Comscore Tracker

5 Ragam Jeruk yang Bisa Berikan Sensasi Segar untuk Masakan, Catat ya!

Jangan sampai kelewat dalam daftar belanjamu

Memasak memang membutuhkan banyak bahan-bahan tertentu. Salah satunya adalah bahan-bahan yang mengandung citrus seperti jeruk. Bahan-bahan tersebut biasanya ampuh dalam memberikan sensasi rasa segar dan lezat pada masakan.

Lalu, jenis jeruk seperti apa yang bisa memberikan kesegaran ataupun cocok untuk masakan? Yuk, kita cari tahu.

1. Jeruk purut

5 Ragam Jeruk yang Bisa Berikan Sensasi Segar untuk Masakan, Catat ya!penjagarumah.com

Nama jeruk purut mungkin sudah tak asing lagi untukmu. Hal ini karena memang eksistensi jeruk purut sudah cukup banyak di Indonesia. Ciri khas utama dari karakteristik jeruk purut adalah bentuknya yang mungil dengan warna gelap, serta permukaan jeruk yang cenderung tak mulus dan bertekstur.

2. Jeruk limau

5 Ragam Jeruk yang Bisa Berikan Sensasi Segar untuk Masakan, Catat ya!Youtube/cooking from my garden

Hampir sulit dibedakan dari jeruk purut, jeruk limau juga cukup banyak dimanfaatkan di Indonesia. Perasan sarinya biasa digunakan untuk aneka menu agar semakin bercita rasa segar. Untuk membedakannya, jeruk limau cenderung berukuran lebih mungil.

3. Jeruk nipis

5 Ragam Jeruk yang Bisa Berikan Sensasi Segar untuk Masakan, Catat ya!techcrunch.com

Untuk jenis jeruk yang lebih populer, jeruk nipis dapat dikatakan sebagai salah satunya. Jeruk nipis secara rasa cenderung sangat tajam dengan sensasi sedikit pahit. Untuk karakteristik, jeruk nipis biasa berwarna hijau atau kekuningan.

Baca Juga: 5 Perbedaan Jeruk Nipis dan Jeruk Limau, Jangan Sampai Keliru!

4. Lemon

5 Ragam Jeruk yang Bisa Berikan Sensasi Segar untuk Masakan, Catat ya!aca.co.id

Siapa yang tak mengenal jeruk lemon? Ragam jeruk yang satu ini bisa dikatakan sebagai yang paling populer dalam masakan. Lemon berbentuk lonjong dengan bagian runcing di ujungnya. Selain itu, warna lemon juga kuning sehingga mampu dibedakan dengan mudah.

5. Jeruk manis

5 Ragam Jeruk yang Bisa Berikan Sensasi Segar untuk Masakan, Catat ya!cosmopolitancornbread.com

Jeruk manis atau jeruk yang biasa dikonsumsi langsung juga bisa untuk ditambahkan pada masakan. Meskipun memang secara rasa lebih manis dibandingkan segar, namun penambahan jeruk ini cocok untuk menu makanan penutup seperti dessert. Tentunya kamu tak boleh melewatkannya sebagai bahan dalam memasak.

Nah, ada cukup banyak jenis jeruk yang dapat kamu konsumsi sekaligus dimanfaatkan untuk membuat aneka masakan. Mana yang paling sering kamu gunakan selama memasak?

Baca Juga: 5 Hidangan Nusantara Berbahan Daun Jeruk yang Tingkatkan Nafsu Makan

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya