TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Beda Daun Ketumbar, Seledri, dan Peterseli yang Sering Dianggap Sama

Kalau salah memasukkan, masakanmu bisa aneh rasanya

abelandcole.co.uk

Tak sedikit orang yang keliru membedakan beberapa bahan makanan atau bumbu dapur. Beberapa bahan makanan memang punya bentuk yang mirip, meski ternyata berbeda.

Misalnya seperti daun ketumbar, seledri, dan peterseli. Ketiganya sering dianggap sama, padahal berbeda, meski punya bentuk yang sangat mirip.

Ketiganya pun memiliki khasiat dan kegunaan yang beragam. Nah, biar kamu gak salah kaprah lagi, yuk simak beda daun ketumbar, seledri, dan peterseli di bawah ini!

1. Daun ketumbar

organicfacts.net

Daun ketumbar memiliki nama lain coriander leaves. Di antara ketiga bahan, daun ketumbar sebenarnya paling mudah dibedakan.

Daun ketumbar berbentuk cenderung lebih bulat dengan warna hijau yang jauh lebih terang. Ukurannya pun lebih kecil dibanding seledri atau peterseli.

Daun ketumbar memiliki rasa yang sangat unik. Beberapa orang bilang mirip seperti citrus. Karena aroma dan rasanya unik, daun ketumbar banyak dimanfaatkan untuk penyedap makanan berkuah, seperti tomyam atau kari.

Soal khasiat, daun ketumbar ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan. Daun ini bisa menurunkan kadar gula darah, mencegah sakit perut dan perut kembung, menurunkan kolesterol jahat, hingga mencegah infeksi saluran kemih.

Baca Juga: 10 Jenis Garam yang Harus Kamu Tahu, Kegunaannya Beda-beda Lho!

2. Seledri

pressedjuicery.com

Seledri punya nama latin apium graveolens. Seledri dikenal sebagai tumbuhan obat yang kerap digunakan sebagai bahan masakan.

Bentuk sangat mirip seperti peterseli. Namun, daunnya lancip dan melebar dengan warna hijau tua yang kontras. Selain itu, batang seledri memiliki permukaan bergerigi dan berbentuk seperti bulan sabit. Rasanya sangat segar.

Gak heran kalau seledri sering digunakan untuk campuran tumisan, sayur sop, hingga soto. Seledri juga banyak manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga keseimbangan kolesterol, hingga mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

Baca Juga: Perbedaan Cake Emulsifier: TBM, SP, dan Ovalet yang Harus Kamu Tahu!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya