TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Kuliner Unik di Tabanan, Wajib Banget Kamu Santap Kalau ke Bali!

Cita rasa lokal degan nama unik

Instagram.com/berasmerahdwijati

Wilayah Bali tak hanya terkenal karena wisatanya. Salah satunya wilayah Tabanan yang ternyata menyimpan kuliner nikmat. Kuliner ini sudah diwariskan secara turun menurun sehingga cita rasanya sangat khas.

Buat kamu yang berkunjung ke Bali, berkunjunglah ke wilayah Tabanan dan nikmati tujuh kuliner yang enak berikut. Eits, tak hanya enak namanya juga unik-unik lho!

1. Entil

lifestyle.okezone.com

Sekilas makanan ini snagat mirip dengan lontong. Perbedaannya ialah kemasan yang digunakan ialah daun tengilidi. Daun tersebut dipercaya oleh masyarakat Tabanan bisa membuat adonan entil enak karena zat hijau pada daun tersebut meresap ketika dimasak. Kudapan ini biasanya disantap dan disiram dengan kuah yang gurih.

2. Nasi Angin

Instagram.com/madewedastra

Mau makan murah namun kenyang? Kamu bisa menyantap nasi angin di Bali. Tapi yang perlu diingat, nasi ini lauknya mengandung daging babi, ya. Hanya dengan Rp10 ribu kamu sudah bisa menyantap seporsi nasi angin. Rasa masakan yang manis menjadi cia rasa tersendiri nasi angin.

Baca Juga: 6 Kuliner Khas Ngawi Ini Bikin Kamu Susah Berhenti Makan!

3. Sambal Bejek Belayu

Instagram.com/irenewidiartha

Bukan hanya sambal matah, sambal bejek belayu ini juga layak kamu cicipi. Bahan-bahan sambal ini memang terkesan mentah dan tidak menarik, tapi soal cita rasa bakal bikin kamuketagihan! Daun serai dan daun kecombrang dikombinasikan dan diberi toping ayam diatas. Hmm..sudah terbayang nikmatnya?

4. Laklak Pisang

punapibali.com

Dikenal juga sebagai "crepe" ala Bali. Laklak Pisang merupakan kudapan yang hanya bisa kamu temui di daerah Tabanan, Bali. Teknik pembuatannya sangat mirip dengan kue serabi. Aroma khas pisangnya terasa kuat. Setelah matang, baru diberi parutan kelapa diatasnya dan dilipat menjadi dua.

5. Kuwir nyatnyat

sindonews.com

Nama kuliner ang satu ini mungkin terkesan aneh. Namun sebenarnya kuwir merupakan sejenis unggas menyerupai bebek tapi memiliki tekstur daging yang lumayan keras. Proses memasaknya membutuhkan waktu yang cukup lama seringkali disebut nyatnyat oleh masyarakat Tabanan.

6. Bubur Tri Datu

Instagram.com/ceritatabanan

Bukan sekadar bubur biasa, bubur tri datu hanya bisa disantap dan disajikan di momen sakral, seperti upacara keagamaan. Terbuat dari tiga jenis beras, yakni beras merah, putih, dan hitam. Penyajiannya biasanya dilengkapi dengan kuah dari gula merah. Agar lebih nikmat, jangan gunakan sendok ketika menyantapnya, melainkan menggunakan daun kelapa/janur.

Baca Juga: Super Nagih, 6 Kuliner Khas Bali Ini Enaknya Kebangetan!

Verified Writer

AKbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya