Comscore Tracker

5 Makanan yang Baik Disantap Setelah Melahirkan, Sehat-sehat Semua!

Jangan langsung sushi atau fast food ya!

Setelah sembilan bulan menahan diri untuk tidak mengonsumsi makanan yang bahaya buat janin, tentu sesaat setelah melahirkan kamu ingin makan yang namanya mie instan, sushi, telur setengah matang, dan lain sebagainya.

Namun tahan dulu, makanan tersebut memang boleh kamu konsumsi setelah melahirkan, tapi tidak akan memberi manfaat yang baik untuk tubuhmu. Justru setelah melahirkan, kamu perlu mengonsumsi makanan seperti ini. Sehat dan punya manfaat besar untuk tubuhmu!

1. Sup ayam

5 Makanan yang Baik Disantap Setelah Melahirkan, Sehat-sehat Semua!unsplash.com/Henrique Félix

Setelah melahirkan, otomatis tubuh akan mudah sekali berkeringat dan kamu sering pipis untuk mengeluarkan kelebihan cairan bawaan janin. Padahal sebenarnya, kamu juga masih butuh cairan-cairan tersebut untuk menghasilkan ASI. Salah satu cara agar tubuh tetap tidak kekurangan cairan adalah dengan mengonsumsi sup ayam.

Sup ayam memberi rasa hangat dan membuat tubuh jadi lebih cepat puli. Selain itu, kaldu asin dari sup ayam juga memberikan elektrolit alami untuk tubuh. Ayam juga termasuk daging yang rendah alergen. Jadi bagi ibu menyusui, mengonsumsi ayam baik untuk ASI. Saripati ayam baik untuk mengembalikan kesehatan dan nafsu makan, cocok banget dikonsumsi setelah melahirkan.

2. Oatmeal dan buah

5 Makanan yang Baik Disantap Setelah Melahirkan, Sehat-sehat Semua!unsplash.com/Melissa Belanger

Salah satu masalah bagi ibu setelah melahirkan adalah kesulitan buang air besar, dan sembelit. Salah satu cara untuk mengurangi masalah ini adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Selain sayur, kamu juga bisa mendapatkan serat tersebut dari oatmeal dan buah.

Karbohidrat dalam oatmeal tidaklah tinggi, tapi cukup membuat perut kenyang dan organ tubuh sehat. Sementara itu, oatmeal juga kaya akan serat yang sangat menolong agar memudahkan buang air besar. Kelebihan lainnya, oatmeal dipercaya juga bisa membantu meningkatkan ASI lho. Untuk buah, pilihlah yang membantu untuk mengatasi sembelit seperti apel, pisang, jeruk, dan pepaya.

Baca Juga: Duh, 7 Makanan dan Minuman Ini Diam-diam Bikin Kulitmu Kering, lho!

3. Telur

5 Makanan yang Baik Disantap Setelah Melahirkan, Sehat-sehat Semua!unsplash.com/wenping wang

Telur adalah sumber protein penting untuk membantu menenangkan otot-otot yang pegal setelah melahirkan. Selain itu juga, telur juga kaya akan lemak omega-3 yang bisa menurunkan risiko depresi pascapersalinan. Ada baiknya, setelah melahirkan minta pasanganmu membawa dua telur rebus sebagai camilanmu. Dijamin deh badan jadi lebih rileks dan lebih cepat pulih.

4. Kurma

5 Makanan yang Baik Disantap Setelah Melahirkan, Sehat-sehat Semua!unsplash.com/Ella Olsson

Bukan cuma banyak khasiatnya selama kamu puasa, kurma juga bagus dikonsumsi setelah melahirkan. Mengonsumsi kurma akan meningkatkan peredaran darahmu. Selain itu, kurma juga merupakan sumber makanan manis yang bisa mengembalikan energimu seusai lelah karena melahirkan.

Bonusnya lagi, kurma bisa membantu ASI-mu keluar dengan cepat lho. Sangat berguna sekali untuk dikonsumsi setelah melahirkan. Tidak cuma sampai di situ saja, bentuk kurma juga mungil dan mudah dibawa ke mana-mana. Sangat membantu bukan?

5. Biskuit kering

5 Makanan yang Baik Disantap Setelah Melahirkan, Sehat-sehat Semua!unsplash.com/Antonio Piña

Ketika lelah usai melahirkan, dan kamu tidak ingin bergerak, malas mengonsumsi makanan berat, tapi tetap harus makan untuk kesehatanmu, maka biskuit keringlah penolongmu. Biskuit, terutama yang memberi rasa asin, akan memberikan karbohidrat dan elektrolit. Mengonsumsi biskuit kering akan membuat perlahan energimu kembali lagi.

Selain itu juga, jika kamu masih mual setelah proses melahirkan, biskuit kering juga mudah dikonsumsi dan tidak bikin pusing karena bau-baunya. Mengonsumsi biskuit kering dengan air putih hangat, dapat mempercepat pemulihanmu.

Itulah makanan yang bisa langsung dikonsumsi setelah melahirkan. Cocok banget deh jadi salah satu bekal yang harus dibawa saat ke rumah sakit!

Baca Juga: 5 Makanan Luar Negeri yang Cocok Dipadukan Sambal Matah, Pernah Coba?

Winnie Hw Photo Verified Writer Winnie Hw

We like to party, yeah yeah yeah~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya