TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Olahan Cakalang Khas Manado yang Menggugah Selera, Bikin Ngiler!

Pecinta pedas pasti jatuh cinta pol!

instagram.com/bakusayang_restaurant

Cakalang bisa dibilang sebagai jenis ikan yang cukup populer di Tanah Air. Ikan ini punya olahan yang beragam dan tentunya punya cita rasa yang gak pernah mengecewakan. Ikan cakalang memiliki daging yang tebal dan gurih. Ditambah lagi gizinya yang melimpah dan baik untuk tumbuh kembang anak.

Siap-siap ketagihan, ini dia lima olahan cakalang khas Manado yang enaknya kebangetan!

1. Cakalang garo rica Manado

instagram.com/ramparampakitchen/

Olahan garo rica Manado memiliki banyak jenisnya, bisa menggunakan daging ayam, sapi, babi hingga ikan. Tentunya ikan yang dipilih adalah ikan cakalang yang jadi ciri khas pasokan ikan terpopuler di Sulawesi.

Menu cakalang garo rica manado memiliki rasa pedas nikmat dengan campuran rempah. Jadi ikan balado versi Manado ini bukan sembarang masakan biasa, tapi rasanya luar biasa!

Baca Juga: Resep Ayam Woku Istimewa Khas Manado, Dijamin Susah Berhenti Makan 

2. Pampis cakalang

instagram.com/dong_alo/

Pampis jadi salah satu olahan khas Manado yang banyak dicari wisatawan. Gak heran karena memang rasa gurih, pedas dan gurihnya daging ikan cakalang sangat menggugah selera.

Pampis cakalang dimasak dengan cara mengukus ikan cakalang lalu disuwir-suwir dan ditumis bersama bumbu halus. Bumbu halusnya hanya terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai dan jahe. Pampis cakalang paling nikmat disajikan bersama nasi putih hangat.

3. Woku cakalang

instagram.com/mercyvmj

Woku cakalang bisa jadi alternatif kuliner yang wajib dicoba saat ke Manado karena rasanya yang segar dan kaya rempah. Woku cakalang anti amis sebab sebelum dimasak ikan biasanya selalu diberi perasan jeruk nipis terlebih dahulu. Sehingga kuah yang dihasilkan pun terasa nikmat dan bikin kamu nambah saat makan.

4. Abon Cakalang

instagram.com/seasonsea_kitchen

Cakalang yang punya daging tebal dan padat cocok banget dijadikan abon. Lauk pauk yang juga jadi buah tangan khas Manado tersebut selain enak juga mengandung banyak nutrisi.

Abon cakalang bisa coba kamu bikin sendiri di rumah dengan pilihan bahan ikan cakalang segar atau cakalang fufu. Kemudian daging ikan cakalang digoreng sebentar lalu ditumis bersama bumbu hingga mengering dengan api kecil.

Baca Juga: Resep Babi Tore Khas Manado yang Renyah di Luar, Lembut di Dalam

Verified Writer

Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya