, itulah makanan khas Batang yang terkenal lezat hingga membuatmu tidak ingin berhenti mengunyah. Apakah kamu pernah mencicipi salah satunya?

Baca Juga: 10 Makanan Berkuah Khas Jawa Timur, Cita Rasa Lokal yang Wajib Dicoba

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya