Comscore Tracker

7 Istilah Penting dalam Menu Makanan di Restoran Jepang, Wajib Tahu!

Yuk disimak biar gak salah pesan!

Masih berada di satu kawasan Benua Asia membuat Jepang dengan segala isinya beradaptasi serta diterima baik di Indonesia, apalagi urusan makanannya. Berbagai hidangan khas Negeri Sakura masuk ke dalam deretan makanan populer yang disukai warga lokal, sebut saja ramen, sushi, sashimi, bento hingga olahan daging bbq. 

Meskipun begitu tetap saja banyak istilah makanan dalam Bahasa Jepang yang masih asing bagi masyarakat. Kalau kamu termasuk tim yang suka bingung sama definisi dan arti dari istilah-istilah yang ada dalam menu di restoran Jepang, simak ulasannya di bawah ini ya! 

1. Yaki

7 Istilah Penting dalam Menu Makanan di Restoran Jepang, Wajib Tahu!dreamdinners.com

Yakisoba, Teppanyaki dan Tamagoyaki merupakan beberapa contoh makanan dengan unsur "Yaki" dalam namanya. Yaki memiliki artian goreng, jadi makanan dengan unsur nama ini dimasak dengan cara digoreng. 

2. Don

7 Istilah Penting dalam Menu Makanan di Restoran Jepang, Wajib Tahu!expatwoman.com

Tahu gak nih kalau sebenarnya kata "Don" dalam sajian khas Jepang itu sebenarnya singkatan dari kata Donburi lho. Donburi memilik arti mangkuk sehingga makanan dengan nama "Don" berarti makanan yang biasanya disajikan dengan mangkuk, seperti rice bowl. Kamu pasti sering banget melihat salah satu menu "Don" ini yaitu Katsudon, sajian berisi nasi yang disajikan dengan ayam atau daging di atasnya.

3. Aburi

7 Istilah Penting dalam Menu Makanan di Restoran Jepang, Wajib Tahu!steemitimages.com

Makanan yang mengandung unsur "Aburi" di dalam namanya mengartikan olahan yang dibakar. Ada banyak menu di restoran Jepang yang diolah dengan cara dibakar, seperti misalnya jenis ikan-ikanan, sushi, atau sashimi. 

Baca Juga: 5 Resep Makanan Jepang di Film-film Ghibli, Bisa Bikin Sendiri!

4. Shiru atau Jiru

7 Istilah Penting dalam Menu Makanan di Restoran Jepang, Wajib Tahu!jpninfo.com

Shiru atau Jiru memiliki arti sup, hidangan di dalam menu yang bernama "Shiru" atau "Jiru" berarti berbentuk sup. Seperti yang paling umum ialah Miso Shiru alias sup dengan kuah miso dan juga Butajru yang berarti sup dengan daging babi. 

5. Age

7 Istilah Penting dalam Menu Makanan di Restoran Jepang, Wajib Tahu!asianinspirations.com

Age bukan dibaca seperti age dalam Bahasa Inggris, kata "Age" merupakan kata belakang yang diapakai untuk mengartikan menu yang diolah dengan cara digoreng dengan teknik deep fry, seperti chiken karaage.

6. Mushi

7 Istilah Penting dalam Menu Makanan di Restoran Jepang, Wajib Tahu!wix.com

Mendengar kata "Mushi" yang langsung terngiang pasti Chawanmushi, benar gak? Olahan telur yang dikukus dan memiliki tekstur lembut yang bikin nambah terus. Yap, kata "Mushi" dalam menu di restoran Jepang berarti masakan yang diolah dengan cara dikukus. 

7. Maki

7 Istilah Penting dalam Menu Makanan di Restoran Jepang, Wajib Tahu!japancentre.com

"Maki" sering berada di belakang pilihan menu sushi, karena memang pada dasarnya "Maki" memiliki arti gulung. Sushi yang dibuat dengan cara digulung manual dengan tangan bernama Temaki sushi. Ada pula nama lainnya seperti Maki sushi rolls, Japanase tuna maki, Spicy salmon maki, dan masih banyak lagi.

Nah, itu tadi beberapa istilah dalam menu di restoran Jepang yang bisa jadi acuan sebelum kamu memesan makanan. Dijamin gak bakal salah pesan lagi deh kalau sudah mengetahuinya.

Baca Juga: 5 Resep Makanan Jepang di Film-film Ghibli, Bisa Bikin Sendiri!

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya